Ilustrasi menggunakan WhatsApp. (Sumber gambar : Freepik/jannoonn028)

Saingan Zoom Meeting, Begini Cara Menggunakan Fitur Screen Sharing di WhatsApp

09 August 2023   |   23:13 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Meta merilis fitur baru di WhatsApp. Kali ini, pengguna bisa melakukan screen sharing atau berbagi layar selama panggilan video, mirip seperti saat menggunakan layanan konferensi video semacam Zoom, Google Meet, atau Microsoft Teams. 

Dalam keterangan resmi Meta, fitur tersebut tersedia melalui ikon "Share/Bagikan". Setelah itu akan memberi opsi untuk membagikan seluruh layar atau aplikasi tertentu. 

Baca juga: Cek Update Dua Fitur Baru WhatsApp Buat Proteksi Privasi Pengguna

Dengan fitur baru ini, pengguna bisa berbagi dokumen untuk bekerja, menelusuri foto dengan keluarga, merencanakan liburan, memilih belanjaan online dengan teman, hingga membantu para lansia selama panggilan WhatsApp.

Adapun fitur ini merupakan hasil jajak pendapat dalam menghadapi persaingan dari aplikasi pesan seperti Telegram, Signal, dan  Discord.

 

Tampilan fitur screen sharing di WA. (Sumber gambar : Meta)

Tampilan fitur screen sharing di WA. (Sumber gambar : Meta)


Diuji coba pertama kali pada Mei lalu, fitur ini dirilis secara bertahap di Android, iOS, dan Windows. Namun menurut juru bicara Meta, Ellie Heatrick, kini berbagi layar bisa digunakan ke semua pengguna WhatsApp secara global di ketiga platform tersebut.

Selain fitur berbagi layar, WhatsApp juga menambahkan mode antarmuka lanskap untuk panggilan video di iOS dan Android. Dengan demikian, pengguna memiliki pengalaman untuk menonton bersama dengan orang terkasih walaupun terpisah jarak melalui fitur screen sharing itu.

Nah, berikut ini cara menggunakan fitur screen sharing di WhatsApp
  1. Buka WhatsApp
  2. Mulai panggilan video dengan orang yang ingin kamu hubungi di kontak panggilan.
  3. Di bagian bawah layar, ketuk ikon berbagi layar (panah ke kanan).
  4. Ponsel akan menampilkan prompt yang memberi tahu bahwa kamu mulai merekam atau mentransmisi dengan WhatsApp. Selanjutnya akan ada peringatan bahwa semua informasi di layar, seperti nama pengguna dan kata sandi, juga akan terlihat oleh orang yang kamu akan bagikan layar. 
  5. Klik ‘start now/mulai sekarang’. Otomatis orang yang seng kamu telepon bisa melihat aktivitas yang kamu kerjakan di layar ponsel.
  6. Untuk menghentikannya, klik tombol ‘hentikan berbagi’.
Baca juga: WhatsApp Beta Bawa Fitur Baru, Begini Cara Berkirim Foto Resolusi HD Tanpa Pecah

Buat pengguna yang tidak bisa menemukan fitur screen sharing, sebaiknya menginstal WhatsApp versi terbaru ya. Sementara itu, fitur berbagi layar ini juga berfungsi ketika melakukan panggilan grup di WhatsApp.


Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

45 Twibbon Unik & Gratis Untuk Meriahkan HUT ke-78 RI di Media Sosial

BERIKUTNYA

Cara Mix and Match Fesyen Denim ala Influencer Ayla Dimitri & Tantri Namirah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: