Logo WhatsApp. (Sumber gambar: Unsplash/Mariia Shalabaieva)

Cara Kerja Nearby Share, Fitur Berbagi File Gratis yang Bakal Muncul di WhatsApp

25 July 2024   |   07:47 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

WhatsApp tengah menyiapkan fitur untuk berbagi file baik foto, video, hingga dokumen tanpa koneksi internet alias gratis. Mirip degan AirDrop yang tersemat pada iPhone, fitur di platform punya Meta ini akan dinamakan Nearby Share. 

Sejatinya, platform ini hadir dalam versi Beta sejak April lalu untuk perangkat Android. Seperti AirDrop, fitur ini akan memungkinkan pengguna mengirim berbagai jenis file seperti foto, video, dan dokumen teks ke ponsel cerdas lain secara nirkabel, tanpa internet. 

Baca juga: Fitur-fitur Baru WhatsApp yang Sedang Dikembangkan, Voice Status Bisa Jadi 1 Menit

Mengutip Toms Guide, perbedaan Nearby Share dengan AirDrop yakni memungkinkan pengguna smartphone Android berbagi file besar ke pengguna iOS. Sejauh ini, AirDrop hanya berlaku untuk sesama pengguna iOS.

Tentu kehadiran fitur ini sangat membantu para pengguna WhatsApp yang berada di daerah dengan koneksi jaringan yang tidak stabil dan terbatas. Sejauh ini, Meta sebagai pengembang belum mengumumkan tanggal peluncuran Nearby Share.

Mengutip Tech Radar, cara kerja Nearby Share mirip dengan AirDrop. WhatsApp dengan bebas berbagi file selama ponsel kamu dapat terhubung dan menentukan perangkat di sekitar. 

Kemudian, penerima harus memberikan izin kepada orang  yang ingin berbagi file tersebut menggunakan Nearby Share di WhatsApp. Namun, konon ada batasan untuk pengguna iOS. 

Bagi pengguna iPhone, wajib memindai kode QR untuk memulai proses berbagi file. Hal ini karena ponsel tersebut tidak mendukung metode deteksi perangkat terdekat. 

Tidak diketahui mengapa WhatsApp beralih ke kode QR di iOS. Otoritas Android berspekulasi  penggunaan kode QR menjadi bagian keamanan tambahan untuk menccegah dan menghentikan file berbahaya secara sengaja atau tidak terkirim ke ponsel cerdas penerima.

WABetaInfo yang membocorkan adanya fitur ini menyatakan bahwa enkripsi end to end, seperti semua pesan WhatsApp, akan melindungi file yang dikirim melalui NEarby Share. Sementara itu, karena bekerja di berbagai platform, pengguna Nearby Share tidak akan terbebani dengan keterbatasan OS yang mungkin membuatnya lebih unggul dari AirDrop. 

Pengembangan Nearby Share masih berlangsung. Meta dilaporkan sedang menyempurnakan desain alat tersebut sambil mencari tahu detail mengenai izin dan langkah-langkah privasi.

Saat perusahaan menguji perangkat lunak, aspek-aspek tertentu kemungkinan akan mengalami penyesuaian seiring berjalannya waktu dan mungkin tidak membuat versi final. Belum ada kabar kapan fitur tersebut akan dirilis. 

Baca juga:  WhatsApp Rilis Fitur Event di Grup, Begini Cara Penggunaannya

Editor: Puput Ady Sukarno
 

SEBELUMNYA

Cek Profil Penampil SIPFest di Salihara, Ada Jecko Siompo hingga Teater Koma

BERIKUTNYA

Lagi Cari Printer & Mirorless? Canon Gandeng Datascrip Tebar Diskon Hingga Layanan Purna Jual Gratis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: