SS Daley di London Fashion Week (LFW) 2025 (Sumber Foto: Instagram/@britishfashioncouncil)

Highlight London Fashion Week 2025, Jaket Elegan Burberry sampai Gaun Eksentrik JW Anderson

18 September 2024   |   22:20 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

London Fashion Week (LFW) Spring/Summer 2025 baru saja dihelat pada 12-17 September 2024. Tahun ini LFW memasuki tahun ke-40 penyelenggaraannya. Ajang ini mempertemukan desainer dan para penikmat mode, sekaligus merayakan posisi London sebagai pusat mode dunia yang terus bersinar.

"Musim ini, kami merayakan kreativitas, komunitas, dan budaya yang menonjolkan keunikan London dan Inggris di mata dunia," kata Caroline Rush, CEO British Fashion Council (BFC), dikutip dari Vogue, Rabu (18/9/2025).

Baca juga: Tren Busana Pink di New York Fashion Week 2025, Ada Alaia dan Carolina Herrera

Empat kota mode dunia, Paris, Milan, New York, dan London, menawarkan nuansa yang berbeda dalam pekan mode mereka. Milan memikat dengan kemewahan dan pesona sensualnya, sementara Paris dikenal lewat kehalusan dan keahlian tinggi dalam detail rancangan busananya. Begitupun New York lewat koleksi streetwear-nya yang trendi. 

Sementara itu, London menghadirkan semangat pemberontakan yang tak kenal takut. Mulai dari era swinging sixties yang ikonik sampai era punk yang provokatif. Sejarah mode London kaya akan desain-desain inovatif yang melampaui batas.

Kali ini deretan desainer dan rumah mode yang menampilkan karya busananya di London Fashion Week Spring/Summer 2025 ada Burberry, Charles & Keith, 16Arlington, Simone Rocha, SS Daley, dan JW Anderson. 

 
 
Burberry menampilkan koleksi terbaru Daniel Lee yang mendefinisikan kembali rumah mode asal Inggris tersebut lewat rancangan busananya yang canggih. Mulai dari ready to wear, seperti jaket parka tebal dan coat elegan yang dipadukan dengan rok dan celana panjang. Eksplorasi motif kotak-kotak, garis-garis, serta elemen dekorasi resleting dan terlihat memanjakan mata.

Sementara JW Anderson menampilkan desain avant-garde yang unik, perpaduan estetika modern dan sentuhan klasik. Jenama yang didirikan oleh desainer asal Irlandia Utara, Jonathan Anderson, tersebut kali ini menampilkan busana-busana yang memainkan trik mata. 
 
 
Sebut saja, gaun berpotongan mirip anyaman, gaun a-line yang menciptakan efek mengembang seperti lonceng, gaun flare yang berkibar, gaun asimetris dengan ujung-ujung runcing, gaun bermotif koran, serta jaket bomber yang menggembung.

Selain merek fashion mewah, London Fashion Week 2025 juga menjadi panggung bagi desainer dan rumah mode yang mendebutkan koleksinya di pekan mode tersebut. Misalnya, debut Vitto di London sangat dinantikan oleh para pencinta mode, desainer asal Brasil tersebut sebelumnya pernah menggelar pertunjukan tunggal pertamanya di Milan di bawah Dolce & Gabbana. 

Pendatang baru lainnya termasuk seniman yang beralih menjadi desainer, yakni Steve O Smith. Ada juga desainer pakaian rajut asal Prancis, Pauline Dujancourt yang menjadi finalis LVMH Prize tahun ini, dan desainer pakaian pria Yaku Stapleton yang meraih L'Oréal Professionnel Creative Award di Central Saint Martins juga menampilkan koleksi barunya di LFW 2025.

Menariknya, Puppets and Puppets, brand asal New York, juga debut di LFW 2025. Pendirinya, Carly Mark, mengumumkan awal tahun ini bahwa dia akan menghentikan produksi dan memindahkan seluruh operasionalnya ke London.
 

Selebritas Dunia di London Fashion Week 2025 

London Fashion Week Spring/Summer 2025 juga dihadiri oleh sederet selebritas dunia. Harry Styles dan Emma Corrin menghadiri show SS Daley, Charli XCX terlihat di show H&M, Rosie Huntington-Whiteley di Nensi Dojaka, Poppy Delevingne di Erdem, serta Cora Corre di 16Arlington.

Jenama JW Anderson juga mengundang banyak bintang asal Inggris pada kursi barisan depan show mereka, mulai dari Normani, Bel Powley, Gugu Mbatha-Raw, Jameela Jamil dan kekasihnya James Blake, Joe Alwyn, serta Patsy Kensit dan Lennon Gallagher.

Menjelang penutupan LFW 2025, presentasi mode Burberry juga dihadiri oleh deretan selebritas dunia seperti Kelly Rutherford, Barry Keoghan, Lucky Blue dan Nara Smith, serta aktor Korea Selatan Son Suk-ku dan Gong Hyo-jin. Tak ketinggalan muse mereka, Bright Vachiwrait. 

Baca juga: Padu Padan Outfit Denim dan Hitam, Perpaduan Style Klasik yang Chic

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Serba Serbi Tur IShowSpeed di Indonesia, Dapat Hadiah Batik hingga Coba Nasi Padang

BERIKUTNYA

3 Rekomendasi Beasiswa yang Mesti Genhype Coba

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: