YouTube Shopping diluncurkan di Indonesia (Sumber gambar/ilustrasi: Pexels/ Szabó Viktor)

Ingin Dapat Tambahan Cuan? Ini Cara Join Program YouTube Shopping

19 September 2024   |   15:54 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Youtube baru saja meluncurkan YouTube Shopping di Indonesia. Program afiliasi tersebut diklaim memberikan keuntungan bagi para penonton, konten kreator, dan juga pemilik brand atau pelaku usaha yang ada di e-commerce.

Travis Katz, General Manager dan Vice President Shopping YouTube, mengatakan bahwa pada saat ini, program afiliasi YouTube Shopping baru memiliki e-commerce Shopee sebagai mitra. Setelah itu, manajemen memiliki rencana untuk mengundang lebih banyak e-commerce menjadi mitra program tersebut pada masa yang akan datang.

Baca juga: Gandeng Shopee, YouTube Luncurkan Program Afiliasi YouTube Shopping di Indonesia

Penambahan mitra itu guna memperluas pilihan produk yang dapat ditandai oleh para kreator. Selain itu, langkah tersebut juga untuk mendukung lebih banyak brand dari berbagai skala untuk memperkenalkan produknya.

Dia menambahkan, YouTube Shopping akan memudahkan penggemar belanja mendapatkan rekomendasi dari kreator yang menjadi favorit.

Tidak hanya itu, program ini juga akan memberikan kesempatan bagi brand atau merek untuk bekerja sama dengan kreator konten terpercaya dalam mempromosikan produk yang dimiliki. Dari sisi konten kreator, keberadaan program YouTube Shopping akan menambah pendapatan.

Masih dalam laman support Google, konten kreator harus memenuhi sejumlah persyaratan kelayakan minumum agar diundang ke dalam program ini. Pertama adalah saluran yang dimiliki oleh Genhype ada dalam Youtube Partner Program.

Genhype juga harus memiliki saluran dengan jumlah subscriber lebih dari 10.000. selain itu, Genhype juga harus berbasis di Amerika Serikat, Korea, dan Indonesia. Adapun, saluran YouTube yang dimiliki bukan saluran musik, official artist channel, atau yang terkait dengan mitra musik.

Mitra musik yang dimaksud dapat mencakup label, distributor, penerbit, atau VEVO. Syarat lainnya adalah mitra saluran yang dimiliki tidak dalam mode untuk anak-anak dan memiliki jumlah video yang signifikan untuk penonton anak-anak.

Indonesia menjadi negara ketiga setelah Amerika Serikat dan Korea Selatan yang memiliki program afiliasi YouTube Shopping. Setelah itu, manajemen akan membuka program ini di negara lainnya di Asia Tenggara, yakni Thailand dan Vietnam dalam beberapa minggu mendatang.

Travis menambahkan kehadiran YouTube Shopping di Indonesia sebagai bagian untuk mendukung pertumbuhan belanda daring di Indonesia. Menurutnya, YouTube ini tidak hanya sebatas platform hiburan dan informasi, tetapi juga menjadi tempat bagi banyak orang untuk memperoleh inspirasi belanja.

Dia menambahkan, pada 2023 saja terdapat 30 miliar orang di seluruh dunia menonton lebih dari 30 miliar jam video terkait dengan belanja di YouTube. Kondisi ini menunjukkan bahwa banyak orang yang percaya terhadap rekomendasi kreator.

Tidak hanya itu, jumlah itu juga menunjukkan bahwa penonton ingin video tentang ulasan dan demonstrasi produk yang otentik. Genhype yang telah memenuhi syarat untuk menjadi bagian dalam program afiliasi YouTube Shopping dapat mulai join dengan mengikuti beberapa langkah:
  1. Masuk YouTube Studio
  2. Pilih tombol Earn di menu
  3. Pilih mulai di bagian program afiliasi. Program tersebut akan tersedia jika Genhype telah memenuhi syarat.
  4. Di bagian bawah layar, klik On.
  5. Tinjau dan terima Persyaratan Layanan Program Afiliasi YouTube Shopping.

Baca juga:Hypereport: Bisnis Afiliasi, Saat Ketekunan & Personal Branding Menentukan Kesuksesan

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

7 Momen Terbaik IShowSpeed di Jakarta, Mulai Sambangi Rumah Hantu hingga Pecah Rekor Selama Berkarier

BERIKUTNYA

Fendi dan Marni Hadirkan Deretan Busana Klasik dan Megah di Milan Fashion Week 2025

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: