Buah (Sumber gambar: Julia Zolotova/Unsplash)

Cek Daftar Makanan yang Efektif Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

17 June 2024   |   10:31 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Perayaan Iduladha identik dengan aneka makanan berbahan daging dan santan. Namun, jenis hidangan ini tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Sebab, makanan olahan santan dan daging yang dikonsumsi terlalu banyakan akan memicu berbagai penyakit terkait pembuluh darah, misalnya kadar kolesterol jahat (LDL) tinggi yang mencetuskan risiko jantung koroner hingga stroke.

Salah satu cara menanggulangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh adalah dengan menteralisirnya dengan aneka makanan sehat yang tinggi serat dan lemak tak jenuh. Kedua kandungan ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat secara efektif.

Baca juga: Berapa Kadar Kolesterol Daging Sapi & Kambing? Ini Batasan Konsumsinya

Yuk simak daftar makanan yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat berikut:


1. Oatmeal

Oatmeal atau gandum utuh siap saji merupakan makanan rendah kalori yang tinggi serat larut air, dan beta-glukan yakni jenis serat arut air yang bisa membantu mengurangi penyerapan kolesterol jahat di dalam saluran pencernaan, sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total.

Untuk membuat sajian oatmeal yang sehat, cukup campur oatmeal dengan air atau yogurt. Namun jika ingin menyantapnya lebih nikmat, Genhype juga bisa menambahkan aneka buah yang dipotong-potong ke dalam semangkok oatmeal.


2. Kacang-Kacangan

Kacang merupakan sumber lemak sehat tak jenuh yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Jenis kacang-kacangan yang direkomendasikan seperti almond, kenari, kacang mete, dan kacang tanah.

Aneka kacang ini juga mengandung antioksidan dan fitosterol yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Usahakan mengonsumsi kacang tanpa proses goreng untuk mendapat benefit utuhnya. Hindari juga jenis kacang tinggi natrium, atau jensi kacang yang sudah diolah dengan garam tambahan untuk menghindari risiko hipertensi.


3. Ikan Berlemak

Salah satu sumber asam lemak omega-3 terbaik datang dari ikan. Jenis ikan seperti salmon, tuna, sarden, dan makerel dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), serta menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida secara bersamaan.

Perlu diingat, cara mengolah jenis ikan kaya akan gizi ini juga harus diperhatikan. Usahakan mengolahnya dengan tepat, menggunakan minyak zaitun dan memasaknya hingga matang agar nutrisi ikan tetap terjaga.


4. Buah-buahan

Konsumsi buah juga direkomendasikan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain kaya serat buah juga memiliki nutrisi penting untuk menetralisir kolesterol jahat. Zat pektin dan fitonutrien berperan penting dalam mengentas kadar kolesterol ini. Jenis buah yang disarankan antara lain apel, stroberi, jeruk, pisang, dan anggur.

Buah-buahan juga baik dikonsumsi jangka panjang karena kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Aneka buah ini bisa dikudap langsung, atau disajikan sebagai smoothies dengan tidak menambahkan gula.


5. Sayuran Hijau

Makanan kaya serat yang wajib dikonsumsi saat sedang sering mengonsumsi daging dan santan adalah sayuran hijau. Jenis sayur seperti bayam, brokoli, kale, dan kubis mengandung serat dan fitosterol tinggi yang baik untuk mengikat kolesterol di saluran pencernaan.

Baca juga: 5 Sajian Minuman Sehat Pereda Kolesterol yang Pas Untuk Momen Iduladha

Selain itu, aneka sayuran hijau ini bisa membantu mencegah penyerapan kolesterol ke dalam darah. Tentunya, Genhype juga perlu memperhatikan cara memasak sayuran hijau agar gizinya tetap terjaga. Misalnya dengan metode masak merebus, atau menumis dengan minyak zaitun.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

5 Sajian Minuman Sehat Pereda Kolesterol yang Pas Untuk Momen Iduladha

BERIKUTNYA

Berapa Kadar Kolesterol Daging Sapi & Kambing? Ini Batasan Konsumsinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: