Koleksi Fendi di Milan Fashion Weeek 2025 (Sumber Foti: Instagram/@milanfashionweek)

Fendi dan Marni Hadirkan Deretan Busana Klasik dan Megah di Milan Fashion Week 2025

19 September 2024   |   17:45 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Milan Fashion Week, menjadi pemberhentian ketiga perhelatan Fashion Week. Setelah New York dan London, kini giliran Milan, Italia yang melenggangkan koleksi busana terbaru edisi musim semi dan musim panas, rancangan para desainer dan rumah mode kenamaan mereka.

Milan Fashion Week Spring/Summer 2025 telah berlangsung sejak 17 September dan akan berakhir 23 September 2024 mendatang. Pekan mode ini menampilkan 57 show fisik (langsung) dan 8 show digital, serta 69 presentasi mode dari desainer dan rumah mode.

Pekan mode Milan akan menjadi panggung bagi sejumlah merek mewah dunia untuk memamerkan koleksi busana terbarunya dalam edisi spring/summer. Sebut saja, Fendi, Marni, Prada, Dolce & Gabbana, Alberta Ferretti, Etro, Gucci, Versace, Ferragamo, Versace, Bottega Veneta, dan masih banyak lagi. 

Baca juga: Tren Busana Pink di New York Fashion Week 2025, Ada Alaia dan Carolina Herrera

 

 
Fendi menampilkan koleksinya di Milan Fashion Week 2025 hari pertama, yakni 17 September 2024. Kim Jones sebagai desainer, banyak mengeksplorasi gaya klasik era 1920-an. Menggabungkan bahasa dan teknik couture yang ringan, kemudian dituangkan dalam busana sehari-hari wanita modern.

Perancang busana asal Inggris tersebut meluncurkan koleksi busana bernuansa feminin yang mencakup gaun tembus pandang dengan lapisan tipis yang berliku-liku, serta dipercantik dengan hiasan kristal yang seolah bermekaran.

Presentasi Milan Fashion Week 2025 hari pertama diikuti oleh Marni. Setelah menampilkan koleksinya di New York dan Tokyo Fashion Week, Francesco Risso dari Marni kembali ke Milan pada musim kemarin, tepatnya di Milan Fashion Week Fall/Winter 2025. Sang desainer memilih menetap untuk musim-musim selanjutnya.

Marni memperlihatkan koleksi busana yang sebagian besar berpusat pada permainan siluet gaya abad pertengahan. Misalnya gaun berpinggang sempit berhiaskan motif bunga, mantel opera yang disampirkan pada bahu, tak ketinggalan penutup kepala bernuansa dramatis dihiasi bulu-bulu.

Mereka juga menampilkan busana pria seperti jaket kulit dan celana panjang berpinggang tinggi, mengingatkan pada para fashion era 1960-an. Koleksi ini dimaknai oleh Risso sebagai pengejaran kecantikan, seolah-olah seperti kita sedang 'mengejar kelinci putih di halaman rumah'.

Selain Fendi dan Marni, beberapa direktur kreatif rumah mode ternama juga sangat dinantikan karyanya. Misalnya Matteo Tamburini yang akan mempresentasikan koleksi keduanya untuk Tod’s. Begitupun dengan Adrian Appiolaza untuk Moschino. Tak kalah menarik, ada juga koleksi dari direktur kreatif Sabato de Sarno yang ketiga untuk Gucci.

Sayangnya, tahun ini beberapa rumah mode mewah absen dari Milan Fashion Week Spring/Summer 2025. Misalnya Giorgio Armani. Rumah mode ini memindahkan presentasi modenya ke New York pada 17 Oktober 2024 mendatang, bertepatan dengan pembukaan headquarter mereka di Madison Avenue juga sekaligus merayakan ulang tahun Armani ke-90.

Baca juga: Highlight London Fashion Week 2025, Jaket Elegan Burberry sampai Gaun Eksentrik JW Anderson

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Ingin Dapat Tambahan Cuan? Ini Cara Join Program YouTube Shopping

BERIKUTNYA

Perpustakaan di Indonesia: Mengapa Tak Menjadi Magnet Bagi Masyarakat?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: