Interior Sagrada Familia. (Sumber foto: Needpix)

5 Bangunan Gaudi yang Patut Dikunjungi di Barcelona

29 June 2024   |   08:00 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Barcelona, ibu kota Catalonia di Spanyol, terkenal karena arsitektur unik dan memukau karya Antoni Gaudí. Gaudí adalah salah satu arsitek paling terkenal di dunia.Kadang disebut sebagai Arsitek Tuhan, beberapa bangunan Gaudi telah dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, termasuk Sagrada Familia. 

Gaya Gaudi membantu membentuk cara berpikir seluruh generasi tentang arsitektur dan terus memberikan dampak yang besar hingga saat ini. Sagrada Familia – yang kini masih belum lengkap setelah bekerja selama lebih dari satu abad, merupakan karya seni yang unik, sering ditiru, tapi sama sekali tak tertandingi. 

Baca juga: 4 Seniman Populer Asal Prancis yang Karyanya Mendunia

Gaudí dikenal karena gaya arsitektur modernisnya yang penuh dengan imajinasi dan inovasi. Mengunjungi karya-karya Gaudí adalah sebuah pengalaman yang memukau, membawa pengunjung masuk ke dunia yang penuh warna, bentuk-bentuk organik, dan detail-detail yang menakjubkan. 

Berikut adalah lima bangunan karya Gaudí yang wajib dikunjungi ketika berada di Barcelona.


1. Parc de la Ciutadella

Parc de la Ciutadella, Passeig de Picasso, 21, 08003 Barcelona, Spanyol
 

Meski sebenarnya bukan sebuah bangunan, air mancur di Taman Ciutadella adalah salah satu proyek pertama Gaudi. Dirancang oleh Josep Fontseré pada 1881, khusus untuk Pameran Universal Barcelona pada 1888, Gaudi muda menjadi asistennya selama tahap konstruksi. 

Mengambil inspirasi dari Air Mancur Trevi yang terkenal di Roma, ia menampilkan beberapa patung kuda serta makhluk dan makhluk mitos; di antara gambar-gambar tersebut terdapat patung Venus yang berdiri di atas kerang terbuka, yang disumbangkan oleh Venanci Vallmitjana. 


2. Casa Mila (La Pedrera)

Pg. de Gracia, 92, 08008 Barcelona, Spanyol
 

Dikenal sebagai La Pedrera atau The Stone Quarry, Casa Milá adalah kediaman pribadi terakhir yang pernah dirancang Gaudi. Dibangun antara 1906 dan 1912, bangunan ini bukan hanya salah satu proyek tersulitnya tetapi juga salah satu rumah paling imajinatif sepanjang sejarah arsitektur.

Fasad yang bervariasi terbentuk kumpulan harmonis dari batu bergelombang dan balkon besi tempa, berdasarkan rumput laut dan kerak karang, yang mengeksplorasi ketidakteraturan alam. 

Jika melihat cukup dekat ke dalam teras atapnya yang spektakuler, kalian akan melihat serangkaian jendela atap yang dipahat dan dihias,tangga, cerobong asap, dan ventilasi yang meningkatkan atribut teknis dan estetika bangunan yang luar biasa. Dari ruang bawah tanah hingga atap, Casa Milá adalah karya seni sejati.


3. Casa Batllo

Passeig de Gracia, 43, 08007 Barcelona, ??Spanyol
 

Sebagai proyek renovasi, Casa Batllo adalah salah satu kreasi Gaudi yang tercantik. Bangunan ini menggunakan unsur-unsur konstruktif khas Modernisme (Catalan Art Nouveau), yang meliputi keramik, batu, dan besi tempa. 

Gaudi mensintesis bentuk-bentuk binatang, lekukan seperti sulur, petunjuk tulang dan kerangka, serta potongan-potongan keramik dan kaca berwarna berkilau untuk menciptakan sebuah mahakarya yang selamanya akan membuat takjub para pengamatnya. 
Meskipun mendapat banyak kritik selama konstruksi, Dewan Kota Barcelona menganugerahi Casa Batllo pengakuan sebagai salah satu dari tiga bangunan terbaik pada 1906. Ini adalah bukti kuat tidak hanya keterampilan Gaudi, tetapi juga kepercayaan dirinya.


4. Sagrada Familia

Carrer de Mallorca, 401, 08013 Barcelona, ??Spanyol
 

Satu piece-de-resistance karya Gaudi yang tidak boleh Genhype lewatkan adalah Sagrada Familia. Jika kalian menyukai arsitektur, pergilah ke gedung megah ini sesegera mungkin. Tidak diragukan lagi, ini adalah karya Gaudi yang paling terkenal – mahakaryanya.
 
Dibangun sejak 1892, dan diperkirakan akan selesai pada 2026 – untuk memperingati seratus tahun wafatnya Gaudi – ia mengubah proyek tersebut dari sebuah katedral biasa menjadi sebuah kebanggaan yang kita kenal sekarang.


5. Parc Güell

08024 Barcelona, ??Spanyol
 

Salah satu ruang hijau paling menakjubkan di seluruh Barcelona ini sejatinya tidak dibangun untuk menjadi taman sungguhan. Sebaliknya, kompleks ini dirancang sebagai kawasan perumahan modern yang meniru taman di Inggris.

Di sini Gaudi menyempurnakan gaya pribadinya yang sangat terinspirasi oleh bentuk organik. Menampung serangkaian bangunan estetis yang dinamis – termasuk rumah Gaudi sendiri  – Arc Güell mungkin bangunan paling terkenal di taman ini adalah aula berjajar dan teras bergaya ular.

Bagi wisatawan yang ingin merasakan perpaduan antara hiburan dan budaya dalam suasana modern, tidak ada tempat yang lebih baik daripada Barcelona. Dirajut dalam suasana perkotaan yang khas ini, kalian tidak perlu mencari terlalu jauh untuk menemukan dan menikmati sejumlah besar bangunan Gaudi yang indah saat berada di sini. 

Baca juga: Tak Hanya Eiffel, Cek 6 Rekomendasi Wisata Populer di Prancis, Ada Louvre & Mont Saint Michel

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cek Kiat Produser Yulia Evina Bhara Agar Lolos ke Festival Film Internasional

BERIKUTNYA

Seri Monolog Di Tepi Sejarah Musim Ketiga Kini Bisa Ditonton di Indonesiana TV, Catat Tanggalnya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: