Ilustrasi arsitektur perkotaan (Sumber gambar: Unsplash/Vlad Busuioc)

5 Kota dengan Bangunan Arsitektur Terbaik di Dunia

10 February 2023   |   18:00 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Apa yang membuat Paris, Prancis terkenal seantero dunia? Salah satunya adalah menara Eifel. Salah duanya adalah bangunan-bangunan cantik yang terhampar di kota tersebut. Arsitektur menjadi daya tarik tersendiri bagi kota dengan luas 105,4 km² itu. 

Jika kita amati, kota-kota di negara maju amat terkenal dengan bangunan-bangunan ikonik dan monumentalnya. Para perencana kota-kota itu tampaknya sadar bahwa citra atau identitas kota sangat penting. Cara untuk menumbuhkan citra tersebut adalah dengan arsitektur. 

Baca juga: Jadi Museum Arkeologi Terbesar di Dunia, Grand Egyptian Siap Dibuka Tahun Ini

Bangunan-bangunan unik dan indah dapat memberikan warna dan nuansa tersendiri bagi kota tersebut. Lihat saja Paris, dengan bangunan-bangunan cantiknya, kota tersebut memiliki nuansa romantis. Banyak orang bermimpi dapat mengunjungi kota itu. 

Tentu selain Paris, ada beberapa kota yang memiliki pesona dalam arsitekturnya. Kota-kota itu memiliki bangunan arsitektur yang sangat memukau dan patut dikunjungi. Berikut adalah beberapa kota dengan bangunan arsitektur terbaik di dunia.


1. Paris, Prancis

Paris (Sumber gambar: Unsplash/Pascal Weiland)

Paris (Sumber gambar: Unsplash/Pascal Weiland)

Kota ini memang enggak diragukan lagi keindahannya. Kecantikan Paris membuat kota-kota di negara lain ingin tampak sepertinya. Misal, Kediri, kota di Jawa Timur ini rela membangun Monumen Simpang Lima serupa dengan Arc de Triomphe. Namun, tetap keindahan Paris tidak terkalahkan oleh KW-nya. 

Kota ini terkenal dengan bangunan-bangunan indah seperti Menara Eiffel, Notre-Dame, Musée d'Orsay, dan Museum Louvre. Paris juga merupakan rumah bagi beberapa arsitek ternama seperti Gustave Eiffel dan Hector Guimard.


2. Barcelona, Spanyol 

Superblock Barcelona (Sumber gambar: Unsplash/Logan Armstrong)

Superblock Barcelona (Sumber gambar: Unsplash/Logan Armstrong)

Di samping mempunyai salah satu klub sepak bola terbaik di dunia, Barcelona juga memiliki bangunan-bangunan yang indah. Berbagai bangunan itu ditata dengan rapi dalam sebuah superblock. Konsep penataan ruang ini menitikberatkan pada pembagian wilayah berdasarkan blok-blok besar.

Bangunan-bangunan seperti Casa Batlló, La Sagrada Familia, dan Park Güell berdiri kokoh di kota itu. Beberapa bangunan cantik di kota tersebut merupakan karya arsitek Antoni Gaudi. Salah satu mahakaryanya adalah La Sagrada Familia, yang masuk dalam jajaran gereja terindah di dunia. 


3. Dubrovnik, Kroasia 

Dubrovnik (Sumber gambar: Unsplash/Spencer Davis)

Dubrovnik (Sumber gambar: Unsplash/Spencer Davis)

Berada di sana, seakan membawa kita pada abad pertengahan Eropa. Inilah kota Dubrovnik. Dikutip dari wallsofdubrovnik.com, kota ini didirikan pada abad ke-7 oleh para pengungsi dari Epidaurum, kota Romawi 15km selatan Dubrovnik (sekarang dikenal sebagai Cavtat). 

UNESCO memasukkan kota itu dalam daftar situs warisan dunia. Kota ini memiliki abangunan-bangunan bergaya Gothic, Renaissance, dan Baroque. Dubrovnik juga merupakan rumah bagi beberapa bangunan peninggalan sejarah yang indah seperti St. Blaise dan City Walls. 


4. Istanbul, Turki 

Istanbul (Sumber gambar: Unsplash/Engin Yapici)

Istanbul (Sumber gambar: Unsplash/Engin Yapici)

Menjadi tempat berkembangnya peradaban Barat dan Timur, Istanbul dikaruniai oleh peninggalan bersejarah berupa bangunan-bangunan megah. Tidak cuma monumental, bangunan itu memiliki gaya arsitektur yang mencerminkan zamannya. 

Kota yang dahulunya bernama Konstantinopel ini memiliki bangunan-bangunan indah yang mencerminkan perpaduan ini. Bangunan-bangunan seperti Hagia Sophia, Blue Mosque, dan Topkapi Palace merupakan contoh arsitektur yang memukau. 
 

5. Chicago, Amerika Serikat 

Chicago (Sumber gambar:  Unsplash/Gautam Krishnan)

Chicago (Sumber gambar: Unsplash/Gautam Krishnan)

Kali ini kita tidak membahas New York yang terkenal dengan beberapa ikonnya seperti Central Park dan. Pada kesempatan ini kita membahas Chicago, salah satu kota penting di Amerika Serikat. Kota ini tersohor dengan musik jaz dan klub basketnya, Chicago Bulls. 

Namun, kota ini juga merupakan rumah bagi beberapa bangunan-bangunan berarsitektur modern. Di antaranya Willis Tower, Trump International Hotel and Tower, Chicago Cultural Center, Wrigley Building, Tribune Tower, dan Aqua Tower. Bangunan-bangunan itu mencerminkan wajah arsitektur modern. 

Baca juga: 5 Destinasi Seru Liburan ke Eropa

 


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Art Jakarta Gardens 2023: Penyelenggara Pede Target Pengunjung Bakal Tercapai

BERIKUTNYA

Mengapa Film-Film Lawas Menggunakan Bahasa Indonesia Resmi?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: