Semangat bekerja (Sumber Foto: Freepik)

5 Kiat Memulihkan Stamina dan Mood Kerja Setelah Liburan

18 September 2024   |   06:23 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Setelah menikmati libur panjang, sering kali kita sulit kembali ke rutinitas kerja dengan semangat yang sama seperti sebelumnya. Tubuh jadi lemas dan mudah mengantuk karena terlalu lama bersantai. Selain itu, mood atau suasana hati juga tidak mendukung untuk bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik seperti biasanya.

Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu mengembalikan mood dan stamina saat bekerja setelah liburan agar Genhype ingin kembali fokus, bersemangat, dan produktif di kantor.

Baca juga: Mengenal Ciri-ciri Mood Swing, Perubahan Suasana Hati yang Tak Terkendali

Yuk, simak tips-tips berikut ini!
 

1. Istirahat yang Cukup

Selama liburan, kita seringkali tidur lebih larut dari biasanya atau bahkan bangun lebih siang, sehingga menyebabkan tubuh kehilangan ritme alami tidur. Akhirnya tubuh jadi cepat lelah dan kurang bersemangat saat harus kembali ke rutinitas.

Memiliki pola tidur yang konsisten berarti tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk di akhir pekan. Mengutip Healthline, pola tidur yang teratur akan membuat tubuh memproduksi hormon melatonin secara optimal, yang berfungsi mengatur siklus tidur.

Saat tidur, tubuh menjalani berbagai proses pemulihan, seperti memperbaiki jaringan otot yang rusak, memulihkan sistem kekebalan tubuh, serta memproses dan menyimpan memori dan informasi sepanjang hari.


2. Olahraga dan Mengonsumsi Makanan Bergizi

Setelah libur panjang, tubuh sering kali merasa lemas atau kurang bertenaga karena berkurangnya aktivitas fisik. Olahraga ringan seperti jalan pagi, yoga, peregangan, atau bersepeda santai tidak hanya membantu memperbaiki kebugaran fisik, tetapi juga memberikan banyak manfaat psikologis.

Saat kita aktif bergerak, sirkulasi darah di dalam tubuh akan meningkat, sehingga membantu mengirim lebih banyak oksigen dan nutrisi ke otot dan otak. Ini dapat membuat kita jadi lebih segar dan bertenaga. Olahraga juga memicu pelepasan endorfin, yaitu hormon kebahagiaan. Endorfin akan membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi perasaan stres atau cemas yang mungkin muncul karena harus kembali ke rutinitas.

Selain itu, mengonsumsi makanan sehat yang bergizi seimbang juga penting untuk memulihkan stamina. Selain mencukupi asupan protein, lemak, dan karbohidrat, konsumsilah sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat untuk membantu meningkatkan energi dan menjaga sistem pencernaan tetap sehat.


3. Membereskan Meja Kerja

Merapikan meja kerja adalah langkah sederhana namun sangat efektif untuk meningkatkan produktivitas dan suasana hati saat bekerja. Meja kerja yang teratur dapat membantu kita lebih fokus dan bersemangat, serta mengurangi stres.

Singkirkan barang-barang yang sudah tidak digunakan, misalnya kertas, alat tulis, atau benda lainnya. Selanjutnya klompokkan barang-barang yang masih diperlukan berdasarkan fungsi dan frekuensi penggunaannya. Misalnya, simpan alat tulis yang sering digunakan di tempat yang mudah dijangkau. Ini akan membantu menghilangkan gangguan visual yang bisa mengalihkan perhatian dari tugas utama.


4. Kerjakan Tugas dengan Perlahan

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan banyak orang adalah langsung mengerjakan tugas besar setelah kembali dari liburan. Padahal, ini bisa membuatmu kewalahan. Mulailah dengan perlahan, misalnya selesaikan tugas-tugas kecil yang tidak terlalu mendesak.

Baca juga: Nikmati Manfaat Grounding Ritual dengan Wewangian Buat Memperbaiki Mood

Fokuslah pada pekerjaan yang bisa memberikan hasil cepat, sehingga kita merasa telah mencapai sesuatu tanpa merasa stres berlebihan. Istirahatlah secara berkala untuk menjaga energi tetap stabil sepanjang hari.


5. Buat Daftar Prioritas Kerja

Merencanakan hari kerja pertama setelah liburan dengan baik dapat membuat kita lebih fokus, serta mengurangi kebingungan dan kecemasan. Terkadang, kembali ke pekerjaan setelah liburan panjang bisa membuat bingung mengenai apa yang harus dilakukan terlebih dahulu.

Buatlah daftar prioritas yang berisi tugas-tugas yang perlu diselesaikan berdasarkan tingkat urgensinya. Selain itu, buat juga rencana yang realistis dengan membagi waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Ini akan membantumu lebih terorganisir dan kembali menemukan ritme kerja seperti sebelumnya. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

5 Koleksi Boneka Labubu Terunik yang Viral Berkat Lisa Blackpink

BERIKUTNYA

Daftar Pembaruan Dalam Patch Update Wasteland Storm dalam Gim Garena Undawn

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: