Salah satu game terbaik Annapurna Interactive, Outer Wilds (Sumber gambar: Annapurna Interactive/Morbius Digital)

Game Terbaik Annapurna Interactive, Ada Outer Wilds

15 September 2024   |   10:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Sejak diluncurkan pada 2016, Annapurna Interactive telah merilis puluhan judul dari para pengembang gim indie. Setiap gim yang dirilis perusahaan asal Amerika Serikat ini kerap menjadi perbincangan karena memiliki bentuk dan karakter yang khas.

Hanya dalam waktu lima tahun, penerbit gim ini telah memantapkan dirinya sebagai pilar penting kancah gim independen. Sejumlah penghargaan internasional, termasuk dari BAFTA pada 2017,2018, dan 2019 sudah berhasil direngkuh.

Dengan beberapa judul menjanjikan masa mendatang, rilisan-rilisan terbaru Annapurna Interactive tentu jadi sangat ditunggu pencinta gim. Namun, baru-baru ini mereka diterpa isu tak sedap, terutama setelah mayoritas anggota timnya mengundurkan diri secara bersamaan.

Namun, di luar itu semua, Annapurna Interactive telah memberi kontribusi besar dalam dunia gim. Berikut adalah beberapa gim terbaik rilisan Annapurna Interactive yang layak dicoba: 

Baca juga: Gamers Merapat, 5 Gim Populer Ini Siap Rilis September 2024


1. Stray  


Stray adalah gim petualangan yang dikembangkan oleh BlueTwelve Studio dan diterbitkan oleh Annapurna Interactive pada 2022. Dari segi gameplay, Stray menawarkan pengalaman permainan yang unik. Berbeda dari gim AA lainnya yang menyuguhkan pengalaman bermain penuh aksi, Stray justru mengajak pemain berpetualang.

Uniknya, proses berpetualangan ini berjalan dari sudut pandang seekor kucing liar berwarna oranye. Ceritanya, kucing tanpa nama ini tak sengaja jatuh ke dalam lubang yang dalam. Namun, kucing ini dapat mendarat dengan selamat. Dia kini berada di sebuah kota asing bertemakan Cyberpunk. 

Gim ini menawarkan visual yang memanjakan mata. Selain itu, seperti kucing sungguhan, pemain juga dapat melakukan beragam aksi, dari mencakar karpet, rebahan, hingga menjatuhkan barang tanpa disengaja. Gim ini dapat dimainkan di PlayStation 3, PlayStation 4, PlayStation 5, iOS, Microsoft Windows.


2. What Remains of Edith Finch 


What Remains of Edith Finch adalah video game eksplorasi orang pertama yang dikembangkan oleh Giant Sparrow dan diterbitkan oleh Annapurna Interactive. Gim ini telah memenangkan beberapa penghargaan bergengsi, seperti Game Award, Game Developers Choice Award, dan Games for Change Award.

What Remains of Edith Finch bercerita tentang seorang wanita muda yang mengunjungi rumah lama keluarganya. Pemain akan dipandu oleh narasi dan pihak keluarga untuk menemukan beberapa fakta menarik. Dalam gim ini, pemain mesti jeli melihat petunjuk untuk mengungkap kematian anggota keluarga lamanya di dalam rumah tersebut.

Gim ini dapat dimainkan di Nintendo Switch, Microsoft Windows, Xbox One, Xbox Seri S|X, PlayStation 4, PlayStation 5, iOS


3. Outer Wilds  


Outer Wilds adalah video game aksi-petualangan yang dikembangkan oleh Mobius Digital dan diterbitkan oleh Annapurna Interactive pada 2019. Gim ini dapat dimainkan di Nintendo Switch, Microsoft Windows, macOS, Xbox One, Xbox Series S|X, Xbox Cloud Gaming, PlayStation 4, PlayStation 5. 

Di dalam gim ini, pemain akan berperan sebagai anggota baru Outer Wilds Ventures, sebuah program luar angkasa baru yang mencari jawaban dalam tata surya aneh yang terus berevolusi.

Planet-planet di Outer Wilds dipenuhi dengan lokasi-lokasi tersembunyi yang berubah seiring berjalannya waktu. Pemain dapat mengunjungi kota bawah tanah sebelum ditelan pasir, atau jelajahi permukaan planet saat runtuh di bawah kaki. Outer Wilds berhasil memenangkan dua BAFTA, satu Penghargaan Pégases, dan satu Penghargaan Golden Joystick.


4. Florence 


Florence merupakan gim cerita dan video interaktif yang dikembangkan oleh studio Australia Mountains dan diterbitkan oleh Annapurna Interactive. Game ini pertama kali dirilis pada 14 Februari 2018 untuk iOS, menyusul 14 Maret 2018 untuk Android, lalu pada 13 Februari 2020 dapat dimainkan di macOS, Nintendo Switch, dan Windows.

Dalam gim ini, pemain akan mengikuti kisah Florence Yeoh yang berusia 25 tahun. Dia menjalani rutinitas hariannya sampai akhirnya bertemu Krish, seorang pemain selo yang dilihatnya di taman. Permainan ini menampilkan sedikit dialog tertulis dan menceritakan kisah Florence melalui serangkaian bab singkat. 

Terdapat teka-teki untuk memperkuat bagian-bagian kehidupan Florence saat pemain melanjutkan ceritanya. Florence dibagi menjadi 20 bab, masing-masing menampilkan bagian yang berbeda dari kehidupan Florence Yeoh. Gim ini mendapat pujian dari kritikus yang memuji gaya seni, musik, dan struktur narasinya, tetapi mendapat beberapa kritik atas akhir ceritanya.


5. Grogoa 


Gorogoa adalah permainan video teka-teki yang dikembangkan oleh Jason Roberts dan diterbitkan oleh Annapurna Interactive. Gim ini mulanya dirilis untuk Microsoft Windows, Nintendo Switch, dan iOS pada 14 Desember 2017. Kemudian, mulai tersedia di PlayStation 4 dan Xbox One pada 22 Mei 2018. Tak lama kemudian mulai dirilis di Android dan Kindle Fire. 

Tujuan gim ini sederhana, yakni pemain mesti mengubah ukuran gambar di dalam kotak 2x2 untuk memecahkan teka-teki. Gim ini juga memiliki cerita utama yang melibatkan seorang anak laki-laki tinggal di lanskap yang dilanda perang dan dihuni monster menyeramkan. 
 

6. Sayonara Wild Hearts


Sayonara Wild Hearts adalah video game aksi ritme yang dikembangkan oleh Simogo dan diterbitkan oleh Annapurna Interactive. Sekilas, gim ini akan mengingatkan pemain dengan gim arkade klasik seperti Asteroids dan Centipede. Sebab, gim ini sama-sama memiliki skema kendali dan elemen permainan yang sederhana. 

Dalam gim ini, pemain akan ditugaskan untuk mengendalikan tokoh utama yang patah hati. Mereka mesti bermanuver melalui berbagai level dan lanskap menarik lain untuk mengumpulkan hati. Gim dengan visual neon mencolok ini memiliki soundtrack yang banyak dipuji pemain. Nantinya, pemain mesti menyelesaikan 23 level yang tersedia.

Baca juga: Asosiasi Game Indonesia Kecam Kasus Kekerasan di Brandoville Studios

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Atlet Menembak Kim Ye Ji Bakal Debut Jadi Pemain Drama Crush

BERIKUTNYA

Sutradara Baim Wong Banyak Improvisasi di Debut Film Panjang Bertajuk Lembayung

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: