EOS R6 Mark II, kamera terbaru dari Canon. (Sumber gambar : Canon)

Cek Fitur & Harga EOS R6 Mark II, Kamera Baru dari Canon Untuk Fotografer Aksi Cepat

16 December 2022   |   00:32 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Produk pencitraan digital Canon merilis seri terbaru EOS R6 yakni EOS R6 Mark II. Kamera dengan performa rekam video berkualitas tinggi 6K RAW dan kecepatan continuous shooting 40 fps ini disinyalir bakal menjadi idaman para fotografer dan videografer.

EOS R6 Mark II resmi hadir di Indonesia Kamis, 15 Desember 2022. “Hadirnya EOS R6 Mark II mendobrak keterbatasan yang ada pada generasi sebelumnya. Kamera ini dirancang untuk kebutuhan profesional dengan teknologi terbaru yang memberikan keleluasaan berkreativitas baik foto atau videografi,” ujar Business Unit Director PT Datascrip Monica Aryasetiawan dalam keterangan resminya.

Dia menjabarkan EOS R6 Mark II memiliki kemampuan videonya yang dapat merekam RAW 6K 60p, Canon Log 3, hingga perekaman slow motion High Frame Rate Full HD 180p. Kamera ini juga didukung dengan manajemen panas yang lebih baik. “Bagi fotografer aksi cepat juga bisa mendapatkan foto beruntun dengan kecepatan 40 fps pada mode electronic shutter dengan AF/AE tracking, yang tercepat dalam sistem kamera EOS,” jelasnya.

Baca juga: Ingin Belajar Kamera Analog, Yuk Simak 5 Tip Ini Agar Hasil Foto Kalian Lebih Estetik

EOS R6 Mark II turut dibekali dengan prosesor DIGIC X dan sensor gambar CMOS full-frame terbaru 24,2 megapiksel, lebih tinggi dari EOS R6 dengan 20,1 megapiksel. Sensor ini memiliki tingkat ketajaman yang melampaui resolusi visual 30,4 megapiksel dari EOS 5D Mark IV. Kemampuan membidik di kondisi minim cahaya juga bisa diandalkan dengan rentang ISO hingga 102.400 untuk menghasilkan gambar yang minim noise.

Menurut Monica, ini adalah kamera full-frame mirrorless Canon EOS seri R pertama yang memiliki fitur Focus Breathing Correction. Fitur ini berfungsi untuk mengurangi perubahan sudut pandang yang tidak diinginkan selama transisi fokus. 

Focus Breathing Correction memberikan kontrol yang lebih besar terhadap transisi fokus yang sangat penting untuk ekspresi subjek. Mode HDR “Moving Subject Priority” juga telah ditambahkan untuk membantu mengatasi kesulitan dalam membuat gabungan HDR dari subjek bergerak dengan efek yang sama hanya dengan satu bidikan. 

Selain dilengkapi dengan Zebra Display untuk memudahkan pengaturan pola gambar bergaris dengan tingkat kecerahan tertentu, kamera ini memiliki False Colour Function yang digunakan pada kamera Cinema EOS untuk memudahkan pencahayaan dalam kondisi sulit. 

Kemudian ada dua fitur video baru yang bisa didapatkan pada kamera ini. Pertama pre-recording for movies yang membantu pengguna untuk menangkap momen yang terjadi hingga 5 detik sebelum tombol rekam ditekan. Kedua, mode Hybrid Auto, fitur ini merekam video 2-4 detik sebelum pelepasan rana saat pemotretan, dan secara otomatis menjadi file video pendek yang bisa dikompilasi menjadi konten yang menarik. 

Pengguna EOS R6 Mark II juga dapat melakukan video streaming atau rapat online dengan lancar menggunakan kamera ini karena telah mendukung UVC (USB Video Class) dan UAC (USB Audio Class). Fitur ini mampu mengirimkan data audio video kualitas tinggi Full HD 30p ke komputer Windows/Mac OS secara cepat dan real time.

Ada pula menu Quick Control pada layar yang serupa dengan kamera Canon EOS Cinema, dengan tampilan antarmuka yang intuitif membuat pengguna lebih mudah dan cepat dalam mengoperasikan kamera. Ditambah lagi dengan tombol switch baru di bagian kiri kamera yang berfungsi untuk mengganti dari mode foto ke video dengan cepat.

Pengguna juga lebih fleksibel untuk memutuskan subjek yang akan dideteksi dengan mode baru "Auto Subject Detections" yang membantu pengguna secara otomatis mendeteksi lebih dari satu jenis subjek dalam bingkai yang sama. Kemampuan AF pun ditambahkan dan dapat mendeteksi kuda, kereta api, serta pesawat, yang bekerja dengan algoritma Artificial Intelligent (AI). 

Tidak berhenti di situ, kini mode Eye Detection AF dapat menentukan prioritas mata kanan atau kiri saat pengambilan gambar foto atau video. Peningkatan performa deteksi AF ini berkat teknologi Deep Learning yang ditingkatkan ke pelacakan subjek. Kamera dapat mempertahankan pelacakan yang konsisten bahkan dengan perubahan postur, orientasi atau kecerahan sekitar. “Ini dapat diterapkan pada subjek hewan, kendaraan, dan subjek lain pilihan pengguna untuk foto dan video,” sebut Monica menjabarkan.

Baca juga: Kenalan dengan Sony Cinema Line FX30, Kamera Sinematografi yang Simpel untuk Pemula

Fitur baru lain pada EOS R6 Mark II ini yaitu mode AI Focus AF yang secara otomatis mendeteksi gerakan subjek dan beralih antara mode One-Shot AF dan Servo AF. Hal ini menghadirkan respons yang lebih baik terhadap subjek yang bergerak. Ada juga Digital Teleconverter untuk meningkatkan panjang fokus 2x atau 4x dengan satu sentuhan tombol, menghadirkan respons cepat terhadap momen pemotretan telefoto tak terduga tanpa perlu mengganti lensa.

Kamera ini dilengkapi dengan perekaman In-Body IS dan fitur Digital Lens Optimizer (DLO) Untuk menghindari penurunan kualitas gambar karena aberasi optik dan blur. EOS R6 Mark II ditanamkan teknologi 5-axis In-Body IS (Image Stabilizer) yang dapat mencapai stabilisasi gambar hingga 8 stop selama perekaman video dan foto.

Kecepatan transfer data melalui koneksi nirkabel juga meningkat berkat dukungan koneksi Wi-Fi 2.4GHz. Pengguna juga bisa menghubungkan kamera dengan smartphone melalui kabel USB untuk transfer data dan shutter release menggunakan aplikasi Camera Connect. Transfer data ke server FTP juga bisa dilakukan melalui metode kabel dan nirkabel. 

Soal bodi, EOS R6 Mark II yang menyediakan dua slot kartu SD ini dilapisi material tahan debu dan air sehingga dapat diandalkan saat pengambilan gambar di luar lapangan dengan kondisi tertentu. Efisiensi penggunaan daya pada kamera ini juga meningkat. Baterai LP-E6NH dalam kondisi penuh dapat menghasilkan 760 foto pada mode Power Saving, lebih banyak dibanding dengan EOS R6 dengan 510 foto pada mode yang sama.   

Buat Genhype yang tertarik, EOS R6 mark II Bodi dibandrol dengan harga Rp51,5 juta dan EOS R6 mark II RF 24-105mm F/4 – 7,1 IS STM sebesar Rp56,9 juta. Namun PT Datascrip selaku distributor memberikan promo menarik dari 15 Desember 2022 - 15 Januari 2023. Untuk EOS R6 mark II Bodi, menjadi Rp44,9 juta dan EOS R6 mark II RF 24-105mm F/4 – 7,1 IS STM sebesar Rp 49,9 juta.  Bonus baterai LP-E6NH dan garansi 3 tahun. 

Baca juga: Yuk Berburu Kamera Terkini dan Perdalam Ilmu Fotografi Gratis di DOSS Vaganza


Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Hadirkan GoCar Luxe, Gojek Janjikan Kenyamanan Ekstra Untuk Penumpang

BERIKUTNYA

Canon Rilis Lensa Telefoto Medium & Speedlite Ciamik, Cek Spesifikasinya Yuk!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: