Kolesterol (Sumber foto: Freepik)

Catat, Segini Kadar Kolesterol Normal Pria dan Wanita Berdasarkan Usia

30 September 2024   |   11:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Kadar kolesterol setiap orang bisa berbeda, tergantung usia dan jenis kelaminnya. Oleh karenanya, penting untuk melakukan pemeriksaan kolesterol secara berkala. Terlalu banyak kolesterol dalam darah dapat menyebabkan penumpukan lemak di dinding arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung atau strok. 

Gejala kolesterol tinggi juga sering kali tidak terlihat dan dapat berkembang tanpa disadari. Meskipun banyak orang tidak merasakan gejala, beberapa tanda yang mungkin muncul termasuk nyeri dada akibat penumpukan plak di arteri, sesak napas saat beraktivitas, dan kelelahan yang tidak biasa. Gejala tersebut sering kali disangka sebagai penyebab masalah kesehatan lainnya dan tak pernah disadari sebagai kolesterol. 

Baca juga: Cek Daftar Makanan yang Efektif Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Centers for Disease Control and Prevention atau pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika Serikat menganjurkan orang dewasa untuk memeriksakan kolesterol setiap empat hingga enam tahun sekali. Terutama mereka yang memiliki riwayat kolesterol tinggi, penyakit jantung, diabetes, atau obesitas memerlukan pemeriksaan yang lebih sering. 

Anak-anak dan remaja juga harus memeriksakan kolesterolnya setidaknya sekali, antara usia 9 dan 11 tahun dan sekali lagi antara usia 17 dan 20 tahun. Sedangkan lansia mungkin perlu diperiksa setiap tahun selama pemeriksaan fisik rutin.

Mengutip Very Well Health, kisaran kolesterol HDL (High Density Lipoprotein) dan LDL (Low Density Lipoprotein) normal bisa bervariasi berdasarkan usia dan jenis kelamim. Kolesterol HDL adalah kolesterol baik yang biasanya dibutuhkan lebih banyak. Sedangkan kolesterol LDL adalah kolesterol jahat yang diharapkan jumlahnya tidak meningkat

Orang dewasa sehat berusia 19 tahun ke atas, LDL harus kurang dari 100 miligram per desiliter (mg/dL), dan HDL harus lebih besar dari 40 mg/dL. Sementara bagi remaja dan anak-anak berusia 19 tahun ke bawah, LDL harus kurang dari 110 mg/dL, sedangkan HDL harus lebih besar dari 45 mg/dL.

Selain itu, berdasarkan jenis kelamin. Pria kurang dari 19 tahun, total kolesterol harus kurang dari 170 mg/dL. LDL harus kurang dari 110 mg/dL, sedangkan HDL harus lebih besar dari 45 mg/dL. Sedangkan pria dewasa berusia 20 tahun ke atas, total kolesterol berkisar 125–200 mg/dL. LDL harus lebih besar dari 100 mg/dL, sedangkan HDL harus lebih besar dari 40 mg/dL.

Sementara bagi wanita kurang dari 19 tahun, total kolesterol sekitar 170 mg/dL. LDL harus lebih besar dari 110 mg/dL, sedangkan HDL harus lebih besar dari 45 mg/dL. Wanita dewasa berusia 20 tahun ke atas, total kolesterol berkisar 125–200 mg/dL. LDL harus lebih kecil dari 100 mg/dL, sedangkan HDL harus lebih besar dari 50 mg/dL.

Baca juga: 4 Rekomendasi Olahraga Untuk Turunkan Kolesterol

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Efek Samping Perm Rambut dan Kiat Perawatannya Agar Hasil Curly Tetap Awet

BERIKUTNYA

Hypereport: Tren Musik Lawas Tak Sekadar Nostalgia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: