Beras (Sumber Gambar: freepik)

Manfaat Beras Porang, Cocok Untuk Diet Penurunan Berat Badan?

23 September 2024   |   20:49 WIB
Image
Fasya Kalak Muhammad Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Genhype pernah mencoba makan beras porang? Beras porang merupakan jenis beras yang berbahan dasar dari tanaman umbi umbian porang. Beras porang kini banyak dijadikan pilihan pengganti nasi, karena diyakini memiliki banyak kandungan nutrisi, tinggi serat, dan juga rendah gula.

Dikutip dari Jurnal Jagaddhita berjudul Analisis Potensi Porang Sebagai Pengganti Beras Untuk Ketahanan Pangan di Kabupaten Pangandaran, Karya Said Bambang Nurcahya et. al. Tahun 2022, porang atau yang memiliki nama latin Amorphophallus Muelleri merupakan sejenis umbi umbian asal Indonesia yang mempunyai berbagai manfaat.

Baca juga: 7 Makanan yang Wajib Dihindari saat Menjalani Diet Keto, Roti sampai Nasi Merah

Bahkan di Korea, Jepan dan China, olahan dari porang menjadi pangan favorit saat menjadi mie shirataki atau konyaku. Di Indonesia sendiri, tren mengonsumsi beras porang semakin meningkat. di mana beberapa influencer turut mempromosikan tren pangan aternatif tersebut. Selain kandungan yang menyehatkan, beras porang memiliki rasa yang enak dan mudah diolah.

Misalnya, seorang mahasiswi, Sarah (23 tahun) mengatakan bahwa dirinya mengenal beras porang dari internet. Salah satunya dari influencer yang dia ikuti di Instagram. Sarah juga mengaku tidak hanya terpengaruh dari selebgram atau internet, namun dirinya telah mencari informasi terkait beras porang ini lebih lanjut.

“Kalau menurut aku rasanya biasa saja, sama kaya nasi biasa. Tapi ini lebih rendah gula saja, terus juga enggak bikin begah di perut. Apalagi selama puasa kemarin kan perut kosong seharian, menurut aku sih sama saja kaya nasi biasa, bikin kenyang juga,” ucapnya.


Manfaat Beras Porang 

Selain dapat menurunkan berat badan dan gula darah, menurut hasil riset, beras porang memiliki berbagai manfaat lainnya. Berdasarkan riset Jurnal Jagaddhita dengan judul Analisis Potensi Porang Sebagai Pengganti Beras Untuk Ketahanan Pangan di Kabupaten Pangandaran, Karya Said Bambang Nurcahya et. al. Tahun 2022 beberapa manfaat beras porang yaitu:


1. Memiliki banyak serat sehingga bagus untuk menurunkan berat badan

Menurut penelitian menunjukan bahwa suplemen glukosa atau kadar gula benar benar berpengaruh terhadap berat badan manusia. Kelebihan glukosa seringkali didapati pada pengkonsumsi nasi yang makan dengan berlebihan.

Baca juga: Mengenal Genomic Testing untuk Membantu Program Diet dan Berat Badan Ideal

Dalam penelitian jurnal ini, sebanyak 30 kasus pasien dengan berat berlebih melakukan diet kalori dengan mengkonsumsi beras rendah gula. Hasilnya setelah empat bulan pasien mengalami penurunan berat badan, namun kandungan zat besi, kalsium dalam tubuh mereka tidak berubah.


2. Menurunkan kadar kolesterol

Berdasarkan penelitian jurnal ilmiah, dari penelitian yang melibatkan 22 penderita penyakit glukosa darah tinggi tipe 2 menyatakan dengan mengkonsumsi suplemen konyaku atau beras porang sangat berpengaruh terhadap penurunan kadar kolesterol yang ada dalam tubuh kita.


3. Mencegah kanker

Peneliti berhasil mencatatkan bahwa salah satu manfaat mengkonsumsi porang adalah mencegah terjadinya kanker, seperti kanker paru paru. Porang juga bermanfaat bagi penderita kanker untuk menghambat pertumbuhan kanker dan zat prakanker.


4. Mengatasi sembelit

Hasil penelitian menunjukan kandungan porang juga dapat membantu mengatasi masalah sembelit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasien kasus sembelit yang mulai mengkonsumsi porang selama 10 hari memiliki pergerakan usus yang normal.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Eksplorasi Rasa Fusion di Publish, Dari Rendang Hingga Mango Sago

BERIKUTNYA

Ilmuwan Prediksi Bumi Bakal Punya Dua Bulan pada September-November 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: