JKT48 (Sumber gambar: Instagram/jkt48)

JKT48 Rilis MV Saatnya Kesempatan, Lagu Tema Ajang Sousenkyo 2024

02 September 2024   |   15:07 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Grup idola JKT48 kembali mengeluarkan music video (MV) untuk sebuah lagu teranyar mereka bertajuk Saatnya Kesempataan. Lagu berjudul asli Chance no Junban itu juga sekaligus menjadi penanda ajang Senbatsu Sousenkyo 2024 telah dimulai.

Senbatsu Sousenkyo adalah ajang pemilihan member untuk single ke-26 JKT48. Ajang yang mekanismenya mirip pemilihan umum itu mengusung tema besar Saatnya Kesempatan – Chance no Junban. Tema tersebut sekaligus adalah lagu yang menjadi official theme song Senbatsu Sousenkyo 2024.

Baca juga: Mantan JKT48 Sisca Saras Comeback Solo Karier lewat Single Terbawa Suasana

Single Saatnya Kesempatan yang menjadi lagu event Sousenkyo ini telah dirilis resmi di semua platform streaming pada 2 September 2024. Lagu ini diharapkan tidak hanya penyemarak suasana, tetapi juga menjadi harapan bagi member maupun penggemar untuk memanfaatkan event ini sebaik-baiknya.

Sebagai official theme song Senbatsu Sousenkyo 2024, single Saatnya Kesempatan telah menghadirkan musik memikat sejak awal-awal lagu dimulai. Lagu ini membawa karakter cukup upbeat, dengan permainan ketukan drum yang kental.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by JKT48 (@jkt48)


Lagu ini juga mempertahankan salah satu ciri khas dari JKT48, yakni terkait pilihan lirik yang apik. Lagu yang versi Jepangnya telah mendapat sertifikat tiga platina dari RIAJ karena angka penjualan fisiknya yang populer ini, punya lirik yang menyentuh dan penuh makna.

Melalui liriknya, lagu ini mencoba menyampaikan pesan tentang betapa pentingnya setiap orang untuk pantang menyerah ketika mengejar impian. Lewat lagu ini, JKT48 mencoba mengingatkan bahwa setiap orang pada saatnya nanti pasti akan memiliki kesempatan masing-masing.

Kemudian, lagu ini juga mencoba berbicara soal tak ada kata terlambat, yang ada hanyalah menunggu hingga waktu itu tiba. Salah satu makna ini ditekankan dalam reff berlirik “Seperti batu, gunting, kertas, takdir kan terus berputar. Jika sampai sekarang belum mendapat, berikutnya kesempatanmu”

Secara konsep, lirik-lirik pantang menyerah itu juga berhasil diterjemakan dengan baik lewat visual di versi MV. Music video itu dimulai dari momen-momen mengharukan ketika para member akhirnya mendapat kesempatan untuk tampil pada ajang Senbatsu Sousenkyo.

Kemudian, MV tersebut menggambarkan perjuangan para member JKT48 yang juga tengah berupaya mencapai apa yang sudah diraih oleh generasi terdahulu.


51 Member Inti JKT48 dan Trainee Bersaing Ketat

Setelah 5 tahun vakum, JKT48 akhirnya kembali menggelar ajang Senbatsu Sousenkyo. Dalam ajang ini, para fan memiliki kesempatan untuk memilih member JKT48 favorit mereka yang akan menjadi senbatsu, yakni member yang akan membawakan lagu utama single terbaru JKT48.

JKT48 sudah memberikan pernyataan resmi bahwa tahun ini ada 51 member inti dan trainee yang akan berpartisipasi. Dari jumlah tersebut, 24 member dengan posisi teratas akan membawa pulang piala sousenkyo.

Member peringkat 1-12 adalah senbatsu utama yang akan membawakan lagu serta music video single ke-26 JKT48. Adapun member posisi 13-24 atau kerap disebut undergirls, akan membawakan coupling song dari single utama.

“Melalui event ini, kalian dapat turut berpartisipasi memberikan dukungan kepada member favorit kalian untuk mendapatkan posisi di Senbatsu maupun Undergirls,” tulis manajemen JKT48 melalui laman resminya.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by JKT48 (@jkt48)


Para penggemar yang ingin melakukan voting demi mendukung oshi (member JKT48 favoritnya) mesti terlebih dahulu memiliki kode voucer terlebih dahulu. Kode voucer ini didapat setelah penggemar membeli produk atau layanan tertentu dari JKT48.

Baca juga: Ternyata Ini yang Bikin Jeane Dikeluarkan dari JKT48

Event Senbatsu Sousenkyo selalu jadi momen bersejarah bagi member maupun penggemar JKT48. Sejauh ini, baru ada empat member yang pernah duduk menempati posisi pertama.

Mereka ialah Melody Nurramdhani Laksani pada 2014, Jessica Veranda pada 2015 serta 2016, Cindy Yuvia pada 2018, dan Shani Indira Natio pada 2017 serta 2019.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Cek Bocoran Spesifikasi Tecno SPARK 30C yang Bakal Hadirkan Varian 4G dan 5G

BERIKUTNYA

Mengenal Apa itu Perjalanan Apostolik Paus Fransiskus

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: