Ilustrasi anak-anak yang menggunakan tablet. (Sumber gambar: Freepik)

Rekomendasi Tablet Ramah Anak dengan Fitur Proteksi Aktivitas Daring

28 September 2024   |   13:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Tablet kian populer sebagai penunjang produktivitas yang lebih ringkas lantaran mudah dibawa ke mana-mana. Penggunanya bukan hanya orang dewasa, namun juga anak-anak, mengingat saat ini banyak sekolah yang memberikan tugas secara daring. 

Selain berfungsi untuk mendukung edukasi, tablet menjadi jurus jitu orang tua untuk memberikan hiburan kepada anak agar tidak rewel, terutama ketika para ibu sedang mengurus pekerjaan rumah tangga. 

Baca juga: Rekomendasi iPhone Keluaran Lama yang Masih Layak Dibeli Tahun 2024

Menyadari kebutuhan yang terus meningkat, para raksasa teknologi pun menciptakan perlindungan tambahan agar tablet lebih ramah anak. Salah satunya Huawei MatePad SE 11 Kids Edition yang menawarkan fitur Parental Assistant. 

Fitur ini memberikan orang tua kontrol penuh terhadap aktivitas digital anak, mulai dari menyaring konten, menetapkan batas waktu penggunaan tablet. Orang tua juga memiliki kewenangan dalam memilih akses konten yang dapat diakses. 

Training Director Huawei Device Indonesia Edy Supartono menyebut MatePad SE 11 Kids Edition juga dilengkapi Kids Corner sebagai sebuah ekosistem yang menyediakan lingkungan digital yang aman bagi anak-anak. Portal station yang dirancang khusus Huawei ini menyediakan akses terbatas pada aplikasi dan konten yang aman untuk aktivitas digital si kecil.

Dengan mengaktifkan Kids Corner, orang tua katanya dapat memberikan anak-anaknya kebebasan untuk bermain dan belajar yang bebas dari risiko mengakses konten-konten tidak sesuai untuk usia anak. “Orang tua juga dapat mengatur batas waktu pemakaian tablet serta aplikasi apa saja yang dapat diakses anak,” ujar Edy beberapa waktu lalu.

Bicara konten yang bermanfaat untuk anak-anak, MatePad SE 11 Kids Edition memiliki BabyBus. Aplikasi ini menawarkan konten-konten interaktif untuk membantu pengembangan keterampilan kognitif melalui berbagai latihan belajar yang menyenangkan. 

BabyBus pada Kids Corner menyediakan lebih dari 260 layanan edukatif dan interaktif di tujuh bidang utama, yakni membaca, mengeja, belajar kata, pengenalan hewan, bermain peran imajinatif, dan seni. Setiap kali diperbarui, aplikasi BabyBus akan menambahkan permainan baru setiap minggu dan zona tema setiap bulan. 

Guna menghindari risiko kesehatan mata akibat paparan cahaya biru dari layar tablet, Edy menyampaikan bahwa layar MatePad SE 11 Kids Edition telah dilengkapi mode Eye Comfort Display yang dilengkapi sertifikasi Dual TÜV Rheinland. Adapun layarnya berukuran 11 inci FHD+. 

Tablet ini juga dilengkapi oleh fitur perlindungan mata berlapis, blue light filter, yang secara otomatis menyaring risiko cahaya biru dari paparan cahaya layar dalam jangka waktu tertentu. Fitur ini mampu menyesuaikan suhu warna untuk mengurangi proporsi cahaya biru dari layar, sehingga mata tidak mudah lelah. 

Ada pula bumpy road alert yang dapat mendeteksi gerakan mata. Fitur ini langsung mengingatkan anak-anak untuk tidak menggunakan tablet saat berjalan kaki atau di dalam kendaraan yang bergerak. 

Buat orang tua yang khawatir posisi anak saat menggunakan tablet, Huawei MatePad SE 11 Kids Edition turut dilengkapi oleh fitur posture alert. “Sensor gravitasi ini akan segera memberikan alarm peringatan untuk mengingatkan anak agar segera kembali ke postur-postur duduk atau berdiri yang baik saat menggunakan tablet,” jelas Edy. 

Material tablet ini pun sudah food grade. Dengan demikian Huawei MatePad SE 11 Kids Edition terbilang aman saat tergigit anak. Gagang casing yang disematkan memudahkan tablet dapat dibawa kemana saja sekaligus sebagai penyangga untuk mendirikan tablet. 

Stylus pen tablet ini juga food grade dan tersambung tali di sisi belakang tablet. Desain metal unibody juga menjamin ketahanan tablet terhadap risiko terbentur atau terjatuh akibat gerak aktif anak-anak.


Samsung Galaxy Tab A9

Di sisi lain, Samsung memiliki Galaxy Tab A9 Series Kids Edition yang ditawarkan sebagai tablet ramah anak. Annisa Maulina, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia menyampaikan bahwa tablet ini dirancang dengan tingkat keamanan tinggi untuk melindungi aktivitas digital anak.

Galaxy Tab A9 Series Kids Edition hadir dengan casing spesial yakni puffy cover yang anti-benturan sehingga lebih aman saat digunakan anak di mana saja. Selain itu, anak-anak bisa belajar, bermain, dan berkreasi melalui aplikasi Samsung Kids. Si kecil bisa menggunakan fitur kamera dan akses internet dengan lebih aman.

Baca juga: Rekomendasi CCTV Indoor, Bikin Rumah Lebih Aman & Nyaman Pantau Anggota Keluarga

Antarmuka Samsung Kids bisa diatur dan diubah sesuai selera anak. Para orang tua bisa mengatur screen time, memantau aktivitas anak, dan aplikasi apa saja yang diakses melalui usage dashboard maupun activity report pada Samsung Kids. 

Orang tua bisa menggunakan menu Parental Control yang mudah diatur di aplikasi ini. Dengan mengaktifkan Eye Comfort Shield, perangkat ini pun dapat mengatur tingkat kecerahan dan tone warna layar serta menyaring blue light. “Parental Control pada Samsung Kids akan membantu orang tua dalam mengatur dan memantau digital life anak,” imbuhnya.

Selain dua tablet tersebut, ipad sebenarnya tetap menjadi tablet paling menarik untuk mendukung kegiatan dari si kecil. Sebagai opsi tablet dengan harga murah, ada banyak pula tablet merek China dengan kualitas dan fitur yang tak kalah bersaing, seperti Redmi Pad Pro, Oppo Pad 2, dan hingga X Pad dari Infinix.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Kenali 3 Jenis Manipulasi Kencan Online Ini, Jangan Terjebak!

BERIKUTNYA

Efek IShowSpeed, Promosi Wisata ala Influencer Lebih Menarik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: