Photography Enthusiast Stephanus Hannie (dari kiri), Content Manager Assistant Foto Bisnis Indonesia Abdullah Azzam, dan Chief Photographer for Indonesia - European Pressphoto Agency Mast Irham selaku Dewan Juri memberikan ulasan saat penjurian lomba foto Wajah Indonesia di Wisma Bisnis Indonesia, Jakarta, Kamis (29/8/2024). (Sumber Foto: Hypeabis.id/Arief Hermawan P )

Lomba Foto Wajah Indonesia: Tantangan Juri Memilih Juara dari 900-an Karya

29 August 2024   |   16:12 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, Lomba Foto Wajah Indonesia yang diselenggarakan oleh Hypeabis.id, website gaya hidup bagian dari Bisnis Indonesia Group, sudah memasuki tahap akhir penjurian. Setelah menyeleksi lebih dari 900 karya foto dari seluruh Indonesia, tim juri bersepakat memilih 8 karya terbaik.

Melalui proses kurasi yang panjang, dewan juri telah menentukan 3 juara utama dan 5 nominasi teratas. Pemenang Lomba Foto Wajah Indonesia akan diumumkan pada 9 September 2024. Dengan tema yang menonjolkan keberagaman budaya dan wajah-wajah Indonesia, tahun ini para peserta benar-benar membawa angin segar dengan karya-karya yang unik dan memukau.

Proses penjurian dilakukan oleh dewan juri yang terdiri atas Mast Irham (Chief Photographer for Indonesia – European Presphoto Agency), Abdullah Azzam (Content Manager Assistant Foto Bisnis Indonesia), serta juri tamu Stephanus Hannie (Photographer Enthusiast) di Wisma Bisnis Indonesia pada Kamis (29/8/2024).

Baca Juga: Bersiaplah, Penjurian Lomba Foto Wajah Indonesia Telah Dimulai

Proses penjurian yang melibatkan lebih dari 900 foto ini tentu bukan tanpa tantangan. Mast Irham, Chief Photographer for Indonesia – European Presphoto Agency yang menjadi salah satu tim juri mengakui salah satu tantangan terbesar adalah menyaring foto-foto yang masuk dan menemukan yang terbaik di antara banyaknya pilihan.

"Jumlah fotonya banyak, jadi kita harus melalui proses screening yang cukup panjang. Memilih mana yang harus tetap dipertahankan dan mana yang harus dilepas. Ini membutuhkan waktu dan ketelitian, tetapi pada akhirnya, kami berhasil menemukan foto-foto yang terbaik," tuturnya.

Apalagi dari sisi kualitas foto yang dikirimkan oleh para peserta di tahun ini terbilang cukup unik dan beragam. Jika pada tahun sebelumnya masih banyak peserta yang mengirimkan foto dengan nuansa lomba tujuh belasan serta event-event yang berhubungan dengan kemerdekaan.

"Kali ini, foto yang dikirimkan oleh peserta lebih mengangkat budaya, menampilkan peristiwa-peristiwa yang mencerminkan keberagaman Indonesia. Ada hal yang mau ditonjolkan sebagai karakteristik Indonesia," ucapnya.

Senada disampaikan oleh Stephanus Hannie, seorang enthusiast fotografi yang juga menjadi juri yang menemukan cukup banyak foto-foto unik dan baru, terutama yang mengambil tema budaya dari angle maupun tempat-tempat baru yang jarang terlihat.

“Meskipun agak sulit memilih pemenang karena semua foto bagus, pada akhirnya tema 'Wajah Indonesia' membantu kita menyaring pilihan,” ungkap Stephanus.

 

Pentingnya Kreativitas dalam Ajang Lomba Foto


Di sisi lain Stephanus juga menyoroti pentingnya kreativitas dalam mengikuti ajang perlombaan foto, terutama dalam menemukan sudut pandang yang unik dan belum banyak terekspos. Menurutnya, salah satu yang menjadikan foto tersebut menarik  perhatian juri biasanya yang memiliki faktor 'wow'. “Jadi hindari foto yang terlalu sering muncul di lomba-lomba lain," sarannya.

Sementara itu, Abdullah Azam mengatakan tantangan terbesar dalam proses penjurian ini tentu saja ketika harus memilih foto yang benar-benar bisa mewakili tema karena Wajah Indonesia itu sangat luas. "Maka kita pilih foto yang benar-benar bisa menggambarkan wajah Indonesia," ucapnya.

Dengan selesainya proses penjurian, kini para peserta dan pecinta fotografi di Indonesia tinggal menantikan pengumuman resmi pemenang Lomba Foto Wajah Indonesia 2024 yang akan diumumkan pada bulan September mendatang.

Sebagai informasi, pemenang juara 1 akan membawa pulang hadiah utama sebesar Rp5 juta, disusul juara 2 dengan hadiah Rp3 juta, dan juara 3 yang akan mendapatkan Rp2 juta. Tak hanya itu, 5 nominasi teratas juga akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp750.000 masing-masing.

Selain hadiah utama, Hypeabis.id juga membuka kategori Likes Terbanyak, di mana 5 peserta yang berhasil mengumpulkan jumlah likes terbanyak untuk karyanya yang diunggah di Hypeabis.id akan mendapatkan hadiah uang tunai masing-masing sebesar Rp500.000.

Pada tahun ini, pelaksanaan lomba foto terselenggara dengan dukungan dari PLN, Mandiri, dan Adaro, yang memiliki perhatian khusus kepada generasi muda yang menekuni fotografi. 

Baca juga: Dewan Juri Lomba Foto Cari Representasi Terbaik Terkait Tema Solidaritas Merawat Kebhinekaan

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Resep Tahu Gejrot Autentik Khas Cirebon di Rumah

BERIKUTNYA

Sepak Terjang Moon Taeil, Anggota NCT 127 yang Terjerat Kasus Kejahatan Seksual

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: