Kamera Canon EOS R5 Mark II. (Sumber gambar: Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Dijual Mulai Rp90 Jutaan, Intip Fitur Menarik Kamera Mirrorless Canon EOS R5 Mark II

06 September 2024   |   09:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Canon fokus menambah lini kamera mirrorlessnya. Perusahaan yang asal Jepang itu meluncurkan Canon EOS R5 Mark II di pasar gawai Indonesia. Penerus dari EOS R5 yang diluncurkan pada 2020 ini menjanjikan berbagai peningkatan signifikan.

Hadir sebagai mirrorless ‘hybrid’, Canon EOS R5 Mark II dilengkapi sensor full-frame BSI 45MP dengan Dual Pixel Intelligent AF, eye control AF, kecepatan pembacaan yang lebih cepat, dan berbagai fitur cerdas berbasis Deep Learning.

“EOS R5 Mark II mewarisi fitur yang terbaik dari EOS R5 dan sudah ditingkatkan dengan fitur-fitur inovatif lainnya untuk membuat kamera ini jauh lebih unggul,” ujar Canon Business Unit Director PT Datascrip Monica Aryasetiawan saat peluncuran kamera ini di Jakarta, Kamis (5/9/2024).

Baca juga: Lebih Dekat dengan Kamera Canon EOS R100, Mirrorless yang Pas Buat Pemula? 

Assistant Marketing Manager of Canon Business Unit PT Datascrip, Danni Nahason, menerangkan bahwa EOS R5 Mark II mendukung teknologi autofokus Eye Control AF yang membantu pengguna memilih titik fokus menggunakan gerakan mata melalui Electronic View Finder (EVF). Kamera ini pun memiliki fitur-fitur AI untuk memperbesar resolusi gambar (upscaling) hingga 179 MP, denoising, dan autofokus.
 
Selain viewfinder elektronik dengan magnifikassi 0,76 kali, cakupan frame 100 persen, dan resolusi 5,76 juta dot, Canon EOS R5 Mark II memiliki layar sentuh LCD berukuran 3,2 inci (2,1 juta dot) dengan engsel fully articulated yang bisa diputar ke segala arah. Kamera ini juga membawa fitur Accelerated Capture System.

Di dalam fitur tersebut terdapat DIGIC Accelerator terbaru, dipasangkan dengan prosesor gambar DIGIC X, yang dapat memproses jumlah data yang sangat besar dari sensor CMOS tumpuk full-frame back-illuminated yang baru. Lewat fitur ini, pengguna bisa menikmati pengambilan gambar berkecepatan tinggi dengan kualitas yang luar biasa dan noise yang minim, bahkan pada ISO 102.400.

Kamera ini juga telah memanfaatkan fitur AI yakni Deep Learning dengan jaringan neural yang kompleks dan algoritma yang canggih. Bersama dengan Accelerated Capture System dan Dual Pixel Intelligent AF yang baru, menghasilkan peningkatan inovatif dalam pengenalan dan kecepatan AF, pengurangan noise, peningkatan resolusi dalam kamera, serta auto exposure dan white balance yang lebih akurat.
 

Fitur Deteksi

Pengguna yang mengambil gambar di sebuah acara yang ramai orang seperti konser, akan mendapatkan keuntungan dari fitur Register People Priority pada kamera ini. Pasalnya, fitur ini menghadirkan pendeteksian pada orang tertentu secara persisten dengan mendaftarkan wajahnya terlebih dahulu. Fitur ini telah ditingkatkan agar dapat mendeteksi subjek meskipun subjek tersebut tengah menghadap ke samping.
 

Gambar Akurat Pada Objek yang Bergerak Cepat

Mode Action Priority AF terbaru dari EOS R5 Mark II juga sangat berguna bagi fotografer olahraga. Mode ini dapat mengenali gerakan yang menonjol dalam olahraga dan fokus pada momen penting. Kamera dapat menganalisis posisi bola, gerakan sendi, dan keberadaan berbagai subjek melalui deep learning. Fokus kamera secara otomatis dialihkan ke orang yang melakukan aksi tertentu secara instan.
 

Perekaman Kelas Film Profesional

Untuk kemampuan videonya, EOS R5 Mark II sanggup merekam hingga resolusi DCI 8K/ 30 fps atau 4K/ 60 fps, berikut format RAW dan HDR. Kamera ini juga menyediakan banyak sekali mode dan opsi perekaman standar industri film.

Pada fitur Canon Log 2, kamera ini dapat menghasilkan kualitas gambar seperti film, mempertahankan detail di area yang cukup terang hingga gelap, dan menghadirkan kontrol pencahayaan yang lebih baik dengan perubahan warna minimal. Sementara Canon Log 3 untuk menangani gradasi warna dan mengurangi noise di area gelap, sekaligus mempertahankan rentang dinamis yang lebar. Kedua log kompatibel dengan pengaturan produksi Cinema-Log, ideal untuk produksi film.

Sementara itu, footage (rekaman mentah) 8K resolusi tinggi yang diambil pada 60 fps, membuat pengguna dapat melakukan pemotongan, koreksi sudut, penyuntingan non-linier, dan penyesuaian kecepatan putar ulang video sebelum diekspor ke 4K atau Full HD. Di satu sisi, opsi perekaman dalam format SRAW mampu mempertahankan semua kedalaman dan detail 12-bit RAW dalam separuh ukuran file. 

Ini cocok apabila pengguna tidak memerlukan 8K RAW, namun tetap memerlukan kebebasan dalam menggradasi warna dan pasca-pemrosesan. Selain itu, EOS R5 Mark II mampu menampilkan adegan gerak lambat (slow motion) dalam kualitas 4K (hingga 5x lebih lambat) atau dalam Full HD (hingga 10x lebih lambat) dengan 4K 120p atau Full HD 240p.
 
Pengguna semakin dimudahkan dengan fitur Dual Shooting (syuting ganda) yang bisa merekam video dalam Full HD 30p sekaligus mengambil foto 33,2MP dan bahkan membidik secara beruntun hingga 7,5 fps. Fitur ini cocok untuk mengabadikan momen yang hanya terjadi satu kali, sehingga memastikan untuk mendapatkan dua hasil gambar berkualitas tinggi pada waktu yang sama.
 

Audio Jernih

Untuk perekaman audio, kamera ini mampu merekam audio dalam kualitas suara 24-bit dengan dukungan input audio 4-saluran. Fitur input audio terbaru ini, membantu pengguna untuk menggabungkan mikrofon eksternal, internal, dan mikrofon lainnya untuk berbagai situasi seperti wawancara, perekaman suara di sekitar, hingga memo suara dari operator kamera.
 

Bodi Ringan, Durabilitas Tinggi

EOS R5 Mark II memiliki bodi dan eksterior yang terbuat dari magnesium alloy ringan yang kedap debu dan tetesan air. Bahan ini juga membuat berat bodi kamera ini hanya 746g (termasuk baterai dan kartu memori), dua kali lebih ringan dibanding dengan R5. 

Penggunaan magnesium alloy ringan juga membantu penyerapan panas yang lebih baik sehingga kamera menjadi tangguh dan tahan lama. Untuk memenuhi kebutuhan daya, EOS R5 Mark II ditenagai oleh baterai tipe LP-E6P. 

Meski bentuknya sama seperti baterai seri LP-E6 lainnya,  LP-E6P memiliki daya tahan lebih lama. Sementara itu terdapat dua slot memori, terdiri dari satu slot CFexpress Type B dengan standar CFexpress 2.0 dan satu slot SD Card UHS-II. 

Untuk konektivitas, terdapat HDMI full-size untuk output dan perekaman eksternal, serta konektor mikrofon dan headphone terpisah. Sementara konektivitas nirkabel terdapat teknologi Bluetooth Hemat Energi (BLE) 2,4GHz, Wi-Fi & Ethernet, serta image.canon Cloud.
 

Harga & Ketersediaan 

Genhype bisa memiliki Canon EOS R5 Mark II (body only) dengan harga Rp93,7 juta. Harga sudah termasuk PPN 11 persen. Sementara untuk kamera dengan paket lensa RF24-105mm f/4L IS USM dibanderol Rp117,8 juta.

Kendati demikian, Genhype bisa mendapatkan harga spesial promo launching selama pembelian tanggal 5 – 15 September 2024. Untuk Canon EOS R5 Mark II (body only) dijual dengan harga Rp71,9 juta. Sementara Canon EOS R5 Mark II dengan paket lensa RF24-105mm f/4L IS USM dibanderol Rp90,9 juta. Setiap pembelian kamera Canon EOS R5 mark II selama periode promo juga akan mendapatkan Homan CFExpress Type B 512 GB.

Baca juga: Adu Teknologi Kamera Mirrorless Sony Alpha 6700 vs Canon EOS R8, Genhype Pilih Mana?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Resep Chinese Food Mapo Tofu yang Lembut dan Gurih ala Chef Luvita Ho

BERIKUTNYA

Fakta Menarik Terowongan Silaturahmi yang Hubungkan Masjid Istiqlal & Gereja Katedral

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: