Access Controller PS5 yang dirilis Sony, Rabu 6 Desember 2023. (Sumber gambar : Sony)

Sony Luncurkan Access Controller PS5 untuk Penyandang Disabilitas, Cek Spesifikasi & Harganya

05 December 2023   |   18:51 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Sony membuat terobosan terbaru dengan menghadirkan Access Controller untuk penyandang disabilitas yang ingin menggunakan PlayStation 5 (PS5). Sony mengklaim kit aksesibilitas yang dapat disesuaikan dan dirancang ini bertujuan membantu penyandang disabilitas bermain dengan lebih nyaman serta dalam jangka waktu lebih lama.

Saat ini, banyak pemain penyandang disabilitas menghadapi hambatan dalam bermain gim. Mereka kesulitan memegang pengontrol standar dalam waktu lama, menekan sekumpulan tombol atau trigger secara akurat, atau memosisikan ibu jari dan jari tangan secara optimal.

Baca juga: Sony PlayStation 5 Model Slim Meluncur di Pasar Global, Cek Spesifikasi dan Harganya

Sony pun mencatat saat ini ada sekitar 1,3 miliar orang mengalami disabilitas. Seiring berkembangnya industri game, semakin penting bagi  perusahaan mengembangkan produk yang lebih mudah diakses. 

Access Controller terinspirasi oleh visi kami Play Has No Limits dan melanjutkan tradisi kami dalam menghadirkan fitur dan produk yang mudah diakses yang mendobrak hambatan bagi pemain, di seluruh pengalaman konsol kami dan game PlayStation Studios,” tulis Sony dalam keterangan resmi, dikutip Hypeabis.id, Selasa (5/12/2023).

Mengutip Gamespot, pengontrol ini memiliki pengaturan dasar berupa 8 pelat penutup bantal, bidang sentuh di tengah, dan joystick yang dapat disesuaikan. Pengguna dapat mengganti pelat tombol ini hanya dengan menekan dan menarik, karena setiap pelat bersifat magnetis dan dapat dipasang. 

Kit ini juga dilengkapi dengan tiga tutup joystick yang dapat dianti dengan mudah, serta memungkinkan pengaturan dan pergerakan independen. Ukuran dan bentuk pengontrol juga menghemat ruang meja serta mengurangi beban kognitif yang disebabkan oleh penempatan tombol dan sakelar pada pengaturan. 
 

Access Controller PS5 yang dirilis Sony, Rabu 6 Desember 2023. (Sumber gambar : Sony)

Access Controller PS5 yang dirilis Sony, Rabu 6 Desember 2023. (Sumber gambar : Sony)


Apabila menggunakan tombol dan sakelar, ada empat port ekspansi pada pengontrolnya. Jika Genhype sudah memiliki kit Xbox Adaptive, sakelar juga akan berfungsi dengan Access Controller.

Pengontrolnya dapat dipasang di mana saja. Alat ini dapat digunakan pada permukaan datar seperti nampan kursi roda dan memungkinkan orientasi 360 derajat penuh.

Dari laman resmi Sony, Access Controller dapat digunakan sendiri atau bersama dengan DualSense. Soal apakah pengontrol Akses memerlukan koneksi kabel, Sony menjawab Access Controller harus dipasangkan dengan PS5 pada awalnya melalui koneksi kabel, tetapi sebaliknya beroperasi secara nirkabel. “Access Controller dilengkapi port USB-C untuk pengisian daya pengontrol,” bunyi keterangan di laman resmi Sony.

Di konsol PS5, pemain dapat membuat hingga 30 profil kontrol, menyempurnakan sensitivitas stick dan pengaturan zona mati, atau menonaktifkan tombol. 

Kamu dapat menyimpan hingga tiga profil kontrol di Access Controller dan dengan cepat beralih di antara profil tersebut. Dengan demikian, pengguna bisa lebih mudah menemukan tata letak tombol yang paling sesuai dengan apa yang terjadi dalam gim. 

“Harap dicatat bahwa jika Anda menyambungkan Access Controller ke konsol PS5 lain, Anda perlu membuat atau membuat ulang profil kontrol pilihan Anda,” tulis Sony.

Sementara itu, Access Controller hanya berfungsi untuk gim yang tersedia di PS5. Untuk game yang terkadang memerlukan fitur khusus DualSense, seperti gesekan pada touchpad, Access Controller dapat digunakan bersama dengan pengontrol DualSense untuk menyediakan fungsionalitas penuh.

Access Controller tersedia secara global pada 6 Desember 2023. Kit ini dibanderol dengan harga US$89,99 atau setara Rp1,39 juta.

 

SEBELUMNYA

Berpeluang Besar, Ini Tantangan Industri Fashion Indonesia untuk Dikenal Secara Global

BERIKUTNYA

Tampilan Map GTA 6 Bocor di TikTok, Wilayahnya Lebih Luas dari GTA 5

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: