Raphael Varane saat bersama tim Como 1907 (sumber foto: X/SoyCalcio_)

Raphael Varane Gantung Sepatu, Simak Perjalanan Kariernya di Sepak Bola

26 September 2024   |   14:00 WIB
Image
Muhammad Pasha Alfarezsa Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Like
Kabar mengejutkan datang dari eks pemain Real Madrid, Raphael Varane. Pemain berusia 31 tahun itu resmi mengatakan bahwa dirinya resmi 'gantung sepatu', Rabu (25/09/2024). Pemain yang bernama lengkap Raphael Xavier Varane lahir di Lille, Perancis 25 April 1993.

Varane memutuskan gantung sepatu sehabis mengalami cedera yang mengerikan pada laga Como 1907 kontra Sampdoria Senin (12/08/2024). Varane harus ditarik keluar pada menit 23 setelah mengalami cedera di bagian lutut akibat benturan dengan salah satu pemain dari Sampdoria.

Raphael Varane baru saja bergabung dengan Como 1907 dengan status free agent pada musim panas lalu dari Manchester United. Namun naas, pertandingannya pertamanya bersama Como 1907 harus berakhir dengan dirinya ditarik keluar dari lapangan.

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia vs timnas Bahrain, Laga Krusial Demi Peringkat 4 Besar

Pengumuman atas pensiun dirinya ia unggah di Instagram miliknya. “Semua hal baik pasti ada akhirnya” ujarnya dalam kalimat pembuka.

Dalam kariernya dia telah melewati berbagai macam tantangan, kejadian demi kejadian, hampir semuanya harusnya mustahil dilakukan. “Emosi yang sulit diungkapkan, momen-momen spesial dan memori-memori indah yang akan bertahan selamanya. Berkaca dari momen-momen ini, dengan bangga dan perasaan puas aku mengumumkan pensiun dari olahraga yang kita semua sukai,” tambahnya.
 


Varane memulai karir sepakbolanya dengan bergabung bersama tim asal Prancis, Lens pada tahun 2002-2010. Pada periode tersebut dia masih bermain untuk tim junior Lens dan baru pada 2010 bergabung dengan tim senior. Varane melakukan debutnya sebagai pemain profesional pada usia 17 tahun.

Satu musim setelah debut sebagai pemain profesional bersama Lens, Varane bergabung dengan Real Madrid. Hal ini dikonfirmasi oleh presiden klub Lens, Gervais Matel pada beberapa suporter di pertemuan internal klub 22 Juni 2011. Pada 27 Juni Real Madrid mengkonfirmasi hal ini setelah Varane lolos tes kesehatan. Varane menandatangani kontrak selama 6 tahun dengan Real Madrid.

Varane memakai nomor punggung 19 dan memulai debutnya pada saat pertandingan pra musim melawan tim asal Amerika Serikat, Los Angeles Galaxy. Varane masuk sebagai pemain pengganti di jeda paruh waktu. Debut pertamanya sebagai starter di tiga hari berikutnya melawan tim asal Meksiko, Guadalajara.

Bersama Real Madrid selama sepuluh musim, Varane banyak memenangkan piala, diantaranya tiga piala La Liga, satu piala di ajang Copa del Rey dan empat piala Liga Champions yang diantaranya diraih tiga musim secara beruntun pada periode 2015-2018.

Varane juga tampil bersama tim nasional negaranya, Prancis. Dimulai dari timnas U-18 pada 2010 dilanjutkan dengan timnas U-20 pada 2012, timnas U-21 tahun 2011-2012 dan timnas senior di tahun 2013-2022 dengan total 109 penampilan bersama timnas berjuluk Les Bleus ini.

Varane juga masuk dalam daftar skuad timnas Prancis saat memenangkan Piala Dunia 2018 silam dan mengantarkan negaranya menjadi runner-up pada Piala Dunia 2022. Ia juga sukses membawa Prancis meraih gelar UEFA Nations League pada 2021-2022.

Setelah sepuluh musim bersama Los Blancos, pada 2021 Varane memutuskan untuk berpindah ke Liga Primer Inggris bersama Manchester United. Bersama Manchester United yang saat itu dinahkodai Ole Gunnar Solskjaer, Varane berhasil menambah gelar dengan tambahan satu piala FA dan satu piala Liga Inggris.

Bagi para penggemar Varane tampaknya tak perlu bersedih hati, pasalnya Varane dalam postingan perpisahannya berkata jika ia akan tetap bersama Como. “Hanya saja kali ini aku tidak memakai sepatu dan shin pads, sesuatu yang sudah aku nantikan untuk membagikannya dengan kalian,” ujarnya.

Baca Juga: Babak Baru Karier Pesepakbola Rafael Struick, Resmi Bergabung dengan Brisbane Roar FC

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Gaet Morgan Oey & Jourdy Pranata, RAN Rilis Video Musik Rahasia #1 & Rahasia #2

BERIKUTNYA

7 Film Horor Indonesia Tayang Oktober 2024 di Bioskop, Siap-Siap Merinding!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: