Ilustrasi belanja daring (dok: Unsplash/Firmbee)

Teliti 4 Hal Ini saat Beli Gawai lewat Marketplace

30 August 2021   |   10:26 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Pandemi Covid-19 tak dapat dipungkiri telah mengubah pola perilaku serta kegiatan masyarakat dalam kehidupan sosial sehari-hari maupun dalam dunia usaha. Salah satu terlihat dalam pemilihan metode belanja daring sebagai alternatif dalam memenuhi berbagai kebutuhan termasuk saat berbelanja produk elektronik.

Namun, tidak sedikit pula masyarakat yang masih takut untuk berbelanja daring khususnya jika ingin membeli barang-barang elektronik, khususnya gawai. Kekhawatiran tersebut muncul karena masih ada keraguan mengenai keaslian produk, perbedaan harga, keamanan pengiriman hingga garansi.

Sebenarnya, kalian tak perlu ragu untuk berbelanja gawai secara daring, khususnya melalui marketplace. Terlebih beberapa marketplace kerapkali menawarkan promosi atau diskon yang tak bisa kalian dapatkan apabila berbelanja secara langsung atau luring.

Tentunya, agar tetap aman atau tak menjadi korban penipuan, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan. Berikut ini, adalah sejumlah tips dari Shopee yang perlu kalian perhatikan sebelum memutuskan untuk berbelanja gawai aman secara daring dari rumah:

1. Belanja di toko resmi atau official shop.
Jika ingin berbelanja di marketplace, sebaiknya pilih merk yang memiliki official shop. Berbelanja di official shop tentu lebih aman karena penjual tersebut menjual produk resmi dan telah terverifikasi dari suatu merk.

2. Pastikan penjual menawarkan garansi resmi.
Penting untuk memastikan gawai yang akan kita beli memiliki garansi resmi karena akan mempengaruhi layanan purna jual jika ada kerusakan di kemudian hari.

Adanya garansi resmi juga bisa meyakinkan pembeli bahwa produk tersebut bukan barang ilegal dan IMEI produk terdaftar sesuai dengan regulasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Jadi, lebih baik membeli yang resmi saja demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.
 
3. Mencari promo terbaik.
Saat ingin berbelanja gadget secara online, carilah toko daring di marketplace yang menawarkan promo voucer potongan harga. Dengan adanya potongan harga, tentunya kamu bisa membeli sebuah gaawai dengan total harga yang jauh lebih ekonomis. Untuk itu, selalu perhatikan penawaran promo terbaik saat ingin membeli sebuah barang.

4. Gunakan metode transaksi dan pengiriman yang aman.
Memilih metode transaksi dan pengiriman merupakan tahap akhir yang akan dilakukan saat berbelanja daring. Berapapun harga barang yang dibeli, pastikan agar transaksinya diselesaikan melalui marketplace agar riwayat pemesanan terekam di sistem dan tentunya menjamin keamanan transaksi.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Waspadai Dislipidemia bisa Memicu Penyakit Jantung Koroner

BERIKUTNYA

Shin Min-ah & Kim Seon-ho Sebut 3 Alasan Wajib Nonton Serial Hometown ChaChaCha

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: