Galeri Nasional Indonesia kembali dibuka dengan sejumlah protokol kesehatan (GNI - Montiari)

Dilarang Mudik, Yuk Kunjungi Tempat-tempat Menarik di Jakarta

09 May 2021   |   08:56 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Pemerintah pada masa lebaran kali ini melarang masyarakat untuk mudik atau pulang ke kampung halaman. Tujuannya agar virus Corona baru atau Covid-19 tidak menyebar. 
 
Langkah pemerintah ini bukan tanpa alasan lho. Kasus positif di India yang tiba-tiba saja meroket setelah pemerintah melonggarkan kebijakan, dan masyarakatnya tidak mematuhi protokol kesehatan-termasuk saat melakukan ritual keagamaan, menjadi salah satu pertimbangannya. 
 
Nah, jadi mari kita turuti kebijakan pemerintah. Bagi kalian yang tinggal di Jakarta sekitarnya, ada banyak tempat yang bisa dikunjungi saat kalian tidak mudik. 
 
Berikut tempat-tempat yang bisa kalian kunjungi, dan menghilangkan kebosanan.

Galeri Nasional Indonesia

 
Di tempat ini, kalian bisa menikmati karya-karya seni terkenal maestro Indonesia yang harga karyanya bisa sangat fantastis lho. 
 
Salah satunya adalah karya Raden Saleh Sjarief Bustaman (1811-1880) yang adalah pribumi Jawa pertama yang mendapatkan privilese untuk belajar melukis di Eropa atas beasiswa pemerintah Belanda. 
 
Sejumlah penulis dan peneliti menyebutnya sebagai ‘manusia modern’ Jawa pertama yang memiliki pola pikir ala Barat.
 
Untuk masuk ke dalam galeri nasional, kalian harus menjalani protokol kesehatan ya. Tidak hanya itu, kalian harus registrasi dulu secara online atau daring.

Museum MACAN
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Museum MACAN (@museummacan)

 
Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (Museum Seni Modern dan Kontemporer di Nusantara – Museum MACAN) adalah museum seni modern dan kontemporer terdepan di Indonesia.
 
Berlokasi di Jakarta, tepatnya Jakarta Barat, Museum MACAN adalah institusi yang memberikan akses publik terhadap koleksi seni modern dan kontemporer yang signifikan dan terus berkembang dari Indonesia dan seluruh dunia.
 
Museum ini memiliki program pameran dan program publik yang aktif di fasilitas seluas 7.100 meter persegi. 

Museum Fatahilah/ Museum Sejarah Jakarta
 
 
Museum yang terletak di Kota Tua ini adalah museum menyediakan informasi tentang perjalanan sejarah kota Jakarta mulai dari pra-sejarah sampai dengan saat ini dalam bentuk rekreatif melalui benda-benda koleksi museum.
 
Selain itu, melalui tata pameran Museum Sejarah Jakarta menggambarkan Jakarta sebagai pusat pertemuan budaya dari berbagai kelompok suku baik dari dalam maupun dari luar Indonesia dan sejarah kota Jakarta seutuhnya.
 
Setelah mengunjungi museum, kalian juga bisa menikmati kuliner dan kegiatan lainnya di sekitar museum. 
 
Galeri Nasional Indonesia, Museum MACAN, dan Museum Sejarah Jakarta adalah sedikit contoh tempat yang kalian bisa kunjungi di Jakarta untuk mengatasi kebosanan saat tidak boleh mudik. 
 
Di ibukota, masih banyak lho tempat-tempat lainnya. Tapi ingat ya untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Pengaruh Minum Kopi pada Sistem Kekebalan Tubuh

BERIKUTNYA

Referensi Hiking, Ini Dia 7 Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: