Putri Ariani. (Sumber gambar: America's Got Talent)

Putri Ariani Bawakan Lagu U2 di Babak Kualifikasi America's Got Talent, Banjir Pujian hingga Standing Ovation

06 September 2023   |   11:54 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ruang pertunjukan di gedung Pasadena Civic Auditorium gelap. Satu-satunya sumber cahaya lampu menyorot satu perempuan berkerudung di tengah panggung yang tampak bersinar dengan gaun berwarna emas penuh kilauan payet. Tanpa musik, perempuan itu menyanyikan lagu I Still Haven't Found What I'm Looking For dari grup band U2.

Dialah Putri Ariani, peserta asal Indonesia yang mengikuti ajang kompetisi bernyanyi America's Got Talent. Setelah berhasil mendapatkan Golden Buzzer, kini Putri tampil kembali di panggung America's Got Talent (AGT) dalam babak kualifikasi. Solois muda itu harus kembali bersaing dengan sejumlah peserta dari berbagai negara untuk lanjut ke babak berikutnya.

Baca juga: Profil Putri Ariani, Penyanyi Disabilitas yang Raih Golden Buzzer di America's Got Talent

Dalam babak kualifikasi yang berlangsung pada 5 September 2023 waktu Amerika, Putri membawakan lagu I Still Haven't Found What I'm Looking For dari grup band rock asal Irlandia U2. Itu merupakan lagu kedua dari album U2 berjudul The Joshua Tree yang dirilis pada 1987. I Still Haven't Found What I'm Looking For juga menjadi hit U2 yang kala itu secara berturut-turut berada di puncak Billboard Hot 100 AS dan UK Singles Chart.

Berbeda dari versi aslinya yang mengusung aransemen musik rock, Putri mengubah aransemen lagu tersebut dan menyanyikannya dengan versi ballad yang memang menjadi kekuatan vokalnya. Menariknya, dalam penampilannya kali ini, Putri tampaknya ingin benar-benar menunjukkan kualitas vokalnya.

Hal itu terlihat dari minimnya iringan musik piano sepanjang penampilannya. Dengan penuh percaya diri, dia melantunkan lagu I Still Haven't Found What I'm Looking For dengan beberapa improvisasi yang membuat lagu tersebut terdengar lebih menyayat daripada versi aslinya.

Pada beberapa bagian, dia juga memberikan penekanan vokal dengan mengambil nada-nada tinggi yang diiringi musik piano. Sejak awal penampilannya, sorak penonton pun tak terbendung lagi. Begitupun raut wajah para juri yang tampak terpukau yang terekam oleh kamera. Di akhir pertunjukan, seluruh penonton dan juri pun memberikan standing ovation selama beberapa menit kepada Putri.
 

Simon Cowell, salah satu juri yang paling dihormati di ajang tersebut, mengaku speechless atau kehabisan kata setelah melihat penampilan Putri. Dia menilai Putri benar-benar dikaruniai suara yang sangat indah dengan versinya sendiri.

"Putri, secara jujur, inilah kenapa saya benar-benar masih menjalani pekerjaan ini untuk momen-momen seperti ini karena itu sangat indah," ungkapnya.

Produser musik berusia 63 tahun itu juga memberikan apresiasi kepada Putri karena telah menyanyikan lagu I Still Haven't Found What I'm Looking For dengan tidak menggunakan aransemen full band. Menurutnya, tak banyak band yang bersedia untuk membawakan lagunya dengan iringan musik yang minim.

"Tapi mereka [band] menghapus aransemen musik lagu ini untuk dinyanyikan Putri karena mereka melihat audisinya, dan mereka tahu berapa berartinya ini bagi Putri. Saya sangat berterima kasih atas itu karena kalian telah membantu harapan hidup gadis satu ini," ungkapnya.

Hampir senada, penyanyi sekaligus aktris Sofia Vergara mengatakan mendengarkan Putri bernyanyi adalah pengalaman paling indah dalam hidupnya. Menurutnya, setiap note dan pesan yang dibawakan Putri sepanjang menyanyikan lagu tersebut benar-benar tersampaikan dengan baik.

"Itu adalah lagu favorit saya sepanjang masa. Saya pikir ini adalah penampilan yang sempurna dan spektakuler," katanya.

Tak ketinggalan, Supermodel Heidi Klum juga mengatakan bahwa Putri memiliki suara yang sangat merdu dan indah. Melihat penampilan Putri, kata Klum, seperti sedang menyaksikan seorang malaikat sedang bernyanyi. Dia pun berharap Bono, salah satu pentolan band U2, bisa menyaksikan penampilan Putri.

"Sangat indah dan saya berharap kamu akan beruntung karena memiliki suara yang sangat memukau," ucapnya.

Mendengar semua pujian itu, Putri pun mengaku senang atas segala apresiasi yang diberikan kepadanya. Dia berharap banyak orang menyukai penampilannya sehingga bisa mendapatkan vote yang meloloskan dirinya ke babak selanjutnya di AGT.

 


Ariani Nisma Putri atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Putri Ariani adalah penyanyi disabilitas netra kelahiran 31 Desember 2005. Namanya mulai dikenal semenjak mengikuti kompetisi Indonesia's Got Talent tahun 2014 dan berhasil meraih posisi sebagai pemenang.

Semenjak memenangkan ajang Indonesia's Got Talent, karier Putri terus berkembang. Pada tahun 2016, solois kelahiran Riau itu mendapatkan penghargaan dalam rangka Anugerah Baiduri sebagai penyanyi cilik berprestasi tingkat nasional.

Masih pada tahun yang sama, Putri juga mendapatkan juara 2 tingkat nasional literasi FLS2N, dan menjadi finalis di acara The Voice Kids Indonesia musim kedua. Tak hanya jago menyanyi, dia juga piawai dalam bermain piano dan menciptakan beberapa lagu.

Sejak berkarier secara profesional pada tahun 2016, Putri telah merilis banyak lagu di antaranya Untuk AyahLonelinessKaulah Selalu AdaBanyak Makna CintaMenantimu KembaliMimpiBertahan Tak SejalanKidung Kelana, dan Kamu Lagi.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Deretan Mobil Listrik di KTT ke-43 Asean

BERIKUTNYA

Kembali Digelar, PKN 2023 Jadi Wadah Kolaborasi Praktik Budaya dalam Melestarikan Bumi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: