Video messages (Sumber gambar: Meta)

Cara Berkirim Video Messages di WhatsApp, Bisa Sampai 60 Detik

12 September 2024   |   21:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Meta kembali menambah fitur  yang memanjakan penggunanya. Sejak, pesan suara (voice note) di WhatsApp mempercepat cara berkomunikasi antar pengguna, WhatsApp membuat fitur serupa yang memudahkan penggunanya berkomunikasi.

Namun kali ini tidak hanya pesan suara, melainkan juga pesan video yang disebut video messages. Fitur terbaru ini memungkinkan pesan video terkirim secara instan, di mana pengguna dapat merekam dan membagikan video singkat langsung di dalam chat.

Secara umum, video messages ini menawarkan komunikasi real-time untuk merespons chat dengan cara visual berdurasi 60 detik. Durasi 60 detik dianggap sebagai waktu yang cukup ideal untuk berbagai momen tanpa pengguna perlu membuka video melalui media lagi, melainkan langsung diakses melalui kolom chat.

Baca Juga: WhatsApp Bakal Rilis Fitur Username & PIN, Bisa Cegah SPAM Kontak Tak Dikenal

Video messages diluncurkan WhatsApp untuk  memberikan cara yang menyenangkan tetapi tetap praktis dalam berinteraksi. Pengguna dapat melihat ekspresi wajah, gerakan tangan, dan suasana sekitar yang sulit ditangkap dengan teks atau pesan suara.

“Kami percaya bahwa pesan video akan menambah kesenangan dalam berbagi momen, menghadirkan semua emosi yang terkandung dalam video, apakah itu mengucapkan selamat ulang tahun, tertawa bersama, atau menyampaikan berita baik,” dikutip dari Newsroom Meta.

Sama seperti berkirim voice note, WhatsApp juga membuat berkirim pesan video ini semudah pesan suara. Bahkan, akses video messages lebih mudah daripada voice note. Jika pada voice note pengguna harus memutar tanda ‘play’ untuk mendengarkan, pada fitur video messages WhatsApp akan memutar pesan video secara otomatis dalam mode senyap (mute). Pengguna bisa mengaktifkan mode suara saat mengklik videonya tetapi visualnya akan langsung memutar video yang dikirimkan pengguna WhatsApp lain.

WhatsApp juga telah memastikan semua video messages dilindungi dengan enkripsi end-to-end untuk memastikan keamanan pesan. Fitur ini sudah rilis untuk seluruh pengguna WhatsAap di dunia. Beirkut cara menggunakan fitur video messages di WhatsApp:
  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Pilih pengguna atau grup yang dituju untuk berkirim pesan
  3. Klik tanda foto di bagian bawah kanan sebelah fitur voice messages
  4. Pada sebelah fitur foto, terdapat fitur video note, klik untuk beralih ke mode video dan tahan untuk merekam. Pengguna dapat berbicara atau melakukan aksi yang ingin ditampilkan dalam video.
  5. Pengguna bisa menggeser ke atas untuk mengunci dan merekam video tanpa harus memegang smartphone
  6. Setelah selesai merekam, video messages akan muncul di layar. Pengguna dapat menonton ulang video dengan melakukan klik sebagai bentuk preview.
  7. Klik tombol kirim untuk mengirim video message tersebut ke dalam chat. Jika tidak puas dengan hasilnya, pengguna bisa membatalkan perekaman dan merekam ulang.
  8. Setelah video message dikirim, penerima akan melihat video secara otomatis dalam mode senyap. Untuk mendengarkan suara, cukup ketuk video.

Baca Juga: Cara Kerja Nearby Share, Fitur Berbagi File Gratis yang Bakal Muncul di WhatsApp

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

WhatsApp Bakal Luncurkan Fitur Berkirim Pesan ke Aplikasi Lain

BERIKUTNYA

Resensi Novel Sisi Tergelap Surga, Kupas Cerita Kelamnya Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: