WhatsApp akhirnya merilis fitur Multi Device untuk ponsel atau smartphone (Sumber gambar: Unsplash/Mourizal Zativa)

Asyik, Satu Akun WhatsApp Kini Bisa Dipakai di Berbagai Perangkat Sekaligus

26 April 2023   |   10:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Pengguna platform WhatsApp ada kabar gembira nih buat kalian. Pasalnya, aplikasi berbagi pesan itu akhirnya merilis fitur yang selama ini dinanti-nanti. Kini, dengan fitur yang diperbarui oleh perusahaan teknologi milik Meta itu, kalian  bisa menggunakan satu akun WhatsApp di hingga empat perangkat  sekaligus.

Fitur anyar tersebut merupakan perluasan dari fitur multi-device yang telah diluncurkan WhatsApp sebelumnya, di mana pengguna bisa menghubungkan satu akun WhatsApp ke hingga empat perangkat lain, termasuk ponsel, tablet, dan desktop komputer dalam waktu bersamaan.

Imbas permintaaan fitur berbagi perangkat yang cukup tinggi dari miliaran penggunanya, kini setiap ponsel yang ditautkan juga akan terhubung ke WhatsApp secara independen. Namun, saat ini fitur tersebut masih dalam tahap uji coba guna memastikan bahwa pesan, media, dan panggilan pribadi kalian terenkripsi secara end-to-end.  

Baca juga: Cara Mengatur Proxy WhatsApp di Smartphone, Tak Perlu Takut Kehabisan Kuota Saat Kirim Chat
 

(Sumber gambar: WhatsApp)

(Sumber gambar: WhatsApp)

Selain itu, fitur ini punya keunggulan lebih bagi para pemilik usaha kecil. Pasalnya, karyawan juga bisa menjawab pesan pelanggan langsung dari ponsel yang mereka gunakan dengan akun WhatsApp Business yang sama, tapi dipakai di perangkat yang berbeda. 

Namun, jika perangkat utama kalian tidak aktif dalam periode tertentu atau dalam periode yang lama, akun WhatsApp kalian juga akan secara otomatis keluar dari perangkat pendamping yang kalian tautkan dengan menggunakan nomor yang didaftarkan ke WhatsApp.

"Ponsel yang tertaut sebagai perangkat pendamping menjadikan berkirim pesan lebih mudah. Sekarang Anda dapat beralih di antara beberapa ponsel tanpa perlu keluar dan Anda dapat langsung melanjutkan chat terakhir Anda," demikian pernyataan WhatsApp dalam keterangan resmi, Rabu, (26/4/23).
 

Melalui fitur baru ini, WhatsApp juga akan melakukan sinkronisasi pesan dan chat antar-perangkat dalam satu tahun terakhir. Pesan tersebut pun akan tetap tersinkronisasi terlepas dari sistem operasi yang digunakan ponsel, baik itu dari Android ke iOS atau sebaliknya.

Kendati begitu, meski fitur bisa digunakan di berbagai perangkat sekaligus, ponsel pertama akan dihitung sebagai ponsel utama. Namun, jika ponsel utama tidak aktif dalam dua pekan, WhatsApp akan secara otomatis me-log-out akun kalian dari perangkat lain yang tertaut, atau pengguna bisa log out secara manual.

Adapun, pembaruan tersebut kini sudah diluncurkan kepada pengguna secara global dan nantinya akan tersedia untuk semua orang dalam beberapa pekan ke depan. Salah satunya tentu saja di Indonesia serta kawasan lain di Asia. 

Berikut Cara Menggunakan Satu Nomor WhatsApp di Berbagai Perangkat Sekaligus
  • Unduh aplikasi WhatsApp di ponsel kedua kalian baik di Playstore atau App Store
  • Buka aplikasi WhatsApp di ponsel kedua lalu pilih bahasa aplikasi
  • Langkah selanjutnya, klik tombol 'Setuju dan lanjutkan' untuk lanjut ke halaman pengaturan
  • Klik menu titik tiga di sudut kanan bagian atas, lalu pilih opsi 'Tautkan perangkat'
  • Ulangi langkah yang sama di aplikasi WhatsApp ponsel pertama kalian lalu buka menu titik tiga di sudut kanan atas dan pilih opsi 'Perangkat tertaut'
  • Klik tombol 'Tautkan perangkat' lalu gunakan ponsel pertama untuk scan QR code di ponsel kedua
  • Tunggu beberapa saat sampai akun WhatsApp kalian tersinkronisasi di kedua perangkat ponsel yang ditautkan
  • Kini, kalian bisa menggunakan satu akun WhatsApp di dua perangkat sekaligus.
Baca juga: Ada 5 Pembaruan, Fitur Status WhatsApp Tambah Lengkap Nih!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Tanggapan Pengamat Soal The Super Mario Bros. Movie, yang Memuncaki Film Terlaris 2023

BERIKUTNYA

Akhirnya! Duet Taeyang BIGBANG dan Lisa BLACKPINK Muncul di Video Lagu Shoong!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: