Ilustrasi hotel (dok: Unsplash/Francesca Saraco)

Mau Staycation? Simak Dulu Tips Ini untuk Mengurangi Risiko Covid-19

15 May 2021   |   06:27 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Genhype, libur Idulfitri masih tersisa beberapa hari lagi. Nah, buat yang mungkin bosan di rumah, salah satu aktivitas yang bisa kalian lakukan untuk menghabiskan liburan adalah menginap di hotel sekitar tempat tinggal atau staycation.

Ya, staycation bisa dikatakan merupakan aktivitas yang aman lantaran minim risiko penularan Covid-19, tentunya apabila dilakukan bersama-sama dengan keluarga atau orang yang tinggal di rumah yang sama.

Mengutip Travel and Leisure pada Jumat (14/5/2021), sejumlah pakar dan ahli kesehatan masyarakat mengeluarkan sejumlah tips cara berwisata secara aman, salah satunya tentang membersihkan ruang penginapan. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan wisatawan ketika tiba di kamar hotel dan tips sehat berwisata.
 
1.  Berkomunikasilah dengan Pihak Hotel

Menurut Dr. Jack Shevel, Founder dan CEO Zappogen, distributor produk sanitizer untuk rumah sakit, pengunjung wajib menanyakan informasi protokol, memastikan kondisi kesehatan semua pegawai dan staf hotel. Anda juga bisa menanyakan jumlah dan kondisi sesama penghuni.
 
2.  Pastikan Penggunaan Disinfektan

Jika hotel tidak menggunakan disinfektan secara rutin dan mengizinkan tamu keluar-masuk ruangan kurang dari 24 jam ini bisa berbahaya bagi penghuni lain. Hotel yang memiliki protokol ketat maka pengelola akan memilih menggunakan disinfektan dengan model spray. Jika hanya melakukan pembersihan lantai dan benda sekitar, standar ini masih jauh untuk menjamin kesehatan tamu.
 
3.  Bersihkan Semua Barang Bawaan

Sebelum pengunjung masuk ke ruangan terutama jika sempat bepergian dengan kendaraan umum wajib membersihkan semua barang-barang bawaan dengan disinfektan, misalnya ransel dan koper.
 
4.  Biasakanlah Membawa Barang Sendiri

Selama pandemi ini, ada baiknya pengunjung tidak terlalu berpangku pada layanan hotel. Tujuannya untuk mengurangi kontak dengan beragam orang, pengunjung harus membawa lengkap peralatan mandi, makan, minum. Jika lupa membawa, wisatawan tetap bisa memakai semua perlengkapan hotel dengan syarat sudah dicuci ulang.
 
5.  Anda Wajib Memakai Alat Pelindung Diri

Selama berwisata wajib menerapkan protokol dasar yang meliputi masker, hand sanitizer, disinfektan, maupun face shield. Anda pun wajib membawa cadangan alias alat pelindung diri (APD) cadangan.
 
6.  Bukalah Jendela Kamar

Ketika masuk ke kamar penginapan usahakan untuk membuka jendela kamar guna menjamin ventilasi dan membiarkan patogen udara keluar dari kamar secara alami.
 
7.  Bersihkan Semua Barang yang Sering Disentuh

Tujuan wajib membawa perlengkapan disinfektan agar para wisatawan bisa membersihkan barang-barang secara rutin. Berikut beberapa jenis barang yang perlu dibersihkan secara berkala;
  • ·Handphone
  • ·Jam tangan
  • ·Remote control
  • ·Tombol lampu
  • ·Lampu kamar
  • ·Gagang pintu
  • ·Toilet
  • ·Penutup kepala
  • ·Kamar mandi
·Berbagai peralatan yang sering disentuh di kamar.
 
8.  Tetaplah Rajin Mencuci Tangan


Selama berwisata dan menginap di hotel, mencuci tangan adalah kewajiban dalam mencegah Covid-19.
Selamat liburan!

Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

9 Tip Praktis Untuk Melakukan Decluttering

BERIKUTNYA

Berawal dari Media Sosial, Girlband Baru Ini akan Menghibur Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: