IT Smart Indoor Astro Camera C03. (Sumber gambar: Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Rekomendasi CCTV Indoor, Bikin Rumah Lebih Aman & Nyaman Pantau Anggota Keluarga

01 September 2024   |   22:49 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Closed Circuit Television (CCTV) indoor penting untuk dimiliki keluarga maupun pemilik usaha. Alat elektronik ini berfungsi sebagai pemantau aktivitas, menjaga keselamatan aset, mencegah kejadian berbahaya, hingga menjadi barang bukti ketika tindak kriminal terjadi di dalam rumah dan tempat usaha.

Seiring waktu, gambar yang dihasilkan CCTV semakin tajam, didukung teknologi dan fitur mumpuni, meskipun harganya terbilang ramah kantong. Salah satu CCTV yang bisa menjadi pilihan yakni IT Smart Indoor Astro Camera C03.

Kamera pengawas ruangan yang memiliki bentuk layaknya helm astronot ini dibekali teknologi artificial intelligence (AI) lho, Genhype. Fitur kecerdasan buatan yang dibenamkan ke dalam CCTV buatan Immersive Tech yakni human detection dan motion detection. Fitur tersebut dapat mendeteksi pergerakan orang maupun gerakan lain yang tertangkap ke dalam radar kamera. 

Baca juga: Rekomendasi CCTV Outdoor & Indoor yang Punya Fitur Canggih

Dari pengalaman Hypeabis.id mencoba Astro Camera C03, deteksi gerakan terbilang akurat. Bahkan ada pemberitahuan gerakan langsung melalui aplikasi IT Smart yang telah diunduh sebelumnya.   

Ya, dalam pengoperasian kamera pengawas ini, pengguna perlu mengunduh aplikasi IT Smart terlebih dahulu di Google Play Store atau iOS App Store. Aplikasi ini mengatur semua perangkat IT yang terhubung bahkan dalam jarak jauh, tidak hanya CCTV. 

Koneksinya pun terbilang mudah dengan mengikuti instruksi yang ada di buku panduan. “Melalui produk seperti IT Smart Indoor Astro Camera C03, pengguna tidak saja mendapatkan rasa aman, tapi juga memperoleh pengalaman untuk tinggal di dalam rumah pintar melalui perangkat IoT yang memiliki fitur canggih, desain menarik, serta mudah untuk dioperasikan,” ujar Project Director IT Andre Tanudjaja.

Pengguna Astro Camera C03 bisa melihat suasana langsung yang ditangkap kamera pengawas melalui aplikasi IT Smart di layar smartphone dengan jernih berkat teknologi kompresi H.265 dari Google. Diperkuat dengan kamera 2MP CMOS serta fungsi rotasi horizontal 355 derajat dan vertikal 90 derajat, CCTV ini mampu merekam video dan gambar HD (1080 pixel) yang tajam dan jernih hingga ke seluruh sudut ruang, bahkan dalam malam hari.

Perputaran kamera pun dapat diatur secara manual lewat aplikasi IT Smart. Selain deteksi gerakan, Astro Camera C03 turut mendeteksi suara. Kamera pengawas buatan IT ini telah dilengkapi dengan built-in Mic yang mampu merekam suara dengan jelas walaupun terdapat banyak noise di sekitarnya. 

 

Ss

Ilustrasi CCTV yang terhubung dengan smartphone. (Sumber gambar: Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)


Ada pula speaker yang mampu memberikan output suara, sehingga memungkinkan untuk komunikasi 2 arah. Fitur ini tentu sangat membantu orang tua yang meninggalkan anaknya di rumah maupun mencegah tindakan yang tidak diinginkan. 

Bicara pencegahan terutama tindak kriminal, Astro Camera C03 juga dilengkapi dengan fitur alarm. Pengoperasian alarm bisa dilakukan melalui aplikasi IT Smart. Semua kejadian yang ditangkap kamera pengawas tersebut dapat direkam sesuai keinginan pengguna pada aplikasi IT di smartphone. Pengguna juga bisa mengatur kapan CCTV akan merekam dengan fitur privacy mode. 

CCTV ini telah mendukung penyimpanan eksternal dengan Micro SD Card 128GB. Tersedia juga opsi penyimpanan menggunakan cloud storage, dengan biaya tambahan. Keamanan hanya dalam genggaman layar smartphone, pengguna juga dapat berbagi akses CCTV dengan anggota keluarga lainnya.

Selain IT, Xiaomi pada awal tahun meluncurkan produk CCTV terbarunya, Smart Camera C200. Perangkat ini memiliki kualitas kamera FHD dengan resolusi 1080 pixel, LED inframerah 94nm, dan 360 vision untuk memungkinkan pengguna dapat menikmati hasil rekaman yang jelas dan tajam bahkan ketika malam hari.

Tidak berbeda jauh dengan IT, CCTV dari Xiaomi juga dibekali fitur loudspeaker dan microphone yang tersemat dalam perangkat. Ada pula fitur AI Human Detection yang dapat mendeteksi kehadiran manusia.

Selain itu, berkat bantuan teknologi deep learning dengan algoritma yang dioptimalkan, CCTV ini juga efektif menyaring alarm yang tidak valid dan membuat alarm menjadi lebih akurat. Uniknya, perangkat ini dapat tersambung dengan Google Assistant dan Alexa sehingga penggunanya dapat menampilkan hasil pada perangkat layar dan speaker pintar menggunakan fitur Smart Control with Voice.

Baca juga: Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Beli CCTV

Editor: Puput Ady Sukarno
 

SEBELUMNYA

Sajian Seafood ala Jimbaran Bali Hadir di Klub Kelapa Gading

BERIKUTNYA

Ini Daftar Pengurus Baru Lembaga Sensor Film (LSF) Periode 2024-2028

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: