Content Manager Assistant (CMA) Foto Bisnis Indonesia Nurul Hidayat (dari kiri), CMA Foto Bisnis Indonesia Abdullah Azzam, Photography Enthusiast Stephanus Hannie, dan Chief Photographer for Indonesia - European Pressphoto Agency Mast Irham selaku Dewan Juri berbincang saat penjurian lomba foto Wajah Indonesia di Wisma Bisnis Indonesia, Jakarta, Kamis (29/8/2024). (Sumber gambar: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Ssst, Ini Dia Bocoran Pemenang Lomba Foto, Angkat Keunikan ‘Wajah’ Indonesia

29 August 2024   |   20:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Jelang pengumuman pemenang Lomba Foto Wajah Indonesia 2024 pada 9 September mendatang, Genhype tentu sudah nggak sabar kan untuk melihat siapa pemenangnya. Nah biar ngga penasaran, kali ini ada sejumlah bocoran yang disampaikan oleh para juri mengenai foto-foto unggulan yang berhasil memikat hati mereka dan menjadi pemenang.

Terdapat 925 karya foto dari 241 peserta yang masuk dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Hypeabis.id, website gaya hidup, bagian dari Bisnis Indonesia Group ini dengan sorotan khusus pada keberagaman budaya Nusantara.

Mast Irham, Chief Photographer for Indonesia – European Pressphoto Agency mengatakan,  beberapa foto yang masuk ke dalam daftar pemenang bisa menonjol karena kemampuannya menampilkan karakter budaya yang unik dan belum banyak terekspos.

Baca Juga: Lomba Foto Wajah Indonesia: Tantangan Juri Memilih Juara dari 900-an Karya

 

Hypeabis.id/Arief Hermawan P  Chief Photographer for Indonesia - European Pressphoto Agency Mast Irham selaku Dewan Juri selaku Dewan Juri menyampaikan ulasan saat penjurian lomba foto Wajah Indonesia di Wisma Bisnis Indonesia, Jakarta, Kamis (29/8/2024).

Chief Photographer for Indonesia - European Pressphoto Agency Mast Irham selaku Dewan Juri selaku Dewan Juri menyampaikan ulasan saat penjurian lomba foto Wajah Indonesia di Wisma Bisnis Indonesia, Jakarta, Kamis (29/8/2024). (Sumber Foto: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)



"Foto-foto yang terpilih sebagai pemenang kali ini banyak yang mengangkat tema budaya dari daerah-daerah yang jarang terekspos. Salah satu foto yang sangat menarik berhasil menangkap momen yang sangat khas, menampilkan karakter budaya yang unik dan ada unsur jenakanya, dengan teknik fotografi yang sangat bagus," ungkap Mast Irham.

Selain itu, dari ratusan foto yang masuk para juri juga telah menentukan beberapa kriteria yang membuatnya menjadi pemenang. Yakni memiliki daya tarik visual  mulai dari komposisi yang menarik, penggunaan cahaya yang ciamik, hingga warna-warna yang harmonis. Selanjutnya kreativitas dengan ide pengambilan gambar yang unik. Menurut Mast Irham, ide yang segar dan belum sering dilihat akan lebih berkesan di mata juri dibandingkan ide yang sudah berulang kali muncul di kompetisi lain.

 

Dewan Juri berbincang saat penjurian lomba foto Wajah Indonesia di Wisma Bisnis Indonesia, Jakarta, Kamis (29/8/2024). Hypeabis.id/Arief Hermawan P

Dewan Juri berbincang saat penjurian lomba foto Wajah Indonesia di Wisma Bisnis Indonesia, Jakarta, Kamis (29/8/2024). Hypeabis.id/Arief Hermawan P



“Foto yang berhasil memikat juri biasanya adalah foto yang memiliki keunikan dan mampu menceritakan sesuatu yang baru dengan mengeksplorasi tema-tema yang belum banyak terekspos,” ucapnya.

Sebagai sebuah lomba foto, tentu saja teknis fotografi menjadi salah satu kriteria penting. Hal lain yang dinilai adalah kesesuaian foto dengan tema. Menurutnya,foto yang sesuai dengan tema tidak hanya menambah poin dalam penilaian, tetapi juga memperlihatkan kemampuan fotografer dalam menginterpretasikan tema tersebut secara visual.

Sementara itu, Stephanus Hannie, seorang enthusiast fotografi yang juga menjadi juri, mengungkapkan dengan banyaknya karya yang masuk, pihak dewan juri menentukan foto sejalan dengan tema yakni ‘Wajah Indonesia’.

 

Hypeabis.id/Arief Hermawan P  Photography Enthusiast Stephanus Hannie selaku Dewan Juri menyampaikan ulasan saat penjurian lomba foto Wajah Indonesia di Wisma Bisnis Indonesia, Jakarta, Kamis (29/8/2024).

Photography Enthusiast Stephanus Hannie selaku Dewan Juri menyampaikan ulasan saat penjurian lomba foto Wajah Indonesia di Wisma Bisnis Indonesia, Jakarta, Kamis (29/8/2024). (Sumber Foto: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)


“Tema 'Wajah Indonesia' menjadi panduan utama kami dalam menentukan pemenang. Foto yang berhasil menang biasanya memiliki cerita yang kuat, dan menampilkan wajah Indonesia yang beragam," jelasnya.

Dia pun membocorkan salah satu foto yang diperkirakan akan memenangkan kategori utama yakni foto yang menggambarkan sosok dengan dedikasi tinggi terhadap pelestarian budaya tradisional.

"Foto ini sangat kuat secara emosional dan teknis. Ini adalah salah satu contoh bagaimana fotografer muda Indonesia mampu menangkap esensi dari tema 'Wajah Indonesia' dengan cara yang sangat unik," terangnya.

Dalam proses penjurian, dewan juri telah memilih 3 juara utama yang tiap-tiap pemenangnya akan mendapatkan hadiah utama. Juara 1 akan mendapatkan total hadiah Rp5 juta, juara 2 akan mendapatkan hadiah Rp3 juta, dan Juara 3 akan mendapatkan hadiah Rp 2 juta. Selain itu, 5 nominasi teratas juga akan mendapatkan uang tunai masing-masing sejumlah Rp 750.000.

Meski para juri telah menentukan 3 juara utama dan 5 nominasi, tetapi Genhype jangan khawatir. Sebab, Hypeabis.id masih membuka kategori Likes Terbanyak dimana 5 peserta yang berhasil mengumpulkan jumlah likes paling banyak pada karya yang diunggah di Hypeabis.id akan mendapatkan hadiah uang tunai masing-masing sebesar Rp500.000.

Dengan bocoran ini, para peserta dan penggemar fotografi tentunya semakin penasaran menantikan pengumuman resmi pemenang. Ajang ini diharapkan tidak hanya menjadi kompetisi, tetapi juga sebagai platform bagi fotografer Indonesia untuk memperlihatkan keindahan dan keberagaman budaya Indonesia kepada dunia.

Pada tahun ini, pelaksanaan lomba foto terselenggara dengan dukungan dari PT PLN (persero), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., dan PT Adaro Energy Indonesia Tbk., yang memiliki perhatian khusus kepada generasi muda yang menekuni fotografi. 

Baca Juga: Bersiaplah, Penjurian Lomba Foto Wajah Indonesia Telah Dimulai

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Konser Orkestra The World of Studio Ghibli & Makoto Shinkai Hadir Lagi, Cek Harga Tiketnya

BERIKUTNYA

Resep Pallu Basa, Kuliner Legendaris Khas Makassar yang Menggugah Selera

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: