Final Fantasy Brave Exvius tutp pada 30 Oktober 2024 (Sumber gambar: IG/ffbe_mog)

Game Final Fantasy Brave Exvius Bakal Ditutup, Square Enix Beri Penjelasan Ini

31 August 2024   |   20:24 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Perusahaan pengambang game Square Enix memutuskan untuk menutup layanan aplikasi permainan Final Fantasy Brave Exvius pada 30 Oktober 2024. Permainan yang pertama kali rilis pada 30 Juni 2016 itu mengakhiri perjalanannya setelah 8 tahun bertahan sehingga membuat banyak pemain merasa kecewa.

Tim developer gim Final Fantasy Brave Exvius menyampaikan kabar tersebut melalui sejumlah media sosial resminya. Salah satunya di Instagram dengan akun @ffbe_mog.

“Terima kasih telah bermain Final Fantasy Brave Exvius. Dengan menyesal kami mengumumkan bahwa kami telah membuat keputusan sulit untuk menghentikan layanan aplikasi Final Fantasy Brave Exvius per 30 Oktober 2024 23:59 [PDT],” demikian tertulis.

Baca juga: Game Suikoden I & II HD Remaster Gate Rune and Dunan Unification Wars Rilis Maret 2025

Tim developer gim Final Fantasy Brave Exvius memohon maaf kepada pengguna yang telah lama menikmati gim tersebut, dan menyatakan pula bahwa keputusan penutupan itu tidak mudah. Di sisi lain, mereka juga berterima kasih atas dukungan yang diterima dari para penggemar game petualangan itu.

Tim pengembang mengungkapkan bahwa mereka telah berusaha memberikan pengalaman bermain yang luar biasa dan menyenangkan bagi para pemain setiap harinya, sejak peluncurannya pada 30 Juni 2016. Meskipun begitu, mereka harus sampai kepada kesimpulan bahwa akan sulit untuk terus mempertahankan pengalaman aplikasi untuk game tersebut.

Dengan begitu, tim developer gim Final Fantasy Brave Exvius memutuskan untuk mengakhiri layanan aplikasi. Tim pengembang pun meminta penggemarnya untuk memerhatikan sejumlah hal pada saat mendekati akhir layanan aplikasi.

Pertama, user dapat terus menggunakan layanan yang ada sampai aplikasi berakhir, meskipun layanan penjualan telah berakhir dengan pengumuman resmi yang dikeluarkan oleh tim developer.

Kedua, acara dalam gim akan terus mengalami pembaruan hingga layanan aplikasi berakhir meskipun waktu permainan tinggal 2 bulan. Ketiga, tim akan menghapus semua akun pengguna untuk bermain gim tersebut setelah layanan aplikasi usai.

Langkah pengembang memutuskan untuk menutup layanan aplikasi gim tersebut membuat banyak pemain kecewa. Mereka menuliskan kesedihannya di kolom komentar pengumuman di Instagram tersebut.

Sejumlah penggemar meminta tim pengembang membuat gim Final Fantasy Brave Exvius membuat versi luring atau offline, sehingga para penggembar permainan ini masih bisa memainkannya meskipun layanan aplikasi sudah berakhir.

Baca juga: Cek Spesifikasi dan Fitur Game Terbaru Call of Duty: Black Ops 6

Sementara itu, beberapa pengguna Instagram lainnya mengungkapkan bahwa permainan ini telah membantu mengatasi masa-masa sulit ketika kecil. Final Fantasy Brave Exvius telah memberikan banyak kesenangan.

Tidak hanya itu, salah satu pengguna mengungkapkan akan selalu menjadi penggemar permainan ini meskipun pengembang memutuskan untuk menghentikannya.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Saatnya Mengangkat Kasta Kuliner Lokal di Kancah Global

BERIKUTNYA

Perupa Lini Natalini Widhiasi Pameran Tunggal di Galeri Nasional Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: