Penyanyi Putri Ariani (Sumber gambar: Putri Ariani Official Instagram)

Profil Putri Ariani, Penyanyi Disabilitas yang Raih Golden Buzzer di America's Got Talent

07 June 2023   |   15:12 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Keterbatasan fisik bukan menjadi penghalang bagi seseorang untuk menggapai impian dan cita-citanya. Hal itulah yang dibuktikan oleh Putri Ariani di panggung America's Got Talent. Nama penyanyi muda disabilitas itu menjadi perbincangan publik setelah berhasil mendapatkan Golden Buzzer di ajang pencarian bakat bergengsi itu. 

Di panggung megah America's Got Talent (AGT), Putri memukau juri dan ribuan penonton yang hadir dengan membawakan dua lagu pop ballad, sembari piawai memainkan piano. Suaranya yang tinggi dan penghayatannya dalam menyanyikan lagu membuat penonton terhanyut dan sesekali memberikan tepuk tangan riuh melihat penampilannya. 

Baca juga: Penampilan Dokter Bambang di Britain's Got Talent Bikin Simon Cs Takjub

Selesai menyanyikan lagu pertama, Simon Cowell, salah satu juri yang paling dihormati di ajang tersebut, langsung menghampiri Putri untuk memberikan apresiasi karena bakat dan penampilannya yang memukau. Setelahnya, Simon pun meminta Putri untuk kembali bernyanyi dengan membawakan lagu lain.

Tak dinyana, lagu yang Putri bawakan merupakan lagu ciptaannya sendiri. Tak sedikit penonton yang terharu dan meneteskan air mata mendengar penyanyi berusia 17 tahun itu bernyanyi. Putri pun mendapatkan pujian dari seluruh juri.

"Di usiamu yang tujuh belas, kamu menulis lagu, kamu mempunyai vokal yang luar biasa, dan itu menurut saya sangat bagus. Ada banyak sinar di dirimu," kata Simon.

Tepat setelah menyampaikan pujiannya, Simon pun langsung berdiri dan menekan tombol Golden Buzzer. Sontak semua pun teriak haru, begitu juga dengan Putri yang tampak bahagia, seraya kedua orang tuanya yang langsung lari dari samping panggung untuk memeluknya.

Golden Buzzer sendiri adalah undangan langsung dari juri yang terkesan pada penampilan kontestan. Menurut laman NBC, Golden Buzzer diperkenalkan pertama kali di musim ke-10 AGT. Tombol Golden Buzzer dipencet oleh Juri AGT yang terkesan.

Kontestan yang mendapat Golden Buzzer memungkinkan untuk langsung ke Babak Pertunjukan Live. Jika seorang Juri menekan Golden Buzzer mereka, peserta yang mendapatkannya akan langsung maju ke Live Show, terlepas ada juri lain yang tidak menyetujuinya. Ada banyak keuntungan mendapatkan di Golden Buzzer dan dapat dikatakan bahwa impian setiap kontestan adalah mendapatkannya.

Atas prestasinya itu, Putri pun banjir pujian dari warganet di media sosial sampai-sampai namanya menjadi trending topic di Twitter. Selain itu, berbagai pihak juga ikut memberikan apresiasi kepadanya tak terkecuali Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia.

"Selamat kepada @arianiismaputri dari Indonesia yang telah berhasil mendapatkan Golden Buzzer dari Simon Cowell AGT," tulis Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia melalui akun Instagram resmi.
 


Profil Putri Ariani

Ariani Nisma Putri atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Putri Ariani adalah penyanyi disabilitas netra kelahiran 31 Desember 2005. Namanya mulai dikenal semenjak mengikuti kompetisi Indonesia's Got Talent tahun 2014 dan berhasil meraih posisi sebagai pemenang.

Meski begitu, bakat menyanyi Putri sejatinya telah muncul sejak dia berusia 2 tahun. Putri kerap meniru bunyi suara yang didengarkannya. Meskipun dengan keterbatasan penglihatan, orang tua Putri selalu memberikan dukungan kepada anaknya yang berbakat dalam bernyanyi itu.

Semenjak memenangkan ajang Indonesia's Got Talent, karier Putri terus berkembang. Pada tahun 2016, solois kelahiran Riau itu mendapatkan penghargaan dalam rangka Anugerah Baiduri sebagai penyanyi cilik berprestasi tingkat nasional.

Masih pada tahun yang sama, Putri juga mendapatkan juara 2 tingkat nasional literasi FLS2N, dan menjadi finalis di acara The Voice Kids Indonesia musim kedua. Tak hanya jago menyanyi, dia juga piawai dalam bermain piano dan menciptakan beberapa lagu.

Putri aktif mengunggah karya-karya musiknya di kanal YouTube pribadinya dan menciptakan album perdana yang bertajuk Melihat Dengan Hati. Ketika Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Asian Para Games tahun 2018, Putri mendapat kesempatan membawa lagu Song of Victory di acara pembukaan pesta olahraga itu untuk memberikan semangat bagi para atlet disabilitas se-Asia.

Sejak berkarier secara profesional pada tahun 2016, Putri telah merilis banyak lagu di antaranya Untuk Ayah, Loneliness, Kaulah Selalu Ada, Banyak Makna Cinta, Menantimu Kembali, Mimpi, Bertahan Tak Sejalan, Kidung Kelana, dan Kamu Lagi.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Sejarah Pertemuan Indonesia vs Palestina, Skor Masih Imbang

BERIKUTNYA

Spesifikasi & Harga Lenovo LOQ, Seri Baru Laptop Gaming Kelas Mid Range

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: