Kamera mirrorless EOS R10 (kiri) dan EOS R7 (kanan). (Sumber gambar: Canon/Datascript)

Simak Spesifikasi Kamera Mirrorless Canon EOS R7 & EOS R10, Rilis 25 Agustus 2022

24 August 2022   |   16:35 WIB

Like
Seri kamera mirrorless EOS R dari perusahaan produk pencitraan digital Canon kembali hadir dengan dua variasi model terbaru, yaitu EOS R7 dan EOS R10. Berbeda dengan beberapa kamera dalam seri sebelumnya, kedua seri ini memiliki sensor gambar APS-C yang pertama kali diaplikasikan dalam sistemnya.

Produk yang rencananya akan rilis pada pekan ini tersebut memiliki sejumlah pembaruan pada desain maupun fitur di dalam sistem yang berbeda dengan beberapa variasi dalam seri ini seperti EOS R3, EOS R6, dan EOS R5. Pembaruan ini hadir dalam segi bodi kamera serta beberapa fitur pendukung dalam pengambilan gambar dan video.

EOS R7 dan EOS R10 sama-sama memiliki sensor CMOS APS-C dan prosesor DIGIC X yang hadir untuk pertama kali dalam seri EOS R serta komponen fitur AutoFocus (AF) EOS iTR AF X yang dibawa dari varian kamera EOS R3. Fitur ini sendiri bermanfaat dalam deteksi subjek secara otomatis melalui data gambar seperti rona, warna, dan bentuk subjek.

Baca juga Ini Loh Kelebihan & Kekurangan Kamera Digital

Kamera mirrorless EOS R7 (kiri) dan EOS R10 (kanan). (Sumber gambar: Canon Indonesia)

Kamera mirrorless EOS R7 (kiri) dan EOS R10 (kanan). (Sumber gambar: Canon/Datascript)


Lalu, kedua kamera ini sama-sama didukung dengan teknologi Dual Pixel CMOS AF II untuk fokus otomatis yang lebih cepat, responsif, dan akurat pada sebuah subjek. Keduanya sama-sama dilengkapi dengan efek telephoto yang mendukung pengambilan gambar pada subjek yang bergerak seperti hewan atau kendaraan.

Efek ini sendiri dilakukan seolah-olah kamera memiliki tambahan yang ada di dalam bodi kamera, di mana fitur ini bermanfaat bagi fotografer dan videografer yang mengambil subjek bergerak seperti satwa liar atau subjek lain yang membutuhkan focal length panjang. hingga 1,6 kali dari focal length pada lensa.

Baca juga5 Rekomendasi Kamera yang Cocok untuk Vlogging

Dalam segi pengambilan gambar berkecepatan tinggi, keduanya hadir dengan dua mode: Mekanik (Mechanic Shutter) dan Elektronik (Electronic Shutter). Meski sama-sama memiliki mode mekanik dengan kecepatan 15 frame per detik (fps), keduanya justru memiliki perbedaan dalam mode Electronic Shutter.

EOS R7 memiliki kemampuan memotret secara beruntun dengan kecepatan 30 fps dan resolusi 32,5 MP, sedangkan EOS R10 memiliki performa yang lebih rendah dengan kecepatan sebanyak 23 fps dan resolusi sebesar 24,2 MP. Namun, keduanya masih mendukung sistem pengambilan gambar berformat RAW dengan resolusi maksimal pada 30 fps.
 

Fitur pengambilan video

Dalam segi pengambilan gambar video, EOS R7 dan EOS R10 memiliki perbedaan pada dukungan resolusi hingga sistem perekaman. Dalam EOS R7, kamera ini memiliki mode 4K UHD Fine yang merupakan sistem perekaman yang menghasilkan video beresolusi 4K UHD 30p dengan oversampling dari format 7K.

Kamera ini juga memiliki sistem perekaman dalam mode 4K 60p uncropped yang bisa dilakukan dengan moode standar 4K UHD. Menariknya, seri EOS R7 merupakan kamera pertama yang mendukung sistem Canon Log 3 yang berperan dalam proses pasca produksi seperti gradasi warna (grading) dan produksi video HDR.

Tidak hanya itu, ada juga dukungan pada stabilisasi gambar atau Image Stabilizer dengan teknologi 5-axis In-Body IS: Image Stabilizer Body, Image Stabilizer Optical, dan Image Stabilizer Movie Digital. Elemen ini mendukung hasil video yang lebih stabil hingga 8 stop selama perekaman foto dan video, bahkan saat bergerak cepat seperti saat berkendara dan saat berlari.

Di sisi lain, EOS R10 cenderung memiliki fitur dan sistem pengambilan gambar yang serupa dengan R7 tapi dengan beberapa penyesuaian yang lebih ringkas. Meski sama-sama mendukung teknologi stabilisasi gambar 5-axis In-Body IS, R10 justru hanya memiliki Digital IS sebagai pendamping dalam mendukung gambar dan video yang stabil.

Baca jugaCanon Luncurkan Kamera Seharga Rp117 Juta, Apa Kelebihannya?

Terlepas dari sejumlah perbedaan, EOS R7 dan EOS R10 memiliki beberapa fitur dan teknologi yang mendukung pengambilan gambar, misalnya Mode Panorama Shot Scene, Mode Panning Scene, dan Mode Depth Compositing. Beberapa fitur ini membantu mengambil subjek dengan teknik tertentu yang membuat foto menjadi lebih baik secara kualitas dan fokus.
 

Lensa kit untuk Seri EOS R

 

Lensa kit RF-S18-150mm (kiri) dan RF-18-45mm (kanan). (Sumber gambar: Canon/Datascript)

Lensa kit RF-S18-150mm (kiri) dan RF-18-45mm (kanan). (Sumber gambar: Canon/Datascript)
 

Bersamaan dengan rilisnya dua varian kamera ini, ada juga dua jenis lensa yang hadir pada peluncurannya. Dua lensa ini adalah lensa kit RF-S18-45mm f/4.5-6.3 IS STM dan RF-S18-150mm f/3.5-6.3 IS STM. Keduanya sama-sama mendukung fotografi dengan focal length setara 29.72mm pada kamera full-frame untuk RF-S18-45mm dan focal length setara 29-240mm untuk pada kamera full-frame untuk RF-S18-150mm.

Harga dari kamera mirrorless EOS R7 dibanderol dengan harga Rp25,17 juta untuk bagian bodi dan Rp31,22 juta untuk pembelian bersama dengan lensa RF-S18-150mm f/3.5-6.3 IS STM. Sementara itu, EOS R10 dibanderol dengan harga Rp16,62 juta untuk body, Rp18,630 untuk pembelian dengan lensa kit RF-S18-45mm f/4.5-6.3 IS STM, serta Rp23,16 untuk pembelian dengan lensa RF-S18-150mm f/3.5-6.3 IS STM.

Sementara itu, harga lensa RF-S18-45mm f/4.5-6.3 IS STM terpisah dijual dengan harga Rp5,36 juta dan lensa RF-S18-150mm f/3.5-6.3 IS STM dijual sebesar Rp8,58 juta. Perlu Genhype catat, semua harga dari produk yang akan rilis pada Kamis (25/8/2022) ini merupakan harga yang belum termasuk dengan PPN.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

6 Rekomendasi Film & Serial yang Tayang September 2022 di Disney+ Hotstar

BERIKUTNYA

Tingkatkan Kualitas Layanan Instalasi Gawat Darurat, Eka Hospital Gandeng RS Terbaik di AS

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: