Deretan seri Labubu terunik. (Sumber: Instagram/popmartglobal)

5 Koleksi Boneka Labubu Terunik yang Viral Berkat Lisa Blackpink

18 September 2024   |   06:00 WIB
Image
Alya Hafilah Salsabila Mahasiswi Universitas Padjadjaran

Labubu, boneka yang akhir-akhir ini mendadak populer setelah Lisa BLACKPINK mengunggahnya dalam swbuah6 video, menjadi perbincangan di media sosial. Dalam video itu terungkap bahwa boneka tersebut sedang populer di Thailand, tanah kelahiran sang idola K-Pop tersebut. Boneka itu merupakan karya seniman asal Hong Kong bernama Kasing Lung yang dibuat sejak 2015,

Menanggapi hal tersebut, Lung kemudian mengirimkan Mega Labubu Tec kepada member termuda BLACKPINK tersebut. Namun, menurut Tatler Asia, jauh sebelum Lisa BLACKPINK mengunggah postingan tersebut, karakter Labubu ini sudah mendapatkan popularitasnya 9 tahun yang lalu setelah Lung menerbitkan serial dengan karakter Labubu di dalamnya.

Baca juga: Proses Kreatif A Bucket of Beetles, dari Panggung Teater Boneka ke Buku Cerita Bergambar

Setelah kepopulerannya meningkat pesat berkat Lisa, telah membuat Perdana Menteri Thailand Puangpet Chunlaiad turut mengimbau publik agar berhati-hati terhadap boneka palsu.

Memanfaatkan boneka yang satu ini, pemerintah Thailand juga melakukan kerja sama dengan Pop Mart untuk kepentingan promosi pariwisata. Tak heran, Thailand menjadi negara dengan stok boneka Labubu terbesar di Asia. Bahkan, di Thailand terdapat toko konsep Labubu pertama di luar China.

Salah satu hal menarik dari boneka ini adalah setiap seri memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing sehingga terdapat beberapa seri dengan penjualan terlaris. Berikut adalah seri Labubu terlaris menurut Lifestyle Asia.


1. The Monster Camping

Seri ini menampilkan koleksi beberapa Labubu dengan perlengkapan kemah di alam terbuka. Para labubu ini terlihat melakukan berbagai aktivitas seperti trekking, kayak, serta terdapat Labubu yang tertidur. Seri ini dibandrol dengan harga 500 Baht atau setara dengan Rp230.000. 


2. The Monster Carnival 

Labubu dengan tema Halloween ini menampilkan Labubu yang berdandan layaknya monster dari berbagai cerita rakyat seperti vampir, mumi, malaikat pencabut nyawa, Jack-o-lantern, dan masih banyak lagi. Seri ini terjual laris mendekati bulan Oktober dan dibandrol dengan harga 1.000 Baht atau sekitar Rp460.000.


3. Labubu Gold Mask

Seri ini merupakan salah satu koleksi terunik yang pernah dikeluarkan dalam seri Labubu. Pasalnya, menurut Lifestyle Asia, versi monster ini lebih mirip artefak daripada koleksi mainan. Figur Labubu berwarna abu-abu dan berdiri di atas sebuah meja.

Wajah Labubu juga ditutupi oleh topeng emas yang terinspirasi dari Suku Maya Kuno dengan ukiran gigi bergerigi sebagai ciri khas. Adapun figur ini dibandrol dengan harga terendah mencapai 3.000 Baht atau Rp1,3 juta dan seluruh koleksinya dapat mencapai 11.000 Baht atau sekitar Rp5 juta.

Baca juga: ITZY Perkenalkan Karakter Boneka Persona Bernama TWINZY


4. Labubu Space

Konsep Labubu pada seri ini adalah luar angkasa dimana para karakter Labubu mengenakan kostum teknisi laboratorium, alien, astronaut, dan lainnya. Seri ini dapat dibeli seharga 320 Baht atau sekitar Rp147.000.


5. Labubu Ultraman

Berkolaborasi dengan Ultraman dalam rangka memperingati hari ulang tahun Ultraan yang ke-55, figur Labubu ini mengenakan seragam tim investigasi khusus yang mengangkat kapsul beta. Seri ini dibandrol dengan harga mencapai 92.000 Baht atau sekitar Rp42,3 juta.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Daftar Pemenang Film Terbaik 2024 dari 5 Festival Paling Bergengsi di Dunia

BERIKUTNYA

5 Kiat Memulihkan Stamina dan Mood Kerja Setelah Liburan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: