WhatsApp (Sumber gambar: Anton/Pexels)

WhatsApp Uji Coba Fitur Screen Sharing

01 June 2023   |   07:05 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, platform WhatsApp dikabarkan tengah melakukan uji coba fitur berbagi layar atau screen sharinga yang  memungkinkan penggunannya berbagi tampilan pada layar utama smartphone. Singkatnya, fitur screen sharing ini bakal memudahkan aktivitas presentasi daring, mirip dengan fitur yang terdapat pada aplikasi Google Meet atau Zoom.

Dengan uji coba ini, WhatsApp tampaknya makin serius melebarkan sayap dalam pemaksimalan platform daring mereka. Informasi penggarapan fitur screen sharing ini dibocorkan oleh WABetaInfo lewat unggahan tangkapan layar fitur yang terlihat sedang bekerja.

Menurut WABetaInfo, fitur ini dikabarkan akan dirilis melalui Google Play Beta versi 2.23.11.19, di mana pengguna akan otomatis mendapat fitur screen sharing saat melakukan pembaharuan aplikasi WhatsApp mereka. Sementara pengguna iOS kemungkinan menikmati fitur ini belakangan setelah fitur versi Android selesai diuji coba.

WABetaInfo memperlihatkan bagaimana tampilan dan cara kerja fitur berbagi layar ini. Fitur tersebut dapat dilakukan dalam grup. Penggunanya hanya perlu memulai telepon, kemudian mengklik ikon screen sharing yang tepat berada di bagian kiri bawah smartphone.

Lanjutkan dengan mengklik video untuk memulai. Sebelum fitur screen sharing dimulai, pengguna akan diminta mengonfirmasi dan menyetujui pembagian tampilan layar kepada seluruh pengguna WhatsApp di grup tersebut.

Baca juga: Fitur Cerdas Teknologi AI di Zoom, Bisa Catat Ringkasan Rapat Secara Otomatis

Untuk menyetujuinya, pengguna tinggal mengklik konfirmasi pada jendela pop-up yang ditampilkan WhatsApp. Setelah menyetujui, pengguna harus mengklik mulai sekarang untuk berbagi tampilan. Langkah tersebut terbilang cukup mudah dan aman bagi pengguna WhatsApp.

Namun, perusahaan di bawah naungan Meta ini belum memberi rilis pasti terkait fitur terbaru mereka. Akan tetapi, kabar mengenai screen sharing ini disambut antusias oleh pengguna WhatsApp. Di Indonesia, WhatsApp telah digunakan oleh 112 juta pengguna. Pengguna WhatsApp paling umum menggunakannya untuk berkabar dalam aktivitas sehari-hari mereka.

Memang, selama ini WhatsApp kebanyakan digunakan untuk pesan personal dan grup. Penambahan screen sharing diharapkan mampu melengkapi fitur telepon grup untuk berbagai kepentingan pengguna dalam satu ruang. Dengan kemampuan itu maka pemaksimalan fitur di WhatsApp bisa membuat penggunanya berinteraksi lebih mudah dalam satu platform.

Menurut WABetaInfo, fitur ini sangat terkait dengan pembaharuan yang dilakukan penggunanya. Bagi penguna yang tidak melakukan pembaharuan aplikasi ke versi terbaru, maka kemungkinan besar pengguna tersbeut tak bisa melihat fitur tampilan layar saat pengguna lainnya melakukan berbagi layar.

Selain itu, pengguna Android versi lama juga dikabarkan tak bisa mendukung fitur yang tengah diuji coba WhatsApp ini. Mungkin, tidak hadirnya fitur ini dalam Android jadul disebabkan oleh fitur perekaman layar yang belum ada.

WABetaInfo tidak menjabarkan versi Android mana yang tidak terdukung oleh WhatsApp untuk fitur ini. Kabarnya, screen sharing juga belum mendukung grup dengan jumlah pengguna yang terlalu banyak.

Baca juga: Cara Menggunakan Fitur Apple Pay di Indonesia, Tinggal Tap dari iPhone dan Apple Watch

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

Waduh, TOP Hengkang dari Boygroup Legendaris BigBang

BERIKUTNYA

Ini Sejarah & Cara Merayakan Hari Lahir Pancasila yang Diperingati Setiap 1 Juni

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: