Ilustrais jogging. (Sumber foto: Pexels/Ron Lach)

4 Rekomendasi Olahraga Untuk Turunkan Kolesterol

19 June 2024   |   16:45 WIB
Image
Wildan Adil Hilba Mahasiswa Universitas Budi Luhur Jakarta

Muslim di seluruh dunia baru saja merayakan hari raya Iduladha. Perayaan ini dimulai dengan salat id, memotong hewan kurban, hingga menyantap daging kurban bersama kerabat serta keluarga. Iduladha bukan hanya momen spiritual tetapi juga waktu yang penuh kebersamaan dan keceriaan.

Setelah melaksanakan salat Ied di pagi hari, umat Muslim biasanya berkumpul untuk menyaksikan prosesi penyembelihan hewan kurban seperti sapi, kambing, atau domba. Daging kurban ini kemudian dibagikan kepada yang membutuhkan dan dinikmati bersama keluarga serta tetangga.

Baca juga: Cek Daftar Makanan yang Efektif Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Makan bersama daging kurban menjadi salah satu kegiatan yang paling ditunggu-tunggu, tapi bagi mereka yang memiliki masalah kolesterol tinggi, ini bisa menjadi pantangan yang perlu diperhatikan. Konsumsi daging berlemak atau jeroan yang mengandung kadar kolesterol tinggi dapat mempengaruhi kesehatan, khususnya bagi penderita kolesterol.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga keseimbangan antara menikmati hidangan lezat dan mempertahankan kesehatan. Berikut adalah beberapa rekomendasi olahraga yang ampuh menjaga kolesterol usai Iduladha:


1. Bersepeda

Bersepeda termasuk dalam jenis olahraga kardio yang bermanfaat untuk kesehatan jantung, paru-paru, serta sirkulasi darah. Aktivitas ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan cara meningkatkan detak jantung dan membakar kalori. Bersepeda juga merupakan olahraga yang menyenangkan dan dapat dilakukan di berbagai tempat, baik di perkotaan maupun pedesaan.


2. Jalan Kaki Ringan

Jalan kaki ringan adalah olahraga yang sangat mudah dan bisa dilakukan di mana saja. Menurut laporan dari Medical News Today, berjalan kaki selama satu jam dalam seminggu dapat menurunkan kadar kolesterol secara signifikan. Kamu bisa melakukannya saat bepergian menggunakan transportasi publik, bekerja di ruang terbuka, atau bahkan hanya berkeliling di sekitar rumah.


3. Berenang

Berenang merupakan pilihan olahraga yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dengan cepat. Aktivitas ini melibatkan banyak otot dan meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membantu membakar lebih banyak kalori. Selain itu, berenang juga baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru, serta memberikan efek relaksasi.


4. Yoga

Yoga adalah olahraga ringan yang populer di semua kalangan. Sebagai bentuk meditasi fisik, yoga tidak hanya membantu menurunkan kadar kolesterol tetapi juga mengurangi stres, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Gerakan dan teknik pernapasan dalam yoga membantu meningkatkan sirkulasi darah dan memperbaiki keseimbangan tubuh secara keseluruhan.

Selain melakukan olahraga di atas, kamu juga harus menjalani gaya hidup sehat untuk menjaga kadar kolesterol. Hindari merokok, turunkan berat badan berlebih, dan terapkan pola makan sehat serta bergizi. Pilih makanan rendah lemak, perbanyak konsumsi sayur, buah, dan serat. Minum air putih yang cukup dan hindari minuman manis atau beralkohol.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Manfaat Menggunakan Sampo Tanpa SLS untuk Rambut dan Kulit Kepala

BERIKUTNYA

Anti Gerah, Coba 4 Resep Minuman Segar dengan Cita Rasa Susu Nan Creamy

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: