Game Flappy Bird akan kembali setelah 10 tahun (Sumber foto: YouTube/Flappy Bird)

Game Flappy Bird Muncul Lagi dengan Karakter Baru

14 September 2024   |   07:00 WIB
Image
Yohanis Paiman Londong Mahasiswa Universitas Budi Luhur

Setelah menunggu sepuluh tahun tidak tampil di dunia game, Flappy Bird akhirnya kembali dengan berbagai pembaruan yang menarik. Game yang sempat jadi fenomena global ini, akan menghadirkan karakter-karakter baru serta mode permainan yang lebih inovatif. 

Dengan 4 karakter baru yang diberi nama Trixy, Peng, Quirky, dan Tekno. Tekno sendiri merupakan karakter robot burung yang direkayasa untuk masa depan, Trixy merupakan karakter yang bermata tiga, Peng adalah karakter berbentuk pinguin yang montok, dan Quirky karakter burung dengan berbentuk unicorn. 

Baca juga: Game Black Myth: Wukong Bakal Hadir Versi Ekspansi Seperti Elden Ring

Melansir dari situs laman The Verge bahwa, sebuah kelompok yang mengaku sebagai tim penggemar yang sangat bersemangat dan berkomitmen untuk memperkenalkan game ini kepada dunia, mengumumkan bahwa mereka telah memperoleh hak atas Flappy Bird.

Game mobile yang terkenal ini sebelumnya dihapus dari peredaran oleh penciptanya kurang dari setahun setelah peluncurannya. Kini, The Flappy Bird Foundation Group berencana untuk merilis kembali game ini di platform Android dan iOS pada 2025.

Akan tetapi, untuk saat ini belum diketahui apakah Dong Nguyen, pembuat asli dari game Flappy Bird akan terlibat dalam peluncuran kembali game tersebut. Baik akun Nguyen di X maupun situs web perusahaan pengembang gamenya tidak menunjukkan adanya pembaruan terbaru. The Flappy Bird Foundation mengungkapkan bahwa mereka membeli hak atas game ini dari Gametech, LLC, yang tidak memiliki hubungan dengan Nguyen.
.


Kemunculan lagi Flappy Bird ke dunia game ini menandakan kembalinya salah satu game paling ikonik yang pernah ada, dan memberi kesempatan bagi para penggemar lama serta pemain baru untuk merasakan tantangan yang ditawarkan game tersebut.

Bagi para penggemar game yang masih ingat, Flappy Bird pertama kali meraih popularitas besar pada 2013. Selama periode tersebut, game ini menjadi sangat terkenal dan menjadi topik pembicaraan di berbagai kalangan.

Namun, meskipun game ini mengalami lonjakan popularitas yang sangat cepat, pengembangnya memutuskan untuk menariknya dari App Store dan Google Play pada 2014. Keputusan ini diambil karena pengembang merasa bahwa Flappy Bird terlalu adiktif dan dampaknya terhadap pemain bisa menjadi negatif.

Ketika itu Flappy Bird berada di puncak kepopulerannya, tiba-tiba muncul keputusan mengejutkan untuk menghapus game tersebut. Dong Nguyen selaku pembuat game ini mengumumkan bahwa Flappy Bird akan ditutup secara permanen.

"Flappy Bird awalnya dirancang untuk dimainkan hanya dalam beberapa menit ketika Anda sedang santai. Namun, ternyata game ini menjadi sangat adiktif. Saya rasa hal itu menjadi masalah. Untuk mengatasi masalah tersebut, keputusan terbaik adalah menutup Flappy Bird. Sekarang aplikasi itu sudah tidak ada lagi," kata Dong Nguyen yang dikutip dari situs laman Forbes

Baca juga: Gamers Merapat, 5 Gim Populer Ini Siap Rilis September 2024

Dengan menghentikan Flappy Bird, Dong Nguyen memilih untuk menjauh dari keuntungan besar, meskipun diperkirakan bahwa pendapatan hariannya dari iklan dalam aplikasi mencapai sekitar US$50.000. Nguyen sendiri menolak untuk mengonfirmasi angka tersebut.

"Saya tidak tahu angka pastinya, tetapi saya tahu itu banyak," ucap Dong Nguyen.

Flappy Bird merupakan salah satu game mobile pertama yang benar-benar menciptakan gelombang besar pada industri game saat itu. Kesederhanaan mekanisme permainan dan tantangan yang ditawarkannya membuat banyak orang ketagihan untuk mencoba lagi dan lagi, meskipun game ini tampaknya sederhana. Inilah yang membuatnya menjadi sangat populer pada waktu itu.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Denara Bali, Inovasi Spa Lokal yang Mengglobal

BERIKUTNYA

MTV VMA 2024 Raih Rating Tertinggi dalam 4 Tahun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: