Didiet Maulana (Sumber Foto: Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)

Keindahan Noken dari Bumi Wamena Karya Didiet Maulana Hadir di PIMFW 2024

03 September 2024   |   08:07 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

IKAT Indonesia by Didiet Maulana mempersembahkan koleksi terbarunya yang berjudul Love Letter For Wamena pada hari pertama pekan mode Plaza Indonesia Men Fashion Week (PIMFW) 2024 pada Senin (2/9/2024).

Presentasi mode Love Lettee For Wamena dibagi menjadi tiga sequence, merepresentasikan atmosfer pagi, siang, dan malam di Wamena. Pagi yang berkabut diperlihatkan dengan latar jingga, siang yang cerah berlatar biru seperti langit, dan malam hari menampilkan nuansa merah yang romantis.

"Koleksi ini terinspirasi dari perjalanan saya ke Wamena, Papua," kata Didiet Maulana, di PIMFW 2024.

Baca juga: Cerita Para Desainer Persiapkan Koleksi Busana Modest untuk IN2MF In Paris 2024

Didiet memaparkan, pagi hari di Wamena tampak cantik diselimuti kabut, bahkan suhunya mencapai 8-12 derajat. Selama di sana dia banyak berinteraksi dengan penduduk setempat dan memperhatikan keseharian mereka.
 

Didiet Maulana mengenakan Noken (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Didiet Maulana mengenakan Noken (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)


Salah satu yang menarik perhatian Didiet adalah noken, tas tradisional masyarakat Papua yang terbuat dari serat kulit kayu. Ciri khas rajutan noken Papua Pegunungan di Wamena, yakni memiliki jalinan yang berbentuk seperti angka delapan.

"Kali ini Noken ditampilkan sebagai aksesoris pria dalam koleksi Love Letter For Wamena," kata Didiet.

Selain sebagai tas, biasanya noken ukuran besar digunakan di kepala oleh ibu-ibu untuk menggendong anak mereka. Di samping noken, Didiet Maulana juga menampilkan aksesori kalung dari batang anggrek yang dikenakan para model
 

Koleksi Love Letter For Wamena (Sumber Foto: Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti

Koleksi Love Letter For Wamena (Sumber Foto: Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti


Terdiri dari 30 looks, IKAT Indonesia banyak mengeksplorasi potongan kasual seperti atasan kaos, kemeja dan blazer, bawahan celana pendek dan panjang. Di samping busana menswear, ada juga beberapa busana wanita seperti gaun-gaun resortwear dan swimwear.

Didiet Maulana memaparkan, proses kreatif pembuatan koleksi Love Letter to Wamena berlangsung singkat selama satu bulan. IKAT Indonesia juga banyak mengeksplorasi tenun koleksi spesial mereka. Adapun warna-warnanya menggunakan nuansa earth tone, terinspirasi dari tanah dan bumi Wamena.

"Warna corak dan motifnya, dari ketiga sequence tersebut, makin akhir makin bold tampilannya," papar Didiet.

Adapun koleksi Love Letter For Wamena keluaran IKAT Indonesia by Didiet Maulana ditampilkan di hari pertama pekan mode Plaza Indonesia Men's Fashion Week (PIMFW) 2024 yang diselenggarakan pada 2-7 September 2024 di The Warehouse, Plaza Indonesia, Level 5,

Berlangsung selama 6 (enam) hari, PIMFW 2024 akan menghadirkan sebanyak 22 show bersama desainer, serta jenama lokal dan internasional. Acara ini akan menjadi momentum bagi para desainer dan brand serta penggemar mode untuk menikmati perayaan gaya dan maskulinitas pria modern yang terus berkembang di tengah perubahan tren global.

Baca juga: Dian Pelangi Hadirkan Koleksi Street Style Parisian dengan Sentuhan Wastra di IN2MF di Paris

Membawa tema Modern Gentleman, PIMFW 2024 tak sekadar tema, melainkan sebuah manifesto gaya yang menegaskan kembali pria modern sebagai sosok yang penuh percaya diri, berwawasan luas, dan selalu tampil prima.

PIMFW 2024 akan menjadi ajang bagi para desainer dan brand, baik lokal maupun internasional, yang akan mempersembahkan dan memamerkan koleksi-koleksi terbaru mereka yang terinspirasi dari berbagai tren men’s wear dengan sentuhan khas yang merefleksikan esensi pria masa kini.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Tiket Tur Konser Reuni Oasis di Inggris & Irlandia Ludes Terjual

BERIKUTNYA

Cek Harga Sewa Kapal Pinisi dan Fasilitas Mewahnya Untuk Berlayar di Labuan Bajo

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: