Konsol PS5 Pro (Sumber gambar: Sony)

Sony Resmi Rilis Konsol Terbaru PS5 Pro, Begini Spesifikasinya 

11 September 2024   |   06:45 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Setelah banyaknya rumor yang beredar di jagat maya, Sony akhirnya mengonfirmasi kehadiran konsol terbarunya, PlayStation 5 Pro (PS5 Pro). Raksasa teknologi Jepang itu mengumumkan konsol gim next-gen teranyar di presentasi daring bertajuk PS5 Technical Presentation hosted by Mark Cerny

Mark Cerny, Lead Architect PS5 Console, mengatakan bahwa PS5 Pro dirancang untuk menyempurnakan konsol utamanya dalam tiga poin penting. Ketiga hal tersebut adalah graphics processing unit (GPU) yang lebih besar, ray tracing yang lebih canggih, dan peningkatan skala yang memanfaatkan kecerdasan buatan. 

Sony meningkatkan GPU di PS5 Pro dengan unit komputasi 67 persen lebih banyak ketimbang PS5 saat ini. Selain itu, produk baru itu juga memiliki memori 28 persen lebih cepat. 

Hasilnya, konsol anyar tersebut memungkinkan proses rendering 45 persen lebih cepat ketimbang versi reguler atau standarnya. Hal ini akan menghasilkan detail-detail dalam gim yang lebih jelas dan peningkatan frame rate untuk banyak gim yang dijalankan. 

Baca juga: Sony Luncurkan Access Controller PS5 untuk Penyandang Disabilitas, Cek Spesifikasi & Harganya 

Cerny menyebut, para gamer umumnya harus memilih antara mode performa dan fidelitas dalam bermain menggunakan konsol PS5 standar. Kehadiran PS5 Pro, lanjutnya, memungkinkan para pemain untuk tidak harus memilih mode tersebut, tetapi langsung mendapatkan keduanya sekaligus. 

Tak hanya itu, PS5 Pro menyematkan fitur PlayStation Spectral Super Resolution (PSSR) baru dengan dukungan AI dari Sony, yang bertujuan meningkatkan frame rate dan kualitas gambar di gim-gim mereka. Fitur ini sejatinya mirip dengan teknik peningkatan skala memakai DLSS milik Nvidia atau FSR milik AMD. 

Presentasi online berdurasi sekitar 9 menit tersebut juga menampilkan deretan permainan yang akan di-upgrade dengan pembaruan perangkat lunak gratis, agar para pemain bisa memanfaatkan deretan fitur baru yang tersedia di PS5 Pro. Nantinya, gim-gim ini akan bisa dibedakan dengan label PS5 Pro Enhanced. 

Beberapa gim yang akan mendapat pembaruan tersebut antara lain Alan Wake 2, Assassin’s Creed: Shadows, Demon’s Souls, Dragon’s Dogma 2, Final Fantasy 7 Rebirth, Gran Turismo 7, Hogwarts Legacy, Horizon Forbidden West, Marvel’s  Spider-Man 2, Ratchet & Clank: Rift Apart, dan masih banyak lagi. 

Sayangnya, memang belum ada judul gim baru yang dibuat khusus untuk menyambut kehadiran konsol PS5 tersebut dalam presentasi ini. 

PS5 Pro dan PS5 standar (Sumber gambar: Sony)

PS5 Pro dan PS5 standar (Sumber gambar: Sony)

Untuk desainnya, secara umum Sony masih mempertahankan tampilan PS5 Pro secara konsisten dengan seluruh jajaran produk yang ada saat ini (PS5 standar dan PS5 Slim). Hanya saja, ada aksen garis yang lebih banyak di perangkat terbarunya. 

Perusahaan menyatakan bahwa PS5 Pro punya tinggi yang sama dengan ukuran asli konsol awalnya dan lebar yang serupa dengan ukuran model PS5 saat ini. Sementara itu, untuk disc drive-nya akan dijual terpisah, seperti yang telah diterapkan pada paket penjualan di konsol PS5 Slim. 
 

Harga dan Ketersediaan 

Di ujung presentasinya, Sony juga telah mengungkap harga yang disarankan untuk produk PS5 Pro yakni US$699,99 untuk harga dolar Amerika Serikat atau 119.980 yen di pasar Jepang. 

Paket penjualannya meliputi konsol next-gen dengan penyimpanan SSD 2TB, controller DualSense, dan gim Astro’s Playroom yang sudah langsung terpasang, sehingga bisa langsung dimainkan. 

PS5 Pro akan memulai debutnya di pasaran pada 7 November 2024 di toko dan distributor resmi PlayStation. Akan tetapi, Genhype sudah mulai bisa melakukan pre-order perangkat ini pada 26 September 2024. 

Baca juga: Gamers Merapat, 5 Gim Populer Ini Siap Rilis September 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Infinity Yin Yang dan Eskplorasi Seni Tiga Dimensi ala Lini Widhiasi

BERIKUTNYA

Resensi Novel Sapaan Sang Giri: Kisah Sejarah dari Mereka yang Terbuang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: