WhatsApp (Sumber gambar: Unsplash/Amanz)

WhatsApp Bakal Rilis Fitur Username & PIN, Bisa Cegah SPAM Kontak Tak Dikenal

24 August 2024   |   15:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Aplikasi perpesanan pribadi, WhatsApp, sedang mengembangkan fitur baru untuk meningkatkan privasi pengguna dan pengalaman berkirim pesan yang lebih baik. Salah satu fitur yang tengah diuji coba ialah penggunaan username dan pin sebagai tanda pengenal baru.

Penggunaan username dan pin membuat jalinan pertemanan di WhatsApp dianggap akan meninggatkan privasi pengguna. Sebab, pengguna hanya perlu membagikan username saja, tanpa perlu memberikan informasi nomor telepon yang sifatnya lebih privat.

Baca juga: Cara Kerja Nearby Share, Fitur Berbagi File Gratis yang Bakal Muncul di WhatsApp

Pola baru ini bertujuan untuk menyediakan cara yang lebih aman dan fleksibel bagi pengguna ketika ingin terhubung dengan orang lain, terutama bagi orang yang memang hanya sesekali mengirim pesan dan tidak membutuhkan nomor kontak si pengguna.

Fitur yang pertama kali diperkenalkan pada Mei 2023 lalu itu masih membutuhkan waktu untuk pengembangan. Menurut WA BetaInfo, uji coba sudah mulai dilakukan pada versi Beta terbaru WhatsApp (2.24.18.2) untuk Android.

Penggunaan username di aplikasi perpesanan sebenarnya bukan hal yang asing lagi. Beberapa aplikasi lain, seperti Telegram, sudah lebih dahulu menerapkan fitur ini.

Di Telegram, seseorang dapat menjalin komunikasi cukup dengan mengetahui username saja, tanpa perlu membagikan nomor telepon. Hal ini jadi opsi yang populer bagi orang-orang yang khawatir dengan keamanan data, terlebih nomor telepon juga sekarang sudah menjadi menjadi identitas digital.

 

WhatsApp (Sumber gambar: Unsplash/Amin Moshrefi)

WhatsApp (Sumber gambar: Unsplash/Amin Moshrefi)


Cara Berteman di WhatsApp Jadi Berbeda

Ketika fitur ini nantinya diterapkan, cara berteman di WhatsApp akan berbeda dari sebelumnya. Jika sebelumnya orang membagikan nomor telepon, ke depan orang hanya perlu berbagi username.

Nantinya, pengguna dapat membuat username yang bersifat unik. Artinya, username hanya bisa digunakan untuk satu orang pengguna saja. Username itu akan ditautkan ke akun WhatsApp masing-masing.

Untuk pengguna yang sudah menyimpan nomor telepon satu sama lain, nomor telepon tersebut masih akan tetap terlihat. Namun, bagi kontak baru, username akan berfungsi sebagai cara utama saling terhubung.

Kendati demikian, bukan berarti siapa pun yang telah mengetahui username seseorang bisa saling terhubung. WhatsApp masih akan mengembangkan satu fitur lagi agar kemudahan ini tidak dimanfaatkan sebagian orang.

WhatsApp akan menambahkan dukungan PIN untuk mengamankan username dari orang-orang tidak bertanggung jawab. Pengguna baru yang ingin berkomunikasi dengan username tertentu mesti mengetahui PIN tersebut terlebih dahulu.

Hal ini untuk memastikan bahwa keamanan dan kenyamanan pengguna tidak terganggu. Cara ini juga bisa mengurangi potensi spam oleh orang yang tidak dikenal.

Dengan demikian, pesan-pesan yang tidak diinginkan bisa lebih tersaring terlebih dahulu tanpa perlu pengguna melakukan pemblokiran. Dengan lapisan keamanan ekstra ini, pengguna juga memiliki kendali yang lebih besar atas siapa yang dapat menghubungi mereka.

Namun, dukungan PIN ini hanya berlaku bagi kontak yang baru pertama kali menghubungi. Adapun bagi kontak lain yang telah berteman, bisa langsung mengirim pesan tanpa perlu PIN lagi.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Resep Lobster Roll, Hidangan Sultan yang Dibanderol Rp400.000 Per Potongnya

BERIKUTNYA

7 Agenda Lari Akhir Pekan 25 Agustus 2024 yang Seru dan Tak Boleh Dilewatkan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: