Ilustrasi beasiswa (Foto oleh Gül Işık/pexels)

3 Rekomendasi Beasiswa yang Mesti Genhype Coba

19 September 2024   |   07:30 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Bagi mahasiswa, mendapatkan beasiswa merupakan hal yang dinanti-nanti karena bisa menambah uang saku maupun meringankan beban biaya pendidikan. Informasi mengenai beasiswa  juga tersebar luas di platform sosial media untuk bisa menjangkau mereka.

Meski demikian, dari banyaknya peluang beasiswa yang ada, sebagian besar mensyaratkan prestasi akademik, atau kondisi ekonomi yang kurang mampu.

Baca juga: Hypereport: Cerita Inspiratif Sukses Kuliah di Universitas Terbaik Dunia dengan Beasiswa

Hal ini seperti yang diutarakan akun @chsstea dalam platform X yang sempat viral pekan lalu. Dirinya mengaku senang akan adanya mahasiswa baru yang pintar dan beasiswa, tetapi tetap mencari kemungkinan adanya beasiswa dari jalur lain. 

Seru ya dari kemaren ngeliatin FYP maba-maba pinter pada depetin beasiswa, menurutku itu keren bangettt. Aku juga pengen ngerasain begitu, plis dong yang tau beasiswa buat orang yang biasa-biasa aja kayak aku tuh ada gak sih? Haha

Dalam cuitan yang mendapatkan views hingga 1,3 juta tersebut memunculkan beberapa reaksi. Tak sedikit yang menanggapi tweet tersebut, baik itu, pertanyaan yang serupa untuk beasiswa saudara kandungnya, tips untuk mendapatkan beasiswa hingga informasi beasiswa yang ada.

Nah, bagi Genhype yang sedang mencari beasiwa, berikut sejumlah daftar beasiswa yang direkomendasikan.


1. Karya Salemba Empat

Berdasarkan salah satu respons netizen, @kujuangg merekomendasikan beasiswa Karya Salemba Empat (KSE). Baginya, beasiswa ini bukan hanya dapat uang selama setahun tetapi juga dapat soft skill yang bagus bahkan bisa bertemu dengan sama penerima se indonesia. Beasiswa tersebut diberikan dalam bentuk tunjangan biaya hidup sebesar Rp 750.000 per bulannya. Beasiswa ini terbatas untuk 35 PTN/PTS yang bekerja sama. 


2. Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Rekomendasi lain berasal dari akun @GreenR___ yaitu Beasiswa Unggulan Kemendikbud. Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa yang akan menjalani pendidikan jenjang S1, S2 atau S3 di PTN maupun PTS.

Program ini menyediakan bantuan biaya pendidikan komprehensif yang mencakup biaya kuliah, biaya hidup, dan biaya buku. Beberapa syaratnya adalah memiliki prestasi akademik atau nonakademik tingkat nasional atau internasional, dapat rekomendasi dari pihak berwenang, hingga berkomitmen mempertahankan IPK minimal 3,00.


3. Beasiswa Flip

Salah satu beasiswa unik yang ada di kolom komentar adalah beasiswa untuk mahasiswa hemat dari Flip berdasarkan rekomendasi @angga_fzn. Informasi dari akun X @flip_id, menjelaskan beasiswa ini merupakan pertama di Indonesia hanya dengan cara menunjukan siasat hemat sebagai mahasiswa.

Tak tanggung-tanggung, sepuluh pemenang terpilih masing-masing akan menerima beasiswa senilai Rp 24 juta per tahun. Dengan begitu, mahasiswa biasa-biasa saja sekalipun bisa menangkan beasiswanya.

Dikutip dari flip.id/scholarflip, beberapa syarat yang dibutuhkan antara lain mahasiswa aktif yang terdaftar pada suatu instansi pendidikan D3/D4/S1, berusia maksimal 25 tahun, wisuda paling cepat bulan Agustus 2025/

Dengan semakin banyaknya jenis beasiswa yang ditawarkan, mahasiswa ngga perlu berkecil hati jika tidak termasuk dalam kategori berprestasi akademik atau ekonomi lemah. Salah satu kunci mendapatkan beasiswa adalah rajin mencari info dan daftar beasiswa hingga mencari beasiswa yang berkualitas.

“.....Intinya cari beasiswa yang berkualitas aja sih, yang ga melulu soal akademik, atau kekurangan ekonomi kita,” jelas @keizzzya.

Baca juga: Cara Daftar IELTS untuk Persyaratan Beasiswa LPDP 2024

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Highlight London Fashion Week 2025, Jaket Elegan Burberry sampai Gaun Eksentrik JW Anderson

BERIKUTNYA

Kunjungan Publik IKN: Cara Pesan Tiket, Lokasi, dan Aturan Lengkap

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: