Penyanyi Putri Ariani (Sumber gambar: Dok Official Putri Ariani)

Putri Ariani Eksplorasi Penulisan Lirik dengan Sudut Pandang Orang Ketiga di Single Baru

23 September 2024   |   09:44 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Penyanyi Putri Ariani tengah bersiap menyambut album musik terbarunya bertajuk Evolve. Sebelum album penuh keduanya ini dirilis ke publik, solois muda berusia 18 tahun itu terlebih dahulu melepas sebuah lagu berjudul "Senyumannya Tutupi Semua Lelah".

Tembang yang syarat dengan nilai-nilai religius ini diplot sebagai single perdana untuk album Evolve. Lagu ini semacam pintu pembuka, sebelum para penggemarnya menikmati secara utuh nomor-nomor lain di albumnya nanti.

Putri Ariani banyak terlibat dalam meramu single "Senyumannya Tutupi Semua Lelah". Lagu tersebut ditulis langsung oleh Putri. Dirinya juga terlibat dalam proses kreatif ketika berada di dapur rekaman. “Putri belajar menjadi produser sendiri bersama tim internal Putri,” ucapnya dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/9/2024). 

Baca juga: Elijah Woods Rilis Single Sunlight! dari EP Hey There Elijah
 

Penyanyi Putri Ariani (Sumber gambar: Dok Official Putri Ariani)

Penyanyi Putri Ariani (Sumber gambar: Dok Official Putri Ariani)

Menulis lagu untuk karyanya sendiri bukanlah hal baru bagi Putri. Kendati demikian, setiap karya selalu punya proses kreatif yang tak sama, dan terkadang juga punya tantangan yang selalu baru.

Saat menggarap single "Senyumannya Tutupi Semua Lelah", Putri mencoba mengeksplorasi diri dengan menulis lagu tersebut menggunakan sudut pandang orang ketiga (dia). Teknik ini dipakai karena Putri merasa perlu ada pembaruan, terutama dengan lagu-lagunya yang lain.

“Biasanya Putri pakai sudut pandang orang pertama (aku), atau sudut pandang orang ketiga (kamu),” imbuhnya.

Menurut Putri, lagu ini banyak terinspirasi dari ayat suci Al-Qur’an, terutama surat Az-Zumar ayat sepuluh. Dia terpantik idenya dari ayat yang bunyinya seperti ini “Katakanlah (Muhammad), ‘Wahai hamba-hamba Ku yang beriman! Bertakwalah kepada Tuhanmu’ Bagi orang-orang yang berbuat baik di dunia ini akan memperoleh kebaikan,”.

Ini bukan kali pertama Putri menciptakan lirik yang terinspirasi kitab suci. Sebelumnya, dia juga melakukan hal yang sama ketika merilis lagu "Teruskan Langkah Baikmu" pada Februari 2024.

Di luar soal lirik, Putri juga mencoba eksplorasi dalam hal lain. Kali ini dia menggunakan lebih banyak notasi yang simpel pada lagunya. Menurutnya, perubahan ini jadi sesuatu yang menarik, tetapi juga menantang. Pasalnya, notasi simpel justru menuntutnya untuk bernyanyi lebih deep, tetapi harus tetap dijaga agar tidak berlebihan.

Dengan warna pop dan soulful yang kental, Putri berharap lagu ini bisa dinikmati oleh lebih banyak orang. Seperti judul lagunya, dia juga berharap orang akan bernyanyi dengan senyuman terbaik mereka. 

Peraih Golden Buzzer dari Simon Cowell saat pertama kali mengikuti kompetisi AGT ini mendedikasikan single terbarunya untuk semua orang yang telah hebat dalam berjuang dan tak kenal lelah menjalani hidup.

Meski kadang hidup tidak mudah, tetap tersenyum di dalam perjuangan yang dilakukan juga menjadi hal penting bagi Putri untuk selalu diupayakan. Sebab, hanya dengan demikianlah, harapan akan selalu tumbuh demi menyambut bahagia pada masa depan.
 

Di album Evolve, Putri memang banyak akan bermain dengan hal-hal baru. Dia juga akan lebih banyak terlibat dalam proses kreatif setiap karya. Pasalnya, Putri jugalah yang memproduseri album ini.

Melengkapi perilisan single "Senyumannya Tutupi Semua Lelah", Putri juga membarenginya dengan perilisan music video (MV) untuk lagu tersebut. Dia berkolaborasi dengan Cinta Quran Foundation dalam menggarap MV tersebut.

“Sebagian penghasilan dari streaming lagu ini Insya Allah akan Putri donasikan untuk tujuan kemanusiaan. Doakan, Bismillah, semoga semua dilancarkan,” jelas Putri. 

Baca juga: Solois Jaz Hayat Rilis Single Boleh Merindu Sebagai Pengantar Album Ketiga

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

7 Makanan yang Wajib Dihindari saat Menjalani Diet Keto, Roti sampai Nasi Merah

BERIKUTNYA

Resep Donat Yunani Lukumades dan Kreasi Toppingnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: