Barcelona (Sumber gambar: Instagram.com/fcbarcelona)

5 Fakta Kemenangan Barcelona, Sang Juara Liga Spanyol 2022-2023

15 May 2023   |   16:21 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Barcelona kembali berjaya. Hasil merumput mereka selama Liga Spanyol 2022-2023 akhirnya berbuah manis. Klub sepak bola yang bisa disebut Barca itu mengangkat piala LaLiga sambil manangis haru setelah mengalahkan skuad Espanyol di laga final turnamen sepak bola Spanyol.

Mereka mengukuhkan total 85 poin dengan kemenangan beruntun di tiga laga terakhir LaLiga. Angka itu cukup terpaut jauh dari sang runner-up, Madrid yang harus berpuas dengan skor 71. 

Kemenangan Barcelona juga menitipkan banyak sejarah bagi klub yang dibentuk pada 1899 itu. Sejarah berulang hingga sejarah baru, keduanya sama-sama mewarnai momen bahagia Barca or Blaugrana. Berikut beberapa fakta kemenangan yang diraih Barcelona di LaLiga 2022/2023.


 
 

1. Empat Gol Berarti

Kaki Robert Lewandowski dua kali melesatkan bola ke gawang yang dijaga Fernando Pacheco. Dua-duanya dikukuhkan Lewandowski sebelum turun minum, tepat di menit ke-11 dan menit ke-40. Sementara Alejandro Balde menyumbang gol berarti di menit ke-20, ditambah kaki emas Jules Kounde yang mengunci 4 gol di babak kedua pada menit ke-53.  

Sebetulnya skor itu hampir sempurna bagi Barcelona sebelum Espanyol meretas telurnya lewat tendangan Javi Puado di menit ke-73. Pesta gol yang diimpikan bakal diraih penuh pun batal terjadi.

Jelang waktu tambahan, Joselu berhasil membuat Barcelona sedikit ciut. Tepat di menit ke-92, striker bernomor punggung 9 itu membuat laga berakir dengan skor 2-4. Meski begitu, empat gol dari Lewandowski dan kawan-kawan tetap memiliki nilai besar menambah perolahan tiga poin. Sementara Espanyol tak berkutik sebagai dua tim terbawah di klasemen LaLiga musim ini.


2. Tambah Gelar Juara ke-27

Kemenangan Barcelona sekaligus mengikat gelar juara ke-27 yang diterima Barcelona dalam gelaran Liga Spanyol. Epic comeback terjadi setelah tiga musim tak juara. Terakhir, Barcelona menang atas Atletico Madrid untuk LaLiga 2018-2019. Kala itu, Lionel Messi yang masih bermain di Barcelona benar-benar membuat tim ini pesta gol hingga 36 kali.

Tiga musim selanjutnya bergantian dimenangkan oleh Real Madrid dan Atletico Madrid, hingga akhirnya Barcelona kembali juara di musim ini. Skuad asuhan Xavi mengubur paksa mimpi Real Madrid menjadi juara bertahan LaLiga. Barcelona pertama kali meraih piala ini pada 1929 dan sempat beberapa kali menjaga juara bertahan, misalnya pada gelaran LaLiga 2017-2018 dan La Liga 2018-2019.
 

3. Robert Lewandowski Buat Sejarah Baru

Sengit, begitulah persaingan antara para pemain di LaLiga bukan hanya tentang kemenangan tim, para pesepakbola sibuk mencatat prestasi individunya masing-masing. Kali ini, Karim Benzema dipaksa menahan asanya untuk menjadi juara bertahan top scorer. Pasalnya, Lewandowski yang beringas di musim ini keluar sebagai pencetak gol terbanyak melalui 19 kali tendangan dari kaki emasnya.

Baca juga: Daftar Pemenang Ballon d’Or 2022, Karim Benzema Berhasil Geser Lionel Messi
1
2


SEBELUMNYA

Film Jiwa Jagad Jawi Gondol Penghargaan di International Tourism Film Festival Africa

BERIKUTNYA

Resensi Buku Cerita Sentimentalisme Calon Mayat, Ulang-alik Fiksi & Realitas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: