Membaca Buku (Sumber Foto: Freepik)

5 Tips Membangun Kebiasaan Membaca Buku Agar Tetap Fokus di Era Digital

16 September 2024   |   16:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Tak sedikit orang yang malas dan susah fokus dalam membaca. Beberpaa penyebabnya misalnya seperti kurangnya minat atau ketertarikan terhadap topik yang dibaca, gangguan dari teknologi atau media sosial, serta kebiasaan multitasking yang mengurangi fokus dan konsentrasi.

Padahal, UNESCO menyebutkan Indonesia berada di urutan kedua dari bawah mengenai literasi. Minat baca penduduknya sangat rendah dan memprihatinkan, hanya 0,001 persen. Artinya, dari 1,000 orang Indonesia, hanya satu orang yang rajin membaca.

Baca juga: 3 Buku Pengembangan Diri yang Wajib Dibaca Anak Muda

Membaca buku dapat memperluas wawasan, memperdalam pemahaman, dan menambah pengetahuan dalam berbagai bidang. Buku juga melatih kemampuan berpikir kritis, analitis, serta kreativitas, karena pembaca ditantang untuk merenungkan dan memahami suatu topik dari berbagai sudut pandang.

Selain itu, membaca buku dapat menjadi sarana untuk relaksasi dan penghilang stres, serta membantu kita meraih ketenangan batin. Buku juga memperkaya kosakata dan keterampilan berbahasa, yang pada akhirnya meningkatkan kemampuan komunikasi. Bagi Genhype yang ingin membangun kembali kebiasaan membaca, yuk simak tips berikut ini.
 

1. Mulai dengan Buku yang Menarik  

Pilihlah buku yang sesuai dengan minat atau kebutuhanmu saat ini. Saat membaca sesuatu yang menarik, motivasi kita untuk melanjutkannya sampai halamn terakhir akan lebih besar. Selain itu, pilihlah buku yang membuatmu tertarik. Misalnya topik seputar hobi, pengembangan diri, sampai fiksi.

Buku yang relevan dengan pekerjaan atau hobi juga dapat mrmbantu membangun kebiasaan membaca. Memilih buku yang tepat akan membuatmu lebih menikmati proses membaca dan mengurangi rasa bosan atau jenuh.
 

2. Tentukan Waktu Khusus untuk Membaca

Buatlah jadwal harian khusus untuk membaca, meskipun hanya 10-15 menit sehari. Konsistensi lebih penting daripada durasi, karena kebiasaan terbentuk dari pengulangan yang teratur. Tentukan waktu yang pas tanpa adanya gangguan, misalnya sebelum tidur atau di pagi hari setelah bangun.

Menetapkan waktu membaca yang teratur, akan membuat otak terbiasa dan perlahan-lahan membaca akan menjadi bagian dari rutinitas harianmu. Pastikan juga suasana untuk membaca sangat mendukung, seperti pencahayaan yang baik dan suasana yang tenang agar bisa lebih fokus.
 

3. Mulai dengan Target yang Realistis

Jangan terlalu memaksakan diri untuk membaca terlalu banyak dalam waktu singkat. Mulailah dengan target yang kecil dan realistis, seperti menyelesaikan satu bab atau membaca selama 15-30 menit sehari.

Setelah kebiasaan membaca mulai terbentuk, secara bertahap kita bisa meningkatkan durasi atau jumlah buku yang ingin dibaca. Namun, jangan sampai targetnya terlalu berat yang malah membuatmu kewalahan dan malas membaca lagi.
 

4. Batasi Gangguan Digital

Salah satu alasan utama mengapa orang malas membaca adalah karena terganggu oleh notifikasi di media sosial atau gim. Untuk mengatasi hal ini, cobalah mengatur mode do not disturb pada perangkat elektronikmu selama sesi membaca.

Jauhkan diri dari ponsel atau perangkat elektronik lainnya yang dapat mengalihkan perhatianmu. Beberapa orang juga lebih nyaman membaca di tempat yang bebas dari gangguan digital, seperti di taman atau perpustakaan umum. Fokuslah secara penuh pada buku supaya membuat pengalaman membaca lebih berkualitas dan menyenangkan.
 

5. Bergabung dengan Komunitas atau Klub Buku

Berpartisipasi dalam klub buku atau komunitas pembaca bisa menambah motivasi untuk terus membaca. Diskusi bersama orang lain tentang buku yang sedang dibaca dapat memperkaya pemahaman dan wawasan. Selain itu juga mendorong kita untuk menyelesaikan bacaan supaya bisa terlibat dalam percakapan.

Melalui komunitas, Genhype juga bisa mendapatkan rekomendasi buku dari anggota lain, yang mungkin menarik dan belum pernah ditemui. Interaksi sosial ini bisa membuat kegiatan membaca lebih menyenangkan dan mendorong untuk menyelesaikan bacaan dengan lebih bersemangat.

Baca juga: Cara Penulis Aan Mansyur Menemukan Waktu Membaca di Tengah Kesibukan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

8 Drama China di WeTV yang Cocok Jadi Tontonan untuk Long Weekend

BERIKUTNYA

Apa Itu Short Attention Span? Kenali Dampak dan Hubungannya dengan Kondisi Psikologis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: