Menu Publish (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Eksplorasi Rasa Fusion di Publish, Dari Rendang Hingga Mango Sago

23 September 2024   |   20:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Hidangan fusion merupakan hasil kreativitas chef dalam menggabungkan rempah dan bahan dari berbagai negara. Proses ini tidak mudah, tapi menghasilkan cita rasa unik. Publish, restoran di Gunawarman, Jakarta Selatan, menonjolkan hidangan fusion dengan teknik masak Prancis yang memberikan sentuhan modern pada berbagai sajian mereka.
 
Chef Publish Timothy Styven menjelaskan, Publish ingin menawarkan comfort food yang bisa dikonsumsi untuk sarapan, makan siang, hingga makan malam. Bagaimana kreativitas dalam menciptakan pengalaman makan yang unik dan menggugah selera, menurut Timothy, menjadi kunci untuk memberi pengalaman kuliner yang berbeda.

Baca juga: Sensasi Menyantap 3-Course Menu Khas Prancis dengan View Marina Bay di Maison Boulud

Publish menggunakan aneka bahan yang cocok dengan jenis hidangannya. Misalnya, aneka daging impor yang dimasak hingga 6-8 jam yang juga dikenal dengan teknik memasak yang memakan waktu lama untuk membuat cita rasa yang lebih kuat.
 
“Kami ingin menggaet perspektif bahwa menu fusion juga bisa disesuaikan dengan selera orang Indonesia,” kata Timothy.

Teknik masak ala Prancis, seperti sous-vide dan confit digunakan untuk mengeluarkan rasa terbaik dari bahan yang digunakan. Ciri khasnya adalah memasak bahan pada suhu rendah dalam waktu yang lama, sehingga bumbunya menyerap sempurna dan terasa lebih lembut.
 

Menu Publish (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Menu Publish (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)



Namun, Chef Timothy menjelaskan, tidak semua flavor bisa sesuai dengan karakteristik tiap masakan. Oleh karena itu, membuat makanan fusion memang perlu usaha untuk mencampur dan mencocokkan bahan-bahan.

“Misalnya saja dalam membuat rendang, daging lokal akan lebih cocok. Kalau pakai daging impor, dia terlalu lembut sehingga jika dimasak terlalu lama akan mudah hancur. Maka tantangannya tentu mix and match flavor dan bahannya. Beda lokasi, beda juga cita rasanya,” jelasnya.
 
Beberapa menu yang direkomendasikan di Publish adalah Satio Miso, dan Tongseng. Satio miso disukai karena menawarkan hidangan sederhana berupa sup berkuah yang hangat dan ringan, cocok untuk dikudap dalam situasi apapun. Sementara tongseng yang merupakan makanan khas Indonesia dimasak dengan teknik Perancis, menghasilkan rasa dan tekstur yang lebih kaya dari short ribs yang kenyal.
 

Ambience di Publish (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Ambience di Publish (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Selain hidangan utama, Publish juga menawarkan beberapa dessert signature seperti Mango Sago yang menghadirkan elemen elegan dalam menu comfort food. "Mango Sago menjadi salah satu yang difavoritkan. Cita rasanya manis dan asam, lebih comforting dan elegan," kata Timothy.

Selain memberi pengalaman kuliner, Publish juga menawarkan ambience yang dirancang untuk menciptakan suasana yang nyaman dan hangat, mencerminkan konsep rumah yang ramah dengan kayu-kayu dan penerangan alami di area luarnya.

Dengan penggunaan elemen kayu yang dominan, restoran ini ingin memberikan pengalaman bersantap yang lebih pribadi dan intim, baik untuk makan siang santai, pertemuan bisnis, maupun makan malam romantis.
 
“Lokasi kami di jantung kawasan sibuk seperti Gunawan, membuat kami berfokus pada desain yang dapat memberikan rasa nyaman dan relaksasi kepada pengunjung,” tutup Timothy.

Publish dapat ditemukan di Jl. Gunawarman Jl. Daksa I No.20, Selong, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan. Pengalaman bersantap di restoran Publish ini dapat dinikmati dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp100.000.

Baca juga: Mencicipi Lezatnya Kuliner Prancis dengan Cita Rasa Otentik di Restoran Le Quartier

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Ratusan Artefak Bersejarah dari Belanda Siap Dipajang di Pameran Repatriasi

BERIKUTNYA

Manfaat Beras Porang, Cocok Untuk Diet Penurunan Berat Badan?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: