iPhone 13 series (Sumber Gambar: Unsplash/Quinn Battick)

Rekomendasi iPhone Keluaran Lama yang Masih Layak Dibeli Tahun 2024

27 September 2024   |   08:30 WIB
Image
Fasya Kalak Muhammad Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Perusahaan teknologi ternama Apple, memiliki daya tarik tersendiri bagi peminat gawai di seluruh dunia. Tidak hanya menjual nama, Apple menawarkan sejumlah spesifikasi dan ketahanan yang baik digunakan untuk jangka panjangnya. Salah satunya adalah produk smartphone unggulannya yaitu iPhone. 

Sampai sekarang masih banyak pengguna iPhone yang mengaku tetap betah pada iPhone miliknya, walaupun itu merupakan iPhone seri lama. Meskipun berbeda secara fitur dan kelengkapan dari keluaran terbaru, iPhone keluaran lama tidak kalah menarik untuk digunakan pada 2024, salah satunya karena beberapa iPhone keluaran lama masih mendapatkan upgrade ke sistem iOS terbaru yaitu iOS 18.

Baca juga: Kapan iPhone 16 Tersedia di Indonesia? Ini Kata Apple
 

Daftar iPhone yang Masih Worth It pada 2024

Kualifikasi rekomendasi ini berdasarkan beberapa aspek, seperti iPhone yang masih mendukung iOS 18, keterjangkauan harga pasaran, serta fitur fitur lainnya yang masih memadai.

Beberapa rekomendasi IPhone Keluaran Lama yang masih worth it dibeli dan digunakan pada 2024 : 


1. iPhone 13

iPhone ini mulai rilis pada 14 September 2021. Sampai saat ini iPhone 13 adalah salah satu iPhone yang cukup diminati, jika dilihat dari fitur serta ketajaman kamera dan mendukung mode sinematik dengan sistem kamera Wide dan Ultra Wide 12 MP, kamera depan TrueDepth 12 MP dengan mode malam. 

iPhone ini memiliki 6 warna, dan memiliki 3 jenis kapasitas penyimpanan yaitu 128, 256 dan 512 GB. Spesifikasi layar yang digunakan pada iPhone ini adalah layar OLED 6,1 inci. Chipset yang digunakan iPhone 13 yaitu Chip A15 Bionic yang satu tingkat lebih tinggi dibandingkan pendahulunya yaitu iPhone 12. Sampai saat ini, beberapa autorized Apple di Indonesia seperti iBox, digimap dan lainnya masih menyediakan unit dari iPhone 13 dengan rentang harga Rp10,2 - Rp21 juta. 


2. iPhone 12 Pro

iPhone 12 Pro merupakan series spesial dari gen keluaran ke 12. iPhone 12 terdiri dari 3 pilihan kapasitas penympanan yaitu 128, 256 dan 512 GB. Spesifikasi kamera dari iPhone 12 Pro yaitu terdiri dari 3 tipe kamera belakang, yaitu 12 MP pada kamera wide, 12 MP kamera telephoto dan mendapatkan 2x optical zoom, dan 12MP pada kamera ultrawide. Chipset yang digunakan iPhone 12 Pro adalah Chip A14 Bionic. Sedangkan layar yang digunakan yaitu Super Retina XDR OLED, 6,1 inci. 

Meskipun iPhone model ini sudah tidak lagi diproduksi dan dijual secara resmi di beberapa distributor resmi Apple di Indonesia, beberapa marketplace yang terpercaya, serta beberapa penjualan bekas dengan pemakaian pribadi masih menjual iPhone series ini. Harga yang ditawarkan dari iPhone ini berkisar di rentang di bawah Rp11 juta. Namun, Genhype harus tetap berhati hati dalam memilih toko dan membeli iPhone yaaa.


3. iPhone 12

Berbeda dengan iPhone 12 Pro, iPhone 12 adalah seri yang normal atau biasa dari iPhone keluaran ke 12 ini. Layar dari iPhone ini memakai Super Retina XDR 6,1 inci. Sedangkan spesifikasi kamera iPhone 12 yaitu menggunakan sistem kamera ganda dengan kamera wide dan ultra wide masing masing 12 MP, dan kamera depan TrueDepth 12 MP dengan di suport mode malam.

Chipset yang digunakan pada iPhone 12 adalah chipset yang sebanding dengan iPhone 12 Pro yaitu Chip A14 Bionic. Sedangkan kapasitas penyimpanannya ada 3 varian, yaitu 64, 128 dan 256 GB. Sampai saat ini pada laman Authorized Apple Indonesia masih menawarkan iPhone ini dengan harga berkisar Rp8 - Rp14 juta.


4. iPhone 11

iPhone ini merupakan salah satu produk terlaris Apple sampai sekarang. Banyak pengguna yang merasa puas terhadap iPhone ini. iPhone 12 menawarkan berbagai spesifikasi, seperti layar yang menggunakan Liquid Retina HD 6,1 inci. Chipset yang digunakan iPhone ini adalah chip A13 Bionic, dengan 3 jenis penyimpanan yaitu 64, 128, dan 256 GB. 

Selain itu spesifikasi kamera dari iPhone 11 yaitu menggunakan sistem kamera ganda 12 MP berupa wide dan ultra wide, yang masing masing 12 MP. Sedangkan kamera depan yaitu kamera wide dengan resolusi 12 MP. iPhone ini ditawarkan dengan harga berkisar Rp6,2 - Rp7,7 juta.


5. iPhone XR

iPhone ini merupakan keluaran terlama dibandingkan dengan 4 iPhone sebelumnya. iPhone XR masih terbilang cukup layak karena model ini masih bisa didukung iOS 18. Selain itu, spesifikasi dari layar iPhone ini menggunakan layar Liquid Retina IPS LCD, 6,1 inci. Chipset yang digunakan adalah Chip A12 Bionic, dengan pilihan kapasitas penyimpanan 64, 128 dan 256 GB.

Meskipun hanya memiliki satu kamera belakang yaitu wide kamera, resolusi yang ditawarkan pada iPhone ini sudah berada di 12 MP. Sedangkan resolusi kamera depan iPhone XR yaitu 7 MP. iPhone XR termasuk smarthphone milik Apple yang sudah tidak di produksi dan dijual secara resmi di website Apple, tapi Genhype masih dapat menemukan produk ini di marketplace atau penjual elektronik bekas.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Bawa Inovasi Baru di Olahraga Lari, Planet Sports Run Siap Dihelat di ICE BSD

BERIKUTNYA

Jerome Kurnia Jadi Romo Thomas di Film Eksorsisme Kuasa Gelap

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: