Kamera vlog (Sumber gambar: Pexels/Los Muertos Crew)

5 Rekomendasi Kamera yang Cocok untuk Vlogging

17 April 2022   |   16:28 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Konten video blog (vlog) hingga kini masih banyak diproduksi oleh kreator konten dan dinikmati masyarakat luas. Vlog saat ini juga telah memiliki jenis beragam mulai dari kegiatan harian, jalan-jalan, kuliner, dan ulasan produk serta lain sebagainya. 

Bagi kalian pembuat konten (content creators) atau yang ingin mulai membuat vlog untuk keperluan apa pun, memilih kamera digital yang tepat bisa sangat membantu proses pengambilan gambar yang lebih praktis dan mampu menghasilkan visual sesuai keinginan.

Beberapa fitur seperti layar flip-out, stabilisasi video yang baik, dan slot/input mikrofon merupakan hal yang cukup vital untuk mereka yang membuat vlog. Dirangkum Hypeabis.id, berikut ini adalah sejumlah rekomendasi kamera vlog yang bisa kalian pilih :
 

1. Sony ZV-1 

 
 
Sedari awal perilisan, Sony memang menghadirkan produk kamera Sony ZV-1 untuk para vlogger - meskipun bisa dipakai untuk keperluan lain. Untuk itu, perusahaan menghadirkan sejumlah fitur yang akan menunjang aktivitas vlogging

Ini termasuk port mikrofon eksternal, fokus otomatis RX100 VII, lensa 24-70mm f/1.8-2.8 yang bisa menangkap banyak cahaya. Selain itu, ada juga pelacakan Real-Time dan Eye AF terbaru perusahaan untuk menghasilkan video yang tetap tajam dan fokus. 

Harga: sekitar Rp9,5 juta 


2. Fujifilm X-S10 

 
 
Fujifilm X-S10 merupakan kamera mirrorless yang banyak dipakai kreator konten vlog karena kualitasnya. Kemampuannya untuk memakai berbagai lensa tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, sesuai dengan preferensi masing-masing. 

Akan tetapi, kamera ini punya spesifikasi yang bisa menunjang vlog dengan sensor X-Trans CMOS 4 26.1 MP dan X-Processor 4. Kamera juga mampu merekam hingga video 4K/30p dengan 6 stops of in-body stabilization, dan layar vari angle

Harga: sekitar Rp13,9 juta (body only


3. Panasonic Lumix G100 

 
 
Lumix G100 dari Panasonic adalah salah satu kamera yang banyak dipakai untuk keperluan video blog. Alasan utamanya karena kamera ini berukuran kompak/ringkas dan mudah dioperasikan dengan tombol yang berdekatan. Intinya kesederhanaan. 

Kendati begitu, ini juga dilengkapi dengan sejumlah fitur yang cocok untuk vlogger misalnya layar vari angle untuk melihat video saat perekaman hingga resolusi 4K, walaupun ada upaya cropping untuk itu. Salah satu kekurangan kamera ini adalah belum adanya sistem stabilisasi internal. 

Harga: sekitar Rp10,5 juta 


4. Canon EOS M50 Mark II 

 

Canon EOS M50 Mark II. (Sumber gambar: Canon Asia)

Canon EOS M50 Mark II. (Sumber gambar: Canon Asia)

 
Bagi banyak orang, Canon adalah kamera yang paling nyaman digunakan karena sudah umum. Salah satu yang cocok untuk keperluan vlog adalah kamera mirrorless hybrid Canon EOS M50 Mark II. 

Kamera ini dilengkapi dengan Dual Pixel AF, layar vari angle yang bisa disentuh (touchscreen). Ini juga dilengkapi dengan fitur perekaman resolusi 4K, tetapi dengan pemangkasan sehingga lebih disarankan merekam dalam format 1080p yang lebih kayar fitur. 

Harga: sekitar Rp10,5 juta


5. DJI Pocket 2 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by DJI (@djiglobal)

 
Bicara soal vlog, tak lengkap rasanya bila tidak memasukkan salah satu kamera poket atau kamera aksi (action cam) seperti DJI Osmo 2, yang telah mendapatkan banyak peningkatan dari seri pendahulunya. 

Salah satu kekuatan utama DJI Pocket adalah stabilisasi super mulus. Selain itu, produk ini juga punya sensor lebih besar, lensa lebih luas, dan mikrofon yang lebih baik, yang sangat cocok untuk keperluan video blog. Hanya saja, ini tidak memiliki jendela bidik dan layar kecil, yang bisa jadi pertimbangan bagi sebagian pengguna. 

Harga: sekitar Rp6 juta 

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Awas Kena Trik Halus Pemasaran lewat Praktik Greenwashing

BERIKUTNYA

Begini Cara Menunda & Menonaktifkan Update Windows 11 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: