Mapo Tofu chinese food yang cukup simpel (Sumber foto: YouTube/Luvita Ho)

Resep Chinese Food Mapo Tofu yang Lembut dan Gurih ala Chef Luvita Ho

07 September 2024   |   21:00 WIB
Image
Yohanis Paiman Londong Mahasiswa Universitas Budi Luhur

Mapo Tofu merupakan kuliner asal China, tepatnya dari Provinsi Sichuan yang terkenal karena rasanya yang kaya dan kombinasi tekstur yang unik antara tofu yang lembut dan daging cincang. Hidangan ini menonjolkan tofu (tahu) sebagai bahan utamanya, disajikan dengan saus kental yang agak sedikit pedas.

Biasanya Mapo Tofu terdiri dari potongan tofu yang lembut dan daging sapi cincang, dimasak dalam campuran saus yang kaya bumbu. Mapo Tofu umumnya disajikan panas dengan nasi putih, tetapi juga bisa dinikmati bersama dengan mie atau sebagai hidangan pendamping dalam sebuah menu sajian.

Baca juga: Resep Dessert Box Coklat ala Chef Devina Hermawan, Rasa Premium Bahan Minimarket

Beberapa restoran Chinese Food di Jakarta menyajikan menu ini dalam daftar sajian utamanya. Namun buat Genhype yang hobi berkreasi lewat memasak, resep Mapo Tofu ini sebenarnya cenderung praktis untuk dimasak di rumah, yang bisa menjadi variasi masakan dalam menu sehari-hari.

Berikut resep Mapo Tofu ala Chef Luvita Ho yang dilansir dari channel YouTube miliknya:

Bahan-bahan
- 2 Sdm Minyak 
- 1 Firm Tofu
- 2 Bawang Putih
- 1 Batang Daun bawang
- 150 Gram Daging sapi cincang
- 1 1/2 Sdm Doubanjiang
- 1 Sdt Chili flakes (direkomendasikan Lada Sichuan)
- 230 Ml Air
- 1 Sdm Saus tiram
- 1 Sdt Dark soy sauce
- 1 Sdt Gula
- 1/2 Sdt Garam (kalian bisa sesuaikan)
- 1 Sdm Maizena + 2 Sdm air
- 1 Sdt Minyak wijen

Langkah-langkah membuat Mapo Tofu
1. Langkah pertama mulai dari mempersiapkan bahan mulai dari, potong tofu menjadi dadu kecil, lalu cincang halus bawang putih dan daun bawang, dan siapkan daging sapi cincang.

2. Lalu untuk menumis. Pertama, panaskan minyak dalam wajan besar dengan api sedang, lalu tumis bawang putih hingga harum sekitar 1 menit. Jangan lupa tambahkan daun bawang dan tumis selama 1-2 menit hingga layu.

3. Untuk memasak daging sapi, tambahkan daging sapi cincang ke dalam wajan. Masak hingga daging berubah warna dan matang sepenuhnya, sekitar 5-7 menit. Lalu masukkan bahan penyedap doubanjiang dan chili flakes. Aduk rata dan masak selama 1-2 menit agar bumbu tercampur dengan daging.

4. U membuat sausnya. Pertama, tuangkan air ke dalam wajan dan aduk hingga merata. Lalu tambahkan saus tiram, dark soy sauce, gula, dan garam. Aduk hingga semuanya tercampur rata dan mendidih.

5. Jangan lupa memasukkan potongan tofu ke dalam wajan, dan aduk hati-hati agar tofu tidak hancur dan merata dalam saus. Biarkan campuran ini mendidih dengan api kecil selama 5-7 menit agar tofu menyerap rasa saus.

6. Untuk mengentalkan saus campurkan maizena dengan 2 sdm air hingga larut, lalu tuangkan campuran maizena ke dalam wajan sambil diaduk hingga saus mengental yang dimasak selama 1-2 menit.

7. Untuk penyajian, Mapo Tofu bisa disajikan dengan nasi putih atau sebagai hidangan utama lainnya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Santap Kuliner Glamor Tengah Kota di The Coach Restaurant

BERIKUTNYA

Dijual Mulai Rp90 Jutaan, Intip Fitur Menarik Kamera Mirrorless Canon EOS R5 Mark II

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: