Ilustrasi perubahan emosi. (Sumber Foto: Freepik)

Mengenal Ciri-ciri Mood Swing, Perubahan Suasana Hati yang Tak Terkendali

23 February 2024   |   11:53 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Apakah kamu pernah mengalami perubahan suasana hati yang cepat dan mendadak? Kalau sekarang sedang tertawa bahagia, beberapa menit kemudian bisa saja jadi kesal, marah, dan menangis tanpa alasan yang jelas. Kondisi ini disebut mood swing yang memengaruhi kondisi emosional seseorang.

Mengutip dari Medical News Today, tanda-tanda mood swing, selain dilihat dari perubahan suasana hati yang cepat juga ditandai dengan sikap atau tindakan impulsif, bicara dengan cepat, kelelahan dan kurang berenergi atau sebaliknya terlalu banyak energi yang meledak-ledak. 

Baca juga: Ini Manfaat Tidur 8 Jam Sehari, Bisa Naikkan Mood dan Berpikir Lebih Jernih

Gangguan makan yang menyebabkan berat badan turun atau naik, sulit memusatkan fokus dan berkonsentrasi, tidak bisa memahami atau menyampaikan informasi dengan baik, hilangnya minat pada aktivitas yang semula disukai, dan lainnya. 
 

Penyebab Mood Swing

Perubahan Hormon: Kondisi ini umumnya dialami oleh wanita dengan premenstrual syndrome (PMS), ibu hamil, serta wanita yang telah memasuki masa menopause. Perubahan hormon juga bisa dipicu oleh cuaca, seperti kurang paparan sinar matahari yang dapat menurunkan kadar hormon serotonin yang memengaruhi suasana hati.  

Kondisi Medis Tertentu: Mood swing juga bisa dipicu oleh kondisi medis seperti penyakit tiroid, gangguan sistem kardiovaskular, kelainan paru-paru, serta penyakit yang memengaruhi sistem saraf pusat, seperti tumor otak, stroke, meningitis, dan lainnya.

Beberapa kondisi tersebut dapat mengganggu keseimbangan senyawa kimia di dalam otak, seperti dopamin, GABA, norepinefrin, dan serotonin, yang fungsinya mengendalikan suasana hati.

Gangguan Mental: Sejumlah gangguan mental yang dapat menyebabkan seseorang mengalami mood swing adalah stres, bipolar, borderline personality disorder (BPD), depresi, skizofrenia, attention-deficit hyperactivity disorder (ADHD), dan lainnya
 

Cara Mengatasi Mood Swing

Perubahan suasana hati yang ringan hingga sedang umumnya tidak membutuhkan perawatan khusus. Kita bisa mengatasinya dengan memahami hubungan antara pikiran, perasaan, dan perilaku untuk mengatur emosi yang bergejolak dalam diri kita.

Selanjutnya menemukan masalah yang menjadi penyebab utama perubahan suasana hati dan mengatasinya sebaik mungkin. Penting juga bagi kita untuk memperbaiki gaya hidup sehari-hari untuk menjaga suasana hati tetap baik, di antaranya dengan menerapkan langkah berikut ini:
 
  • Membuat jadwal tidur dengan durasi 7–9 jam setiap hari
  • Mengonsumsi makanan sehat dan teratur
  • Melakukan aktivitas fisik seperti olahraga 
  • Mengelola stres melalui meditasi, mindfulness, yoga, atau sesi lainnya
  • Membuat jurnal untuk mengidentifikasi perubahan suasana hati dan penyebabnya
  • Membangun kehidupan sosial yang baik dengan keluarga, pasangan, teman, serta orang di sekitar kita 

Namun, ketika suasana hati yang berubah sudah sangat parah atau terjadi terus-menerus sehingga memengaruhi kualitas hidup seseorang, tentunya ini sudah berbahaya. Misalnya pekerjaan, hubungan, atau aspek lain dalam kehidupannya sudah terganggu, sehingga menyebabkan seseorang melakukan perilaku yang berisiko seperti menyakiti diri sendiri atau bunuh diri.

Segera berkonsultasi dengan ahlinya, dokter mungkin akan meresepkan obat untuk mengatasi gejala gangguan mental seperti antidepresan, antipsikotik, obat atau alat bantu tidur, dan lainnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Daftar Pemain Serial Avatar The Last Airbender yang Tayang di Netflix

BERIKUTNYA

Sejarah Hari Internasional Memerangi Bullying yang Diperingati 23 Februari 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: