Sepak bola (Sumber Gambar: Unsplash/Jannes Glas)

Ter Stegen Terpaksa Absen: Apa Itu Cedera Tendon Patela?

26 September 2024   |   20:30 WIB
Image
Fasya Kalak Muhammad Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Pada pekan keenam La Liga 2024, Barcelona harus berhadapan dengan Villarreal yang digelar di La Ceramica, Minggu (22/9/2024). Pertandingan berakhir dengan kemenangan telak Barcelona 5-1. Namun pada menit ke-45 penjaga gawang Marc-Andre ter Stegen harus mengalami cedera di bagian kaki kanannya.

Dilansir dari website resmi fcbarcelona, ter Stegen dikabarkan mengidap cedera tendon patela di lutut bagian kanannya. Stegen juga dikabarkan telah berhasil melakukan operasi tersebut dengan ditangani langsung oleh Dr. Joan Carles Monallau, di bawah pengawasan Layanan Medis Klub di Rumah Sakit Barcelona.

Baca juga: 5 Fakta Kemenangan Barcelona, Sang Juara Liga Spanyol 2022-2023

“Pemain tim utama Marc ter Stegen telah berhasil menjalani operasi bedah pada cedera tendon patela di lutut kanannya oleh Dr. Joan Carles Monllau di bawah pengawasan Layanan Medis Klub di Rumah Sakit Barcelona,” demikian pengumuman resmi klub.

Selain itu, manajemen Barcelona juga menjelaskan bahwa sampai saat ini dan seterusnya, Stegen belum bisa dimainkan sebagai kiper inti, sampai dirinya telah selesai menjalani masa pemulihan yang dipantau oleh tim kesehatan dari operasi cedera yang baru dijalankannya.

Pada laman X (Twitter) resminya @mterstegen1 Stegen terlihat menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh pihak yang telah mencemaskan kondisi dirinya dan dukungan dari berbagai pihak untuknya. Stegen juga menuliskan rasa terimakasihnya kepada para pendukung Villareal yang telah memberikan teriakan semangat yang mereka tunjukan saat berada di stadion.

“Saya merasa sangat berterima kasih kepada semua penggemar Barça, rekan setim, rival, klub, dan teman-teman atas dukungan dan cinta yang telah Anda tunjukkan kepada saya sejak hari Minggu. Saya ingin berterima kasih kepada para pendukung Villarreal atas rasa hormat yang mereka tunjukkan di stadion, itu sangat berarti bagi saya. Saya merasa positif dan kuat, sekarang saya fokus pada pemulihan saya,” tulisnya dalam postingan akun X pribadinya.

Sebelumnya, Marc-Andre ter Stegen merupakan pria berkebangsaan Jerman, yang lahir di Mönchengladbach, Jerman pada 30 April 1992. Dirinya merupakan kiper dari tim nasional sepak bola Jerman yang juga bermain sebagai kiper utama di club sepak bola Barcelona. 
 

Apa Itu Tendon Patela ?

Tendon patela adalah jaringan kuat yang menghubungkan tulang patela (tempurung lutut) ke tulang tibia (shinbone). Tendon ini sangat penting untuk gerakan lutut, terutama saat kita melakukan aktivitas yang melibatkan meluruskan lutut, seperti berjalan, berlari, dan melompat.

Adapun cedera tendon patela, yang dikenal sebagai tendinitis patela, terjadi ketika tendon ini mengalami kerusakan. Menurut penelitian dalam Jurnal Olahraga Prestasi, kondisi ini dapat disebabkan oleh gangguan pembuluh darah dan reaksi inflamasi pada tendon. Secara detail, cedera ini dapat ditandai dengan pendarahan dan robekan pada tendon, sering kali akibat tekanan berulang saat melompat atau bergerak aktif.

Untuk mengatasi cedera ini, tindakan operatif mungkin diperlukan, tetapi beberapa studi juga menyarankan teknik seperti stimulasi elektrik dan laser. Selain itu, untuk mencegah cedera tendon patela, penting untuk melakukan latihan seperti peregangan, berjongkok, dan menjaga postur yang baik.
 

SEBELUMNYA

Madani International Film Festival 2024, Sorotan Khusus untuk Hanung Bramantyo

BERIKUTNYA

Cek Tips dari Pakar Bagi Orang Tua yang Ingin Ajak Anak Lari Maraton

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: