Sisihkan sedikit waktu untuk mengurangi stress dari pekerjaan. (Photo by S Migaj on Unsplash)

Tips Untuk Lebih Rileks Jelang Libur Panjang

10 May 2021   |   18:00 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Di antara GenHype, pasti banyak yang merasa pekerjaan sepertinya justru makin banyak menjelang libur panjang. Stres jadi tidak terhindarkan. Padahal benak kita mungkin sudah bersiap untuk menutup laptop dan meninggalkan pekerjaan.

Kalian tidak sendirian kok. Waktu senggang memang jadi suatu keistimewaan di tengah kesibukan sehari-hari. Namun, ada baiknya setelah semua deadline selesai, sisihkan sedikit waktu untuk relaksasi menjelang hari libur. Relaksasi itu penting loh. Upaya untuk mengistirahatkan tubuh serta pikiran terbukti bisa mengurangi stres. 

Yang tidak diketahui banyak orang adalah bahwa selain istirahat, liburan merupakan periode di mana daya kreativitas itu paling berkembang. Sebaliknya, tanpa waktu istirahat untuk relaksasi, Anda dapat membuat keputusan yang buruk, kreativitas terhalang dan produktivitas turun.

Berikut beberapa aktivitas relaksasi yang tidak memakan banyak ruang dan waktu, tanpa harus meninggalkan bisnis dan pekerjaan.

1. Baca buku bagus
Ketika butuh relaksasi, tutup dulu buku tentang pemasaran atau kepemimpinan, tapi ambil cerita fiksi yang membawa kita keluar dari zona stres. Ada banyak buku menarik dari penulis seperti Ken Follet atau Stieg Larsson misalnya atau salah satu dari saga Harry Potter atau The Lord of the Rings, jika Anda adalah penggemarnya. Apapun yang memotivasi imajinasi Anda dan membuat Anda bersenang-senang.

2. Menonton film lewat layanan OTT
Kegiatan ini dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Platform OTT yang tersedia di Indonesia juga makin beragam dengan koleksi film masing-masing yang menawarkan berbagai genre. Kamu juga bisa menyewa film secara digital melalui layanan seperti Google Play atau Apple TV.

3. Jalani hobi yang lama ditinggal atau cari hobi baru
Mainkan alat musik, golf, tenis, atau belajar berkebun, apa pun yang Anda suka. Anda juga dapat memainkan permainan papan atau otak, atau mengerjakan teka-teki.

4. Bersantailah di spa
Nikmati layanan pijat dan refleksi sepanjang sore. Karena pandemi masih jadi keresahan banyak orang, sekarang ini banyak layanan spa yang menerima panggilan ke rumah. Luangkan satu jam hanya untuk diri sendiri dan manjakan dirimu, relaksasi seperti ini akan membantu kita meningkatkan kinerja dan membuat tetap termotivasi.

5. Bercengkerama dengan teman
Manfaatkan pertemuan, yang disarankan dilakukan secara virtual, ini untuk membicarakan sesuatu selain bisnis. Kamu juga dapat memilih permainan online yang menyenangkan, idenya adalah untuk tertawa dan melupakan waktu kerja.

6. Habiskan waktu bersama keluarga 
Jika kamu memiliki anak, luangkan waktu untuk bermain dan bersenang-senang dengan mereka. Buatlah janji dengan pasangan dan pastikan bahwa, selama bersama keluarga, kamu tidak perlu menjawab telepon dari kantor atau memeriksa email. Memberi mereka waktu berkualitas juga akan memberikan manfaat untuk diri sendiri.

7. Berolahraga
Sisihkan setidaknya setengah jam sehari untuk berolahraga. Bisa lari di taman atau mungkin ke gym, intinya agar tetap sehat dan bugar. Ini akan membantumu tidak hanya meningkatkan kesehatan, tetapi juga suasana hati, harga diri dan juga untuk menyingkirkan energi negatif.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Buat Kalian Calon Entrepreneur, 6 Film ini Wajib Ditonton

BERIKUTNYA

Alasan Christian Dior Kepincut Kain Tenun Endek Bali

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: