Bali menjadi salah satu destinasi wellness tourism populer di dunia. (Sumber gambar: Hu Chen/Unsplash)

Hypereport: Daftar 10 Destinasi Wellness Tourism Populer di Dunia

15 September 2024   |   13:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Rutinitas pekerjaan dan tuntutan kehidupan yang kian menantang membuat masyarakat rentan merasa lelah bahkan stres. Di tengah kondisi itu, orang-orang mencari cara untuk menyegarkan pikiran, mengembalikan kebugaran tubuh, hingga mengobati suasana hati. Semua itu dicapai salah satunya dengan mengikuti wellness tourism.

Beberapa tahun terakhir, wellness tourism atau wisata kebugaran memang tengah populer di kalangan masyarakat Indonesia bahkan dunia. Mengutip dari Our Soulful Travels, wisata kebugaran ialah kegiatan yang menawarkan pengalaman dan aktivitas yang difokuskan untuk meningkatkan kesejahteraan fisik, mental, dan emosional. 

Baca juga: Mengenal Produk Unggulan Wellness Tourism Indonesia di Kalangan Turis Lokal dan Mancanegara

Wisata kebugaran menawarkan kesempatan bagi wisatawan untuk menyegarkan dan meningkatkan kesehatan mereka secara holistik. Hal itu bisa dicapai dengan berbagai kegiatan yang masuk dalam wisata kebugaran, di antaranya perawatan spa, yoga dan meditasi, kegiatan luar ruangan seperti hiking atau bersepeda, serta pelatihan nutrisi dan kesehatan. 

Biasanya, ketika mengikuti kegiatan wisata kebugaran, seseorang berkesempatan untuk belajar dari para ahli di bidang kesehatan dan kebugaran, serta menjalin ikatan dengan orang-orang yang memiliki pemikiran serupa yang sedang menempuh perjalanan yang sama. 

Sejumlah negara didapuk sebagai destinasi wisata kebugaran populer di dunia. Negara-negara ini dikenal lantaran menawarkan tempat peristirahatan kesehatan di tengah keindahan alamnya, hingga kegiatan kebugaran yang terjangkau dan ramah lingkungan. Termasuk, tempat wisata kebugaran yang menawarkan fasilitas mewah. 

Berikut adalah 10 destinasi wellness tourism atau wisata kebugaran terpopuler di dunia seperti dilansir dari berbagai sumber seperti The Globe and Mail, Vacayou, Robb Report, dan sebagainya. 


1. Bali (Indonesia)

Bali dikenal baik secara nasional maupun internasional sebagai pusat penyembuhan spiritual, keindahan alam, dan kekayaan budaya. Salah satu daerah yang paling terkenal untuk wisata kebugaran di Bali ialah Ubud yang disebut sebagai jantung spiritual Bali. 

Di Ubud, banyak pilihan wisata kebugaran seperti tempat yoga, pusat penyembuhan holistik, dan restoran organik. Beberapa tempat yang terkenal di antaranya GDAS Bali Health and Wellness Resort, Revivo Wellness Resort, dan Five Element Healing Sanctuary, yang menyediakan tempat peristirahatan holistik yang memadukan praktik penyembuhan tradisional dengan fasilitas modern. 

Pengunjung dapat menikmati hidangan organik, seni sakral, dan suasana tenang keindahan alam Bali, yang menjanjikan relaksasi, revitalisasi, dan pertumbuhan spiritual. Termasuk, menjelajahi pura, sawah, ataupun cagar alam lainnya di Bali yang tenang dan magis untuk menenangkan pikiran. 
 

2. Sedona (Arizona) 

Terkenal dengan formasi batuan merahnya yang menawan, kota gurun Sedona di Arizona adalah tempat peristirahatan spiritual bagi orang-orang yang mencari penyembuhan dan ketenangan. Kota ini diyakini sebagai rumah bagi beberapa "pusaran" energi, yang menjadikannya tempat populer untuk meditasi, yoga, dan penyembuhan spiritual.

Bebatuan merah yang tersebar di sekitar Sedona dipercaya merupakan sumber kekuatan yang berasal dari inti Bumi. Banyak pelancong menuju Sedona untuk bermeditasi, memulai perjalanan eksplorasi diri, atau mendapatkan manfaat dari penyembuhan spiritual. Keindahan kota, spa, galeri seni, dan restoran mewah di kota ini juga membantu para pelancong tetap menjadikan Sedona sebagai destinasi untuk wisata kebugaran. 


3. Koh Samui & Phuket (Thailand)

Menjadi salah satu pulau terbesar di Thailand, Koh Samui dikenal sebagai destinasi wisata kebugaran populer dari Negeri Gajah Putih. Pulau ini menjadi pilihan destinasi yang tepat untuk tempat beristirahat, guna meningkatkan kesehatan di tengah keindahan alamnya yang menakjubkan. 

Koh Samui identik dengan wisata kebugaran, spa, resor kebugaran, dan pusat detoksifikasi yang terjangkau. Salah satu program utama wisata kebugaran di pulau ini ialah retret, atau menyendiri sejenak dari kebisingan. 

Ada berbagai macam program retret dengan durasi yang berbeda-beda, mulai dari untuk perawatan diri, penurunan berat badan, kebugaran, yoga, hingga kamp pelatihan pilates yang menawarkan peremajaan tubuh dan keharmonisan batin.

Selain Koh Samui, Phuket juga menjadi destinasi populer yang menawarkan banyak tempat resor mewah dengan layanan spa, retret yoga, meditasi, program nutrisi serta detoksifikasi di tengah pemandangan pantai bersih dan laut biru kehijauan.

Pelancong bisa memulai perjalanan di Atmanjai untuk menikmati perjalanan detoksifikasi dan penyembuhan dengan program nutrisi, yoga, meditasi, dan perawatan spa harian. Atau menikmati spa mewah di Como Point Yamu, yang menghadap ke Laut Andaman, yang menawarkan pijat, perawatan wajah, dan sesi kebugaran. Lalu ada Thanyapura Sports & Health Resort yang menawarkan kamp kebugaran yang berfokus untuk mengoptimalkan keterampilan kognitif. 
 

4. Hakone & Kyoto (Jepang)

Dipenuhi dengan sumber air panas vulkanik, Hakone adalah tempat terbaik untuk mengenal tradisi spa Jepang yang beragam. Banyak sumber air panas mengalir di kota ini, dan airnya yang dipanaskan secara geotermal. Kandungan mineralnya yang kaya diyakini dapat meningkatkan segala macam penyembuhan, mulai dari detoksifikasi hingga anti-penuaan. 

Ada banyak resor yang dapat dipilih di Hakone termasuk Yunessun yang eksentrik, tempat para tamu dapat berendam di kolam renang sambil menikmati kopi, anggur, sake, dan teh hijau, dengan pemandangan hutan dan pegunungan Hakone di udara terbuka. 

Selain Hakone, Kyoto yang dikenal sebagai jantung budaya Jepang, juga menawarkan tempat yang tenang untuk bersantai dengan taman Zen, rumah teh tradisional, dan onsen (sumber air panas). Kuil dan tempat suci yang tenang di kota ini juga menyediakan lingkungan yang damai untuk menenangkan diri dan bersantai.
 

5. Kauai (Hawai)

Kauai merupakan pulau terbesar keempat di Hawai yang diselimuti lembah zamrud, puncak gunung yang tajam, dan tebing-tebing terjal tua. Dikenal juga sebagai "Garden Island" atau Pulau Taman, Kauai adalah negeri fantasi hijau yang penuh dengan hutan hujan, gunung, sungai, dan air terjun.

Di tengah keindahan alamnya yang luar biasa, tidak mengherankan jika di pulau ini banyak tempat peristirahatan untuk kesehatan spiritual. Salah satu kegiatan wisata kebugaran yang khas dari Kauai ialah surf into yoga, yakni menggabungkan aktivitas selancar dan yoga sebagai bagian dari program retret, termasuk pijat. 

Baca juga: Wellness Tourism atau Wisata Kebugaran di Alam Indonesia Kian Diminati, Ini Keunggulannya
 

6. Rishikesh & Dharamsala (India)

Dikenal sebagai Ibu Kota Yoga Dunia, Rishikesh di India menawarkan suasana yang tenang di sepanjang Sungai Gangga untuk retret yoga dan meditasi, serta mendalami praktik kesehatan India kuno. Kota ini semakin terkenal ketika The Beatles berkunjung pada 1968.

Sejak zaman dahulu, lokasi ini telah menjadi surga bagi para pegiat yoga dan pelancong untuk mempelajari praktik kebugaran tradisional India, meningkatkan pemahaman mereka tentang yoga, menjadi instruktur, atau bahkan menemukan pencerahan.

Selain Rishikesh, kota lain di India yang terkenal dengan wisata kebugarannya ialah Dharamsala yang diklaim sebagai tempat terbaik di dunia untuk merasakan budaya Buddha Tibet secara langsung. Salah satu destinasi terkenalnya ialah Pusat Meditasi Tushita, yang menawarkan kelas meditasi harian gratis dan retret hening selama 10 hari yang populer.

Ada juga Biara Thosamling yang menawarkan kegiatan trekking dan paralayang di kaki bukit Himalaya dan sekitarnya. Jika Dalai Lama--pemimpin spiritual masyarakat Tibet--sedang berada di kota, biasanya pelancong juga akan mampir ke kuil untuk mendapatkan ajaran-ajaran tentang kebaikan yang bisa mengubah pandangan akan hidup.


7. Kosta Rika

Kosta Rika dikenal sebagai negara destinasi wisata kebugaran yang menawarkan berbagai kegiatan terjangkau dan ramah lingkungan, dengan lanskap hutan hujan rimbun dan pantai indah terpencil. Ada banyak kegiatan kebugaran yang ditawarkan di Kosta Rika, seperti kelas yoga, perawatan spa untuk menenangkan jiwa, menunggang kuda, hingga jelajah alam.


8. Tulum (Meksiko)

Kota Tulum di Meksiko kerap menjadi destinasi pelancong wisata kebugaran dari berbagai dunia. Kota ini menawarkan berbagai destinasi kelas yoga di tepi pantai dan perawatan spa mewah, di tengah suasana bohemian dengan pemandangan garis pantai yang memukau serta layanan ramah lingkungan di tengah rimbunnya hutan. 

Di kota ini, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti menjelajahi situs arkeologi, menikmati aktivitas wisata air, dan membenamkan diri dalam keindahan alam pantai dan terumbu karang. Semua itu menjadikan Tulum sebagai perpaduan sempurna bagi mereka yang mencari relaksasi sekaligus petualangan. 
 

9. Santorini (Yunani)

Santorini atau Thira adalah pulau vulkanik yang berada di antara Pulau Ios dan Anafi, Yunani. Santorini terletak di Kepulauan Cyclades sekitar 200 km dari daratan Yunani. Di pulau ini, sangat terkenal dengan sejarah gunung meletus serta keindahan bangunan putih dan gereja berkubah biru.

Di samping keindahan lanskap alamnya, Santorini juga terkenal menjadi salah satu destinasi wisata kebugaran populer di dunia. Di pulau ini, pelancong bisa mengikuti kelas yoga sambil menikmati pemandangan Laut Aegea, memanjakan diri dalam perawatan spa holistik, dan menemukan ketenangan dalam meditasi saat waktu sore menjelang matahari terbenam yang tenang. 


10. Saint Lucia 

Saint Lucia adalah negara kepulauan di Laut Karibia bagian timur yang berbatasan dengan Samudra Atlantik. Negara ini dikenal karena keindahan lanskap alamnya yang terdiri dari pantai-pantai dengan pohon-pohon palem, hutan hujan yang dipenuhi satwa liar, air terjun, hingga gunung-gunung yang menjulang tinggi. 

Selain itu, Saint Lucia juga kerap menjadi pilihan tempat bagi orang-orang yang ingin menyelaraskan tubuh dan pikiran. Pulau ini dipenuhi dengan resor-resor lengkap yang menawarkan berbagai kegiatan untuk membantu pelancong menemukan pusat diri. 

Mulai dari kelas zumba dan taici, hiking, bersepeda, perawatan spa, hingga makanan bernutrisi adalah beberapa kegiatan wisata kebugaran yang bisa ditemui di pulau ini. 

Baca juga: Dorong Wellness Tourism di Indonesia, Saatnya Buat Paket Khusus Wisata Kebugaran

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Sysiful Millah 

SEBELUMNYA

Sutradara Baim Wong Banyak Improvisasi di Debut Film Panjang Bertajuk Lembayung

BERIKUTNYA

Hypereport: Potensi Besar Industri Spa & Pentingnya Etnaprana Jadi Identitas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: