Dokumentasi BIG Campus Day Meet-Up di Wisma Bisnis Indonesia (Sumber gambar: Hypeabis.id/Tiara Dara Clarisa)

Perkenalkan Program NewBiz, Bisnis Indonesia Ajak Mahasiswa Kolaborasi

24 January 2025   |   21:41 WIB
Image
Tiara Dara Clarisa Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara

Bisnis Indonesia Group memperkenalkan deretan platform media dan program unggulan dalam acara BIG Campus Day-Meet Up kepada puluhan mahasiswa dari kampus di kawasan Jabodetabek. Acara tersebut diadakan pada Jumat (24/1/2025) di Wisma Bisnis Indonesia. 

Kegiatan yang menggabungkan kegiatan campus gathering dengan media visit ini dihadiri oleh 40 mahasiswa yang tergabung dalam pers mahasiswa di sepuluh kampus di kawasan Jabodetabek, seperti Universitas Indonesia, Universitas Tarumanegara, Universitas Esa Unggul, dan Institut Pertanian Bogor.

Digelar untuk membangun hubungan baik antara dunia industri dengan perguruan tinggi, BIG Campus Day-Meet Up diisi dengan pemaparan program-program ramah mahasiswa dari setiap departemen di Bisnis Indonesia Group, mulai dari marketing communication, konten dan redaksi, hingga sumber daya manusia. 

Baca juga: Bisnis Indonesia Gelar Uji Kompetensi Wartawan, Tantangan Etika Jurnalis Era Digital

Siska Kartika Candra, Head of Digital Marketing & Communication Bisnis Indonesia menyampaikan bahwa program pertemuan mahasiswa dan pengenalan perusahaan ini akan diadakan sepanjang 2025 dalam rangka menuju empat dekade Bisnis Indonesia Group. 

Melalui BIG Campus Day, dia berharap ke depan, mahasiswa dan Bisnis Indonesia bisa saling percaya dan memiliki lebih banyak kesempatan untuk berkolaborasi. Dia juga menuturkan bahwa perusahaan siap membantu dan mendukung kegiatan mahasiswa. 


Program NewBiz 

Tak hanya mendapatkan spoiler soal kolaborasi Bisnis Indonesia dengan perguruan tinggi mitra, 40 mahasiswa yang hadir turut mendapatkan pemaparan materi tentang NewBiz dari General Manajer Konten Bisnis Indonesia Weekly dan Hypeabis.id, Diena Lestari.

Diena menjelaskan bahwa NewBiz adalah rubrik khusus di koran Bisnis Indonesia yang diisi oleh liputan-liputan dari mahasiswa. Setiap minggunya, NewBiz akan menghadirkan tiga berita liputan seru dan menyegarkan untuk dibaca. “NewBiz adalah tempat di mana temen-temen mahasiswa magang di Bisnis Indonesia,” katanya. 

Lebih lanjut, Dienna menegaskan bahwa agar tulisan dapat terbit di NewBiz, mahasiswa dituntut untuk vokal menyuarakan ide, disiplin, dan mengupayakan karya terbaik. Hal itu dia sampaikan mengingat artikel yang dikirim akan melewati proses kurasi yang amat ketat.

“Tidak selamanya artikel temen-temen mahasiswa akan dipublikasi di cetak maupun di online karena memang melalui proses kurasi yang sangat ketat.” imbuhnya. 

Di penghujung sesi pertama BIG Campus Day-Meet Up, Bisnis Indonesia juga memperkenalkan komunitas Bisnis Muda bagi peserta yang memiliki ketertarikan dan minat di bidang investasi, pengelolaan keuangan, dan kewirausahaan.

Bisnis Muda merupakan produk di luar pemberitaan yang bisa diikuti oleh mahasiswa. Ini jadi platform yang menaungi komunitas untuk membuat artikel, menulis blog, dan mengikuti anggota lain guna mendapatkan inspirasi seputar bisnis dan keuangan. 

Selain sebagai sarana untuk ngeblog, platform Bisnis Muda juga memiliki fitur-fitur lain, seperti membuat polling, quiz, konten berbayar, serta konten promosi untuk mendukung para wirausahawan muda memasarkan produk-produknya. Lahir pada 2019, sampai saat ini Komunitas Bisnis Muda telah memiliki lebih dari 9.500 anggota.

Dalam pemaparan tersebut, Rahma, perwakilan tim Bisnis Muda, juga menggoda para peserta dengan membocorkan jadwal-jadwal rutin Komunitas Bisnis Muda yang tidak hanya menantang, tetapi juga menguntungkan. “Ada satu aktivitas yang dikhususkan untuk para member. Jadi, setiap bulan kita selalu mengadakan writing challenge berhadiah,” ujarnya.  
 

Antusiasme Peserta 

Setelah merampungkan seluruh sesi BIG Campus Day-Meet Up, mahasiswa yang hadir menunjukkan antusiasme dan feedback positif terhadap acara sore ini. Yehezkiel Imanuel, mahasiswa Universitas Tarumanegara yang hadir di acara mengaku pemaparan program dari setiap divisi membuatnya semakin semangat untuk bergabung dan berkarier di Bisnis Indonesia.

“Puji Tuhan hari ini Bisnis Indonesia nge-invite universitasku karena ternyata aku jadi dapat banyak insight baru. Ada banyak program yang ternyata sesuai juga dengan kebutuhanku,” ujar mahasiswa semester enam itu.

Dara Nur Shafa, seorang mahasiswa semester dua juga menunjukkan minat besar untuk segera berkolaborasi dan berkontribusi. “Aku merasa terbantu banget dengan BIG Campus Day ini karena aku jadi tau ternyata Bisnis Indonesia ini punya program-program yang bisa mewadahi kelebihan-kelebihan kita,” kata mahasiswa Universitas Tarumanegara itu.

Selain perhelatan hari ini, BIG Campus Day diketahui akan mulai aktif mengunjungi kampus-kampus di luar Jabodetabek pada Mei sampai November 2025. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Wamenbud Giring Ganesha Punya 2 Rumus Menduniakan Budaya Indonesia

BERIKUTNYA

Bisnis Indonesia Group Jalin Kemitraan dengan Perguruan Tinggi Lewat BIG Campus Day 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: